Penerapan Pembelajaran Model Saintifik dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Muhammad Andre Universitas Muhammadiyah Jember
  • Siti Nursyamsiah Universitas Muhammadiyah Jember
  • Hairul Huda Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.47134/jtp.v1i2.83

Keywords:

model saintifik, hasil belajar, penerapan pembelajaran

Abstract

Penelitian ini merujuk pada pemikiran keseluruhan, sehingga dapat memberikan pengaruh positif bagi guru dan siswa. Pembelajaran dengan model saintifik ini telah di terapkan di SMA muhammadiyah Bondowoso dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Fokus penelitian ini adalah bagaimana penerapan pembelajaran model saintifik dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan demikian tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran model saintifik dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Metodepenelitian dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif, pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, wawancara dan Dokumentasi, hasil dari penelitian ini bahwa penerapan model saintifik dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Muhammadiyah bondowoso menggunakan 5 langkah-langkah yaitu dengan kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan data, mengasosiasi, mengkomunikasi Hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran model saintifik di SMA Muhammadiyah Bondowoso cenderung meningkat danefektif, sehingga terciptanya suasana kelas yang baru dan menanrik. Adanya model ini siswa lebih aktif dan kritis walaupun ada salah satu siswa yang kurang karena adanya intelektual yang berbeda –beda. Otomatis kegiatan belajar mengajar dapat melatih kreatifitas siswa dan membentuk pola pemikiran siswa yang lebih matang.

References

Afriza, N. (2019). Penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 25 Medan. http://repository.uinsu.ac.id/8237/1/tesis nurul.pdf DOI: https://doi.org/10.47732/adb.v1i1.68

Al Harisyah, Y., Sitompul, H., & Mursid, R. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Dan Kemandirian Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 6(1). https://doi.org/10.24114/jtikp.v6i1.16944 DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v6i1.16944

Amiyani, R. (2019). Self-confidence and mathematics achievement using guided discovery learning in scientific approach. Journal of Physics: Conference Series, 1157(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/4/042093 DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/4/042093

Ananda, R. (2017). Pengertian Hasil Belajar. In penggunaan media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan siswa kelas IV sd negeri 016 bangkinang kota (Vol. 1). DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v1i1.149

Anida, A., & Eliza, D. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Saintifik Berbasis Kearifan Lokal untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.898 DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.898

Ansori, R. A. M. (2017). Strategi Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada Peserta Didik. Jurnal Pusaka. http://ejournal.alqolam.ac.id/index.php/jurnal_pusaka/article/view/84

Ardianto, Y. (2019). Memahami Metode Penelitian Kualitatif. In Djkn (Issue 2).

Candra, O. (2019). Validity of development on authentic assessment tool of curriculum 2013 based in information technology. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(12), 265–267.

Dewi, W. S. (2018). The Study of Literacy Reinforcement of Science Teachers in Implementing 2013 Curriculum. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 335(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/335/1/012071 DOI: https://doi.org/10.1088/1757-899X/335/1/012071

Dr. H. Zuchri Abdussamad, S. I. K. . M. S. (2021). Buku-Metode-Penelitian-Kualitatif (1). In Metode Penelitian Kualitatif (Vol. 13, Issue 1). DOI: https://doi.org/10.31219/osf.io/juwxn

Early, O. A., Winarti, E. R., & Supriyono. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Kemandirian Siswa Kelas VIII melalui Pembelajaran Model PBL Pendekatan Saintifik Berbantuan Fun Pict. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1. DOI: https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p607-616

Ellizar, E. (2018). Development of Scientific Approach Based on Discovery Learning Module. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 335(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/335/1/012101 DOI: https://doi.org/10.1088/1757-899X/335/1/012101

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. HUMANIKA, 21(1). https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075 DOI: https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Fatimah, S. (2017). Pengembangan Modul Pendidikan Agama Islam Berbasis Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Pada Siswa Kelas IV SDN Warugunung 1 Surabaya Semester I. Thesis, Department of Islamic Education . Faculty of Tarbiyah and Teaching. State Islamic University of Sunan Ampel. Surabaya.

Hadromi, H. (2021). The Learning Strategy Based on Scientific Approach to Strengthen the Employability Skill of Teacher Candidates. International Journal of Instruction, 14(2), 551–570. DOI: https://doi.org/10.29333/iji.2021.14231a

Haenilah, E. Y. (2021). The Effect of the Scientific Approach-Based Learning on Problem Solving Skills in Early Childhood: Preliminary Study. International Journal of Instruction, 14(2), 289–304. DOI: https://doi.org/10.29333/iji.2021.14217a

Hasbullah, Juhji, & Maksum, A. (2019). Strategi Belajar Mengajar Dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Journal Pendidikan Agama Islam Edureligia, 3(1).

Hasibuan, M. P., Sari, R. P., & Setiawaty, S. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP PEMBENTUKAN HABITS OF MIND SISWA. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 3(2). https://doi.org/10.24815/jipi.v3i2.14415 DOI: https://doi.org/10.24815/jipi.v3i2.14415

Hasmiwati. (2020). Mathematics learning based on multiple intelligences with scientific approaches: How are their roles in improving mathematical literacy skills? Journal of Physics: Conference Series, 1581(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1581/1/012040 DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1581/1/012040

Hidayah, N. S. (2017). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK MATA PELAJARAN AL QUR‟AN HADITS KELAS VII DI MTS NEGERI KRIAN SIDOARJO. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 6(1).

Irfan, M. R. (2018). Twitter sentiment analysis on 2013 curriculum using ensemble features and k-nearest neighbor. International Journal of Electrical and Computer Engineering, 8(6), 5409–5414. https://doi.org/10.11591/ijece.v8i6.pp.5409-5414 DOI: https://doi.org/10.11591/ijece.v8i6.pp5409-5414

Ishak, M., Dyah Jekti, D. S., & Sridana, N. (2017). Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Dan Kooperatif Tipe Stad Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Sdn 13 Ampenan. Jurnal Pijar Mipa, 12(1). https://doi.org/10.29303/jpm.v12i1.326 DOI: https://doi.org/10.29303/jpm.v12i1.326

Kasus, S., & Man, D. I. (2018). Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Diajukan Oleh : Ahmad Azhar Basyir. 43.

Maharani, R. (2020). Collaborative learning with scientific approach and multiple intelligence: Its impact toward math learning achievement. Journal of Educational Research, 113(4), 303–316. https://doi.org/10.1080/00220671.2020.1806196 DOI: https://doi.org/10.1080/00220671.2020.1806196

Martina. (2019). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Negeri 9 Tulung Selapan Kabupaten Oki. J u r n a l P A I R a d e n F a t a h, 1(2). DOI: https://doi.org/10.19109/pairf.v1i2.3235

Nasir, M. (2020). Implementasi Pendekatan Saintifik pada Bidang Study Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Jaya Keuluang.

Pahrudin, A. (2020). The effects of the ECIRR learning model on mathematical reasoning ability in the curriculum perspective 2013: Integration on student learning motivation. European Journal of Educational Research, 9(2), 675–685. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.2.675 DOI: https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.2.675

Putro, B. L. (2019). Creative learning model as implementation of curriculum 2013 to achieve 21st century skills. Journal of Physics: Conference Series, 1280(3). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1280/3/032034 DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1280/3/032034

Ramadhiyah, S. (2019). Exploring EFL learner autonomy in the 2013 Curriculum implementation. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 9(1), 231–240. https://doi.org/10.17509/ijal.v9i1.15626 DOI: https://doi.org/10.17509/ijal.v9i1.15626

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).

S., Sitompul, H., & . M. (2019). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kemandirian Siswa Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 12(2). https://doi.org/10.24114/jtp.v12i2.15234 DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v12i2.15234

Sawaluddin, S., & Muhammad, S. (2020). Langkah-Langkah dan Teknik Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 6(1). https://doi.org/10.18592/ptk.v6i1.3793 DOI: https://doi.org/10.18592/ptk.v6i1.3793

Setiawan, A. (2020). The effect of curriculum 2013 on economics learning achievement: Motivation as mediating variable. Cakrawala Pendidikan, 39(2), 444–459. https://doi.org/10.21831/cp.v39i2.30279 DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v39i2.30279

Setiawan, A. R. (2019). Thabiea : Journal of Natural Science Teaching Efektivitas Pembelajaran Biologi Berorientasi Literasi Saintifik. Thabiea : Journal of Natural Science Teaching, 02(02). DOI: https://doi.org/10.35542/osf.io/z7rbf

Setiawan, A. R. (2020). Lembar Kegiatan Literasi Saintifik untuk Pembelajaran Jarak Jauh Topik Penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2(1). https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.80 DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.80

Setiawan, B. (2018). English grammar on 2013 curriculum: The development of game based learning multimedia. MATEC Web of Conferences, 205. https://doi.org/10.1051/matecconf/201820500011 DOI: https://doi.org/10.1051/matecconf/201820500011

Suardi, S., & Nursalam, N. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Saintifik Approach Berbasis Media Classroom. Indonesian Journal of Sociology, Education, and Development, 2(2). https://doi.org/10.52483/ijsed.v2i2.32 DOI: https://doi.org/10.52483/ijsed.v2i2.32

Sufairoh. (2016). PENDEKATAN SAINTIFIK & MODEL PEMBELAJARAN K-13. Jurnal Pendidikan Profesional, 5.

Sumayasa, I. dkk. (2015). Pengaruh Implementasi Pendekatan Saintifik Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas Vi Di Sekolah Dasar Se Gugus Vi Kecamatan Abang, Karangasem [The Influence of the Implementation of a Scientific Approach on Learning . E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 5(1).

Surahman. (2020). Model Pembelajaran Aqidah Berbasis Saintifik Sekolah Menengah Atas. Akademika: Jurnal Keagamaan Dan Pendidikan, 16(2).

Suyanto, S. (2018). The implementation of the scientific approach through 5ms of the revised curriculum 2013 in Indonesia. Cakrawala Pendidikan, 37(1), 22–29.

Toto. (2019). STEM-based Science Learning Design in the 2013 Curriculum. Journal of Physics: Conference Series, 1233(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1233/1/012094 DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1233/1/012094

Wagiran. (2019). The Curriculum 2013 Implementation in Vocational High Schools in the Special Region of Yogyakarta. Journal of Physics: Conference Series, 1273(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1273/1/012023 DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1273/1/012023

Warman. (2021). Overcoming obstacles in implementing 2013 curriculum policy. Cypriot Journal of Educational Sciences, 16(3), 967–980. https://doi.org/10.18844/CJES.V16I3.5770 DOI: https://doi.org/10.18844/cjes.v16i3.5770

Wasingah, S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 2(3). https://doi.org/10.28926/briliant.v2i3.82 DOI: https://doi.org/10.28926/briliant.v2i3.82

Winanti, E. T. (2019). The role of natural science courses to implement the environmental education in elementary school (curriculum 2013). IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 314(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/314/1/012063 DOI: https://doi.org/10.1088/1755-1315/314/1/012063

Yafie, E. (2020). Supporting cognitive development through multimedia learning and scientific approach: An experimental study in preschool. Universal Journal of Educational Research, 8(11), 113–123. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.082313 DOI: https://doi.org/10.13189/ujer.2020.082313

Yuliani, H. (2017). Keterampilan Berpikir Kreatif Pada Siswa Sekolah Menengah Di Palangka Raya Menggunakan Pendekatan Saintifik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 3(1). https://doi.org/10.25273/jpfk.v3i1.1134 DOI: https://doi.org/10.25273/jpfk.v3i1.1134

Downloads

Published

2023-11-09

How to Cite

Andre, M. ., Nursyamsiah, S., & Huda, H. (2023). Penerapan Pembelajaran Model Saintifik dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 11. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i2.83

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.