Studi Literatur: Pemanfaatan Pendekatan TPACK (Technological, Pedagogical, And Content Knowledge) pada Pengembangan E-Modul Pembelajaran

Authors

DOI:

https://doi.org/10.47134/jtp.v1i3.307

Keywords:

pemanfaatan TPACK, pengembangan, E-modul, pembelajaran

Abstract

TPACK merupakan kerangka kerja dalam pembelajaran yang tergabung dalam tiga aspek penting yaitu teknologi, pedagogi dan konten dimana ketiganya saling berhubungan satu sama lain dalam mendukung terlaksananya proses pembelajaran yang sesuai dengan karakter dan kebutuhan peserta didik. Pengintegrasian TPACK pada pembelajaran menjadi terobosan baru dalam pendidikan khususnya pada pengembangan e-modul yang digunakan dalam membantu menunjang tercapainya tujuan pembelajaran. Pendekatan TPACK menjadi salah satu solusi permasalahan yang dihadapi oleh peserta didik dalam memahami materi pembelajaran yang menerapkan teknologi secara konstruktif untuk mengajarkan konten dengan berbagai cara sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Literatur ini menyajikan bagaimana pemanfaatan pendekatan TPACK (Technological, pedagogical, and Content Knowledge) diterapkan pada pengembangan e-modul serta bagaimana perannya dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran. Melalui pendekatan literatur ini, analisis dilakukan untuk mengidentifikasi manfaat pengintegrasian TPACK dalam pembelajaran yang didasarkan dari berbagai sumber artikel, jurnal, dan penelitian terdahulu yang relevan. Hasil Analisis literatur ini mendemonstrasikan pentingnya TPACK pada pengembangan e-modul dan dampak positifnya pada pembelajaran. Pendekatan TPACK pada e-modul juga menunjukkan manfaat yang signifikan dalam meningkatkan efektivitas serta kemampuan peserta didik. Perpaduan antara teknologi, pedagogi, dan pengetahuan konten menjadikan e-modul yang dikembangkan dengan pendekatan ini mampu memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif, mendalam, relevan, dan berorientasi pada peserta didik. Artikel ini diharapkan dapat menjadi referensi tambahan bagi para pendidik, pengembang e-modul, dan peneliti pendidikan yang tertarik dalam menerapkan pendekatan TPACK dalam membantu meningkatkan efektivitas pembelajaran.

References

Agustin, N. A. F., & Azmy, B. (2022). Implementasi TPACK Terhadap Literasi Siswa Sekolah Dasar: Studi Literatur. April, 817–822.

Aulia, D. M., Parno, & Kusairi, S. (2021). Pengaruh E-module Berbasis TPACK-STEM terhadap Literasi Sains Alat Optik dengan Model PBL-STEM Disertai Asesmen Formatif. Jurnal Riset Pendidikan Fisika, 6(1), 7–12. http://journal2.um.ac.id/index.php/jrpf/

Budiarti, M. indah eka, Faozun, I., Nalle, C. Y. A., & Yulianingsih, L. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Technological, Pedagogical, and Content Knowlodge (TPACK). JPB : Jurnal Patria Bahari, 1(2), 58–68. https://doi.org/10.54017/jpb.v1i2.23 DOI: https://doi.org/10.54017/jpb.v1i2.23

Damayanti, H. N. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Ecoprint Berbasis TPACK pada Pembelajaran Matematika Materi Transformasi di SMAN 1 Klaten. Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Matematika, 13, 19–30.

Dayanti, F., & Hamid, A. (2021). Integrasi Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dengan Information Communation and Technology (ICT) Pada Masa Pandemi Covid 19 di SMA Gema 45 Surabaya. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 13(2), 341–351. https://doi.org/10.30596/intiqad.v13i2.7481 DOI: https://doi.org/10.30596/intiqad.v13i2.7481

Huda, C. (2019). Keefektifan Pembelajaran Berbantuan E-modul Termodinamika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Ditinjau dari Motivasi Diri dan Kerja Sama Mahasiswa. Seminar Nasional Pendidikan Fisika V 2019, 1–9.

Inesha Audia Putri, & Harinaredi. (2023). Modernisasi Pembelajaran IPS Berbasis TPACK Di Era 4.0 Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 233–241. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5333 DOI: https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5333

Ismail, M., Herianto, E., Sumardi, L., & Basariah. (2022). Sosialisasi Penerapan Pembelajaran Berbasis TPACK pada Guru PPKn Madrasah Tsanawiyah se Kota Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(4), 141–145. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i4.2338 DOI: https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i4.2338

Janah, E. F. (2022). Konsep dan Implementasi TPACK pada Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 348. https://doi.org/10.20961/jkc.v10i2.65655 DOI: https://doi.org/10.20961/jkc.v10i2.65655

Khasanah, Q., Prasasti, P. A. T., & Kusumawati, N. (2022). Kelayakan E-modul Berbasis TPACK Dalam Memberdayakan Literasi Sains Pada Siswa Kelas IV SDN Pilangbango. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3.

Marbun, S., & Simatupang, D. (2022). Penggunaan Modul Digital Interaktif Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Mahasisa Pg Paud. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 12(1), 75. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v12i1.36586 DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v12i1.36586

Pratama, V., Anggraini, S. F., Yusri, H., & Mufit, F. (2021). Disain dan Validitas E-Modul Interaktif Berbasis Konflik Kognitif untuk Remediasi Miskonsepsi Siswa pada Konsep Gaya. 5. DOI: https://doi.org/10.24036/jep/vol5-iss1/525

Purnawati, W., Maison, M., & Haryanto, H. (2020). E-LKPD Berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Sebuah Pengembangan Sumber Belajar Pembelajaran Fisika. Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(2), 126–133. https://doi.org/10.32939/tarbawi.v16i2.665 DOI: https://doi.org/10.32939/tarbawi.v16i2.665

RA Mustika Hariyanti, M. P. (2021). TPACK dalam pembelajaran Tematik Materi Gulo Palu Kelas IV.B MIN 2 Palembang. 14(2), 252–268. DOI: https://doi.org/10.53746/perspektif.v14i2.58

Rachmi, A. (2020). Pengembangan E-Modul Berbasis Android Mata Kuliah Struktur Beton II. Jurnal PenSil, 9(3), 152–158. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i3.10815 DOI: https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i3.10815

Raradhita, A., Sukamto, S., & Wakhyudin, H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Bangun Datar Kelas Iv Melalui Pendekatan Open Ended Berbasis Tpack Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Batang. Wawasan Pendidikan, 2(1), 126–136. https://doi.org/10.26877/wp.v2i1.9779 DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v2i1.9779

Reswita, C., & Wiratsiwi, W. (2022). Pengembangan E-modul Berbasis Pendidikan Karakter Dengan Menggunakan Aplikasi Flip PDF Profesional Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. 7(1), 407–413.

Rizqiyah, N. (2021). Implementasi Technological Pedagogical Content Knowledge Sebagai Modernisasi di Bidang Pendidikan. 10(2), 159–171. DOI: https://doi.org/10.24114/niaga.v10i2.25004

Satriawati, G., Afidah, Dwirahayu, G., Jarnawi Afgani Dahlan, & Endang Cahya. (2022). Analisis Kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) mahasiswa program studi pendidikan matematika pada mata kuliah microteaching di masa pandemi covid 19. 8(1), 73–84. DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.8.1.73-84

Trinaldi, A., Bambang, S. E. M., Afriani, M., Rahma, F. A., & Rustam, R. (2022). Analisis Kebutuhan Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Teknologi Infomasi. Jurnal Basicedu, 6(6), 9304–9314. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4037 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4037

Waluyo, E. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Matematika SMA dengan Model Creative Problem Solving Terintegrasi TPACK. 6(1). https://doi.org/10.31539/judika.v6i1.5616 DOI: https://doi.org/10.31539/judika.v6i1.5616

Widiazizah, I., Fatah, A., Rahayu, I., & Pedagogical, T. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. 3(2).

Wulandari, C. Y., & Sulistyowati, R. (2022). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Flip Pdf Professional Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan di Sekolah Menengah Kejuruan. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4882–4889. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.3027 DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.3027

Wulandari, S. I., Pamelasari, S. D., & Hardianti, R. D. (2023). Penggunaan E-Modul Berbasis Etnosains Materi Zat dan Perubahannya dalam Usaha Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. 103–113.

Yurinda, B., & Widyasari, N. (2022). Analisis Technological Pedagogical Content Knowledge (Tpack) Guru Profesional Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 8(1), 47. https://doi.org/10.24853/fbc.8.1.47-60 DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.8.1.47-60

Downloads

Published

2024-01-29

How to Cite

Hardanti, P., Murtinugraha, R. E., & Arthur, R. (2024). Studi Literatur: Pemanfaatan Pendekatan TPACK (Technological, Pedagogical, And Content Knowledge) pada Pengembangan E-Modul Pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(3), 11. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i3.307

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.