Peningkatan Konsentrasi Belajar Anak Usia 4 – 5 Tahun Melalui Metode Bermain Sensorimotor di TK Darussalam Sugihwaras

Authors

DOI:

https://doi.org/10.47134/paud.v1i3.406

Keywords:

Konsentrasi Belajar, Metode Bermain Sensorimotor

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya masalah pada konsentrasi belajar anak usia 4-5 tahun tepatnya anak kelompok A1 di TK Darussalam Sugihwaras. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui penerapan metode bermain sensorimotor dalam meningkatkan konsentrasi belajar anak usia 4-5 tahun dan mengetahui hasil dari peningkatan konsentrasi belajar anak usia 4-5 tahun melalui bermain sensorimotor. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan model Kemmis dan Mc Tanggrat yang dilalui dari empat tahapan yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observing), dan refleksi (refleksi). Subjek dalam penelitian ini adalah 20 anak yang terdiri dari 9 laki-laki 11 perempuan. Target keberhasilan yang digunakan pada penelitan ini sebesar 75% - 100%. Pada tahap Pra siklus ketuntasan nilai keseluruhan anak sebesar 52,91%. Pada pelaksanaan siklus I dengan penerapan bermain sensorimotor taktil dan kinestetik melalui kegiatan bermain Cut and Sorting Numbers memperoleh ketuntasan nilai keseluruhan anak sebesar69,58%. Selanjutnya setelah dilakukan perbaikan tindakan dan refleksi pada siklus II diperoleh ketuntasan nilai keseluruhan anak sebesar 89,17% melalui penerapan bermain sensorimotor vestibular, visual, dan propioseptif dengan kegiatan bermain Madusi (Maze Dua Sisi). Hal ini menunjukkan bahwa melalui metode bermain sensorimotor dapat meningkatkan konsentrasi belajar anak usia 4 – 5 tahun.

References

Arikunto. (2010). Penelitian tindakan kelas. Jakarta.

Arirahmanto, S. B. (2016). The development of burnout reduction application based on Android for SMPN 3 Barirahmanto. Unesa, 6(2), 2.

Boedowi, A. (2015). Potret pendidikan kita. Tanggerang.

Cahyadi, C. (2016). Hubungan antara konsentrasi belajar dengan kemampuan menghafal AL-Qur'an pada kelompok B di PAUD Palma.

Erwiza, E., Kartiko, S., & Gimin, G. (2019). Factors affecting the concentration of learning and critical thinking on student learning achievement in economic subject. Jurnal Edukasi, 3(2), 205–215. doi: 10.31258/jes.3.2.p.205-215 DOI: https://doi.org/10.31258/jes.3.2.p.205-215

Fadlilatur Rohmah. (2021). Melatih konsentrasi melalui permainan sensorimotor pada anak kelompok A dalam pembelajaran masa kenormalan baru di RA Muslimat NU 10 Banin Banat Gresik. Pesqui. Vet. Bras., 26(2), 173–180. [Online]. Available: http://www.ufrgs.br/actavet/31-1/artigo552.pdf DOI: https://doi.org/10.15642/jeced.v3i2.1283

Hasanah, N. (2014). Konsentrasi belajar pada kegiatan origami dengan menggunakan metode demonstrasi pada anak kelompok B di TK ABA Gedongkiwo Kecamatan Mantrijeron Yogyakarta. 171(6), 727–735. [Online]. Available: https://eje.bioscientifica.com/view/journals/eje/171/6/727.xml

Ikawati, M. P. D. (2015). Upaya meningkatkan konsentrasi belajar siswa KMS (Kartu Menuju Sejahtera) menggunakan konseling kelompok bagi siswa. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbing dan Konseling, 4(2), 158. doi: 10.12928/psikopedagogia.v4i2.4484 DOI: https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v4i2.4484

Khoirul Anam, A. C. D. S., & Purwadi. (2017). Upaya meningkatkan konsentrasi belajar anak melalui bermain papan titian di TK Indria Desa Kutosari Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang. BMC Public Health, 5(1), 1–8. [Online]. Available: https://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/siklus/article/view/298%0Ahttp://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jana.2015.10.005%0Ahttp://www.biomedcentral.com/1471-2458/12/58%0Ahttp://ovidsp.ovid.com/ovidweb.cgi?T=JS&P

Latifah, K., & Habib, Z. (2014). Hubungan persepsi terhadap keterampilan guru mengajar dengan konsentrasi belajar siswa di Darul Karomah Randuagung Singosasri Malang. Psikoislamika Jurnal Psikol dan Psikol Islam, 11(1). doi: 10.18860/psi.v11i1.6375 DOI: https://doi.org/10.18860/psi.v11i1.6375

Martika, T. (2014). Pengaruh latihan sensorimotor terhadap kemampuan menulis anak tunagrahita ringan kelas III semester genap di SLB C-G YPPCG Surakarta tahun ajaran 2012/2013. JRR Tahun, 23(1), 29–38.

Musjafak, A., & Eva Siti, S. (2011). Penerapan latihan sensorimotor untuk meningkatkan kemampuan menulis pada anak autistic spectrum disorder. Jurnal Pendidik dan Kebud, 17(2), 225–243. [Online]. Available: www.idai.com DOI: https://doi.org/10.24832/jpnk.v17i2.20

Nanada Saputra, A. A., Luvy Sylviana, Ega Gradini, Jahring, Ali Rif'an. (2021). Penelitian tindakan kelas. 1st ed.

Nugraheni, M. (2014). Peningkatan kemampuan sosial emosional melalui media power point pada anak usia dini 5-6 tahun di TK SD Model Sleman. pp. 1–146.

Setyaningsih, I. (2017). Metode permainan sensorimotor terhadap konsentrasi belajar anak dengan hambatan kecerdasan kategori sedang. Jurnal Widia Ortodidaktika, 6(6), 601–610.

Yanah, A. (2013). Meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak melalui permainan kartu huruf anak usia 5-6 tahun di TK Tunas Bangsa Merbau Mataram Lampung Selatan. Pap. Knowl. Towar. a Media Hist. Doc., 12–26.

Zainal Aqib, M. C. (2018). Teori & aplikasi tindakan kelas. Yogyakarta.

Downloads

Published

2024-05-15

How to Cite

Musyafa’ah, H., & Salim, A. (2024). Peningkatan Konsentrasi Belajar Anak Usia 4 – 5 Tahun Melalui Metode Bermain Sensorimotor di TK Darussalam Sugihwaras . Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(3), 15. https://doi.org/10.47134/paud.v1i3.406

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.