Game Forest Keeper sebagai Edukasi Lingkungan SDGs Life on Land

Authors

  • Nurul Afifatul Khasanah Universitas Amikom Purwokerto
  • Dani Arifudin Universitas Amikom Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.47134/jtp.v2i4.1734

Keywords:

Sustainable Development Goals (SDGS), Pelestarian Lingkungan, Game Edukasi Interaktif

Abstract

Salah satu tantangan global utama adalah pembangunan berkelanjutan yang berhubungan erat dengan pelestarian lingkungan. SDG 15: Life on Land menekankan pentingnya melindungi ekosistem daratan, termasuk hutan dan keanekaragaman hayati. Namun, kesadaran akan pentingnya isu ini, terutama di kalangan generasi muda, masih rendah. Oleh karena itu, pengembangan game edukasi interaktif seperti Forest Keeper dapat menjadi solusi efektif untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran lingkungan. Game ini bertujuan untuk memberikan pengalaman eksplorasi interaktif yang mengajak pemain untuk terlibat dalam pelestarian ekosistem daratan, khususnya hutan dan sungai. Dengan menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC), game ini diharapkan dapat memperkenalkan tantangan nyata dalam menjaga kelestarian alam dan memberikan wawasan penting tentang SDG 15. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah game edukasi interaktif berjudul Forest Keeper yang dikembangkan menggunakan metode MDLC. Game ini dirancang untuk memperkenalkan konsep pelestarian ekosistem daratan dan mendukung tujuan SDG 15: Life on Land melalui media yang menarik dan interaktif.

References

Alcántara-Rubio, L., Valderrama-Hernández, R., Solís-Espallargas, C., & Ruiz-Morales, J. (2022). The implementation of the SDGs in universities: a systematic review. Environmental Education Research, 28(11), 1585–1615. https://doi.org/10.1080/13504622.2022.2063798

Ariyani Raharjo, A. S., Rufi’i, R., & Hartono, H. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Bermuatan Game Edukasi Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 7(2), 441–452. https://doi.org/10.29100/jipi.v7i2.2823

Assistance, O. D., Platform, I. S.-P., Services, E., Assessment, A. R., Economic, U. N., & Commission, S. (2021). II . CURRENT STATUS.

Bain, R., Johnston, R., & Slaymaker, T. (2020). Drinking water quality and the SDGs. Npj Clean Water, 3(1), 7–9. https://doi.org/10.1038/s41545-020-00085-z

Bilancini, E., Boncinelli, L., & Di Paolo, R. (2023). Game-based education promotes practices supporting sustainable water use. Ecological Economics, 208(March). https://doi.org/10.1016/j.ecolecon.2023.107801

Fortuna, S., Purnamasari, A. I., & Dikananda, A. R. (2023). Game Edukasi Menyusun Kata Berbasis Android Dengan Metode MDLC Sebagai Media Pembelajaran Anak Usia Dini Pada Paud Wijaya Kusuma 1 Kota Cirebon. Jurnal Teknologi Ilmu Komputer, 1(2), 61–65. https://doi.org/10.56854/jtik.v1i2.70

Guritno, S., & Huda, S. N. (2023). Tinjauan Literatur : Game Edukasi Petualangan Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Automata, 4(2), Guritno, S., Huda, S. N. (2023). Tinjauan Litera.

Hendra, H., & Kristianto, R. P. (2024). Pengujian Aplikasi Game Puzzle Indonesia Berbasis Android Dengan Teknik Black-Box Testing. Infotech: Journal of Technology Information, 10(1), 1–10. https://doi.org/10.37365/jti.v10i1.224

Herry Saptiawan, I. K., I Gede Suardika, & Rudita, I. M. (2021). Game Edukasi Puzzle Pengenalan Alat Musik Tradisional Bali Berbasis Android. Jurnal Fasilkom, 11(1), 1–6. https://doi.org/10.37859/jf.v11i1.2526

Kerton, F. M. (2023). UN Sustainable Development Goals 14 and 15 - Life below water, Life on land. RSC Sustainability, 1(3), 401–403. https://doi.org/10.1039/d3su90010j

Komputer, T., Amikom, U., & Kunci, K. (2025). Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android Untuk Pengenalan Tokoh Pahlawan Nasional Indonesia Abstraksi Keywords : Pendahuluan Tinjauan Pustaka. 6(2).

Kumar, N., & Isha, A. (2024). Life on land : progress , outcomes and future directions to achieve the targets of SDG 15. Environmental Sustainability, 7(4), 369–375. https://doi.org/10.1007/s42398-024-00330-y

Kurniawan, Y. I., Paramesvari, D. P., & Purnomo, W. H. (2021). Game Edukasi Pengenalan Hewan Berdasarkan Habitatnya Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Inovatif, 1(1), 57–66. https://doi.org/10.54082/jupin.6

Lalitha, K., & Radhakrishnamurty, R. (1975). Response of alanine, tyrosine & leucine aminotransferases to dietary pyridoxine & protein in rat tissues. Indian Journal of Experimental Biology, 13(2), 149–152.

Muhammad Arif Firdana. (2024). Pengembangan Game Edukasi Doa Harian untuk Efektivitas Anak Menghafal Menggunakan Metode MDLC. Jurnal SANTI - Sistem Informasi Dan Teknik Informasi, 4(2), 61–69. https://doi.org/10.58794/santi.v4i2.791

Paruntu, G. S., Tangkawarouw, S., Kaunang, G., & Tulenan, V. (2020). Game Based Education : Shorinji Kempo. Jurnal Teknik Informatika, 15(2), 127–136.

Safitri, A. O., Yunianti, V. D. & Rostika, D. (2022). Upaya Peningkatan Pendidikan Berkualitas di Indonesia: Analisis Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs).Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 6(4), 7096–7106.

SDG-15: Life on Land 17. (2022). Unep 2021, 469–486.

Setya Dewi, I. G. A. B., & Ganing, N. N. (2022). Multimedia Interaktif Berbasis Game Edukasi Dua Dimensi Pada Muatan Bahasa Inggris Materi Pengenalan Kosa Kata. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 81–87. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.45896

Sintaro, S. (2020). Rancang Bangun Game Edukasi Tempat Bersejarah Di Indonesia. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(1), 51–57. https://doi.org/10.33365/jatika.v1i1.153

Sunengsih, A., Hardiansyah, A. M., & Lisana, D. N. H. (2023). Pengembangan Game Edukasi Petualang Cerdas Berbasis Web Menggunakan Metode MDLC. Media Jurnal Informatika, 15(2), 162. https://doi.org/10.35194/mji.v15i2.3907

Syipa, M. (2021). Jurnal Sosial dan Teknologi ( SOSTECH ) Perancangan Game Edukasi Pengenalan Huruf Hijaiyah e-ISSN 2774-5155 Berbasis Android dengan Metode MDLC pada Majelis p-ISSN 2774-5147 Taklim Raudhoh Al Ummahat Jakarta Barat Mohamad Syipa. 1(7), 653–660.

Wartoyo, & Haida, N. (2023). The Actualization Of Sustainable Development Goals (SDGs) And Indonesia’s Economic Growth On Islamic Economic. Iqtishaduna: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Islam, 14(1), 107–124.

Widyastuti, R., & Puspita, L. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Pada MatPel IPA Tematik Kebersihan Lingkungan. Paradigma - Jurnal Komputer Dan Informatika, 22(1), 95–100. https://doi.org/10.31294/p.v22i1.7084

Wp, D. A., Herdiansah, A., & Nanda, I. (n.d.). Pengembangan Game Edukasi Interaktif Pengenalan dan Pengelolaan Sampah Menggunakan Pendekatan Multimedia Development Life Cycle. 5(2).

Downloads

Published

2025-06-13

How to Cite

Khasanah, N., & Arifudin, D. (2025). Game Forest Keeper sebagai Edukasi Lingkungan SDGs Life on Land . Jurnal Teknologi Pendidikan, 2(4), 13. https://doi.org/10.47134/jtp.v2i4.1734

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.