Pengenalan Mitigasi Bencana Gempa Bumi Melalui Video Interaktif untuk Anak Usia 5-6 Tahun

Authors

  • Nabilah Khairunnisa Universitas Negeri Jakarta
  • Yuliani Nurani Universitas Negeri Jakarta
  • Sri Wulan Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.47134/paud.v1i4.736

Keywords:

Early Childhood, Earthquake Mitigation, Interactive Video

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk media video interaktif mengenalkan mitigasi gempa bumi untuk anak usia 5-6 tahun. Penelitian Pengembangan dilakukan menggunakan metode pengembangan R&D (Research and Development) yang dikombinasikan dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate). Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan lembar pengamatan anak untuk melihat nilai kevalidan suatu produk. Diperoleh hasil validasi dari ahli materi sebesar 100% (kategori sangat layak) dan hasil validasi dari ahli media sebesar 92,5% (kategori sangat kayak). Hasil uji coba produk dengan anak menggunakan one to one evaluation didapati nilai sebesar 91,8% untuk di Yogyakarta dan 80% untuk di Jakarta Timur, keduanya masuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa pengenalan mitigasi bencana gempa bumi melalui video interaktif untuk anak usia 5-6 tahun dinyatakan valid. Media ini membantu anak mengenal tentang gempa bumi dan cara menyelamatkan diri dari gempa bumi jika terjadi di sekolah.

Kata Kunci: Video Interaktif, Mitigasi Gempa Bumi, Anak Usia Dini

 

This research aims to develop interactive video media products introducing earthquake mitigation for children aged 5-6 years. Development Research is carried out using the R&D (Research and Development) development method combined with the ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate) development model. Data collection techniques use questionnaires and child observation sheets to see the validity value of a product. Validation results from material experts were obtained by 100% (very decent category) and validation results from media experts by 92.5% (very like category). The results of product trials with children using one to one evaluation found scores of 91.8% for Yogyakarta and 80% for East Jakarta, both of which were included in the very good category. Based on the results obtained, it can be concluded that the introduction of earthquake disaster mitigation through interactive videos for children aged 5-6 years is valid. This media helps children know about earthquakes and how to save themselves from earthquakes if they occur at school.

References

Afify, M. K. (2020). Effect of Interactive Video Length within E-Learning Environments on Cognitive Load, Cognitive Achievement and Retention of Learning. Turkish Online Journal of Distance Education, 21(4), 69. https://eric.ed.gov/?id=EJ1269656 DOI: https://doi.org/10.17718/tojde.803360

Anon. (2021). Kesiapsiagaan Provinsi DKI Jakarta terhadap Bencana Gempa Bumi [Https://bpbd.jakarta.go.id/video-berita/10/gempa-dki-jakarta-riwayat-bumi]. https://bpbd.jakarta.go.id; BPBD DKI Jakarta.

Damanik, R., Supendi, P., & Widiyantoro, S. (2021). Earthquake monitoring of the Baribis Fault near Jakarta, Indonesia, using borehole seismometers. Geoscience Letters, 8(1), 8. https://doi.org/10.1186/s40562-021-00209-4 DOI: https://doi.org/10.1186/s40562-021-00209-4

Daryono. (2016). Catatan Gempa Bumi Yogyakarta 10 Tahun Terakhir. Facebook.com. https://www.facebook.com/InfoBMKG/posts/catatan-gempabumi-yogyakarta-10-tahun-terakhirdinamika-subduksi-lempeng-indo-aus/10154221882494931/

Kousky, C. (2016). Impacts of Natural Disasters on Children. The Future of Children, 26(1), 73. https://www.jstor.org/stable/43755231 DOI: https://doi.org/10.1353/foc.2016.0004

Kumala, S. A., Huda, D. N., & Irawan, M. C. (2018). Analisis PGA (Peak ground acceleration) Berdasarkan Data Gempa untuk Wilayah Jakarta Timur Menggunakan Software PSHA. Faktor Exacta, 11(4), 379. https://doi.org/10.30998/faktorexacta.v11i4.2974 DOI: https://doi.org/10.30998/faktorexacta.v11i4.2974

Mohtar, O. (2021). Gempa Bumi Batavia 1699 dan 1780: Memori Kolektif Kebencanaan: Batavia’s 1699 and 1780 Earthquake: Disaster Collective Memory. Prosiding Balai Arkeologi Jawa Barat, 74–82. https://doi.org/10.24164/prosiding.v4i1.7 DOI: https://doi.org/10.24164/prosiding.v4i1.7

Mujiburrahman, M., Nuraeni, & Hariawan, R. (2020). Pentingnya Pendidikan Kebencanaan di Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 4(2), 318. https://doi.org/10.36312/jisip.v4i2.1082 DOI: https://doi.org/10.58258/jisip.v4i2.1082

Nurani, Y., Pratiwi, N., & Masruroh. (2020). Designing Model of Disaster Mitigation Education for the Stimulation of Early Childhood Self Help Skills. European Journal of Molecular & Clinical Medicine, 7(5), 1184–1186.

Rahayu, N. S., Elan, & Mulyadi, S. (2021). Analisis Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini. JURNAL PAUD AGAPEDIA, 5(2), 203. https://doi.org/10.17509/jpa.v5i2.40743 DOI: https://doi.org/10.17509/jpa.v5i2.40743

Rohmadi, M., Sudaryanto, M., Ulya, C., Akbariski, H. S., & Putri, U. (2020, Mei 12). Case Study: Exploring Golden Age Students’ Ability and Identifying Learning Activities in Kindergarten. Proceedings of the First Brawijaya International Conference on Social and Political Sciences, BSPACE, 26-28 November, 2019, Malang, East Java, Indonesia. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.4108/eai.26-11-2019.2295218 DOI: https://doi.org/10.4108/eai.26-11-2019.2295218

Sundari, U., Fadlullah, & Maryani, K. (2022). Pengaruh Kegiatan Bermain Peran Terhadap Mitigasi Bencana untuk Anak Usia Dini di Kecamatan Panimbang. Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 114. https://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PAUD/article/view/25427

Sya’banah, L., & Adhe, K. R. (2019). Pengembangan Buku Panduan Mitigasi Bencana Alam Pada Perilaku Keselamatan Kelompok B Usia 5-6 Tahun Di TK Kecamatan Rungkut Surabaya. PAUD Teratai, 8(3), 2.

Ulinnuha, H., Lestari, D., & Widjajanti, N. (2022). Estimasi Potensi Gempa Tektonik di Wilayah Sesar Opak Berdasarkan Data Pengamatan GPS. Geoid, 18(1), 10. https://doi.org/10.12962/j24423998.v18i1.11817 DOI: https://doi.org/10.12962/j24423998.v18i1.11817

Zaki. (2015). Sejarah Gempa Bumi Jogja 27 Mei 2006. Jogja Uncover | Gempa dan Merapi. https://jogjauncover.blogspot.com/2015/11/sejarah-gempa-bumi-jogja-27-mei-2006.html

Anindhita, W., Sari, E., & Kusuma, D. L. (2024). Mitigasi bencana banjir pada anak usia dini. Jurnal Inovasi Hasil …. https://riset.unisma.ac.id/index.php/jipemas/article/view/21759 DOI: https://doi.org/10.33474/jipemas.v7i2.21759

Ardhyantama, V., SUHARTO, Z., & ... (2024). Media Pop Up 3 Dimensi untuk Meningkatkan Mitigasi Bencana Gempa Bumi dan Tsunami. Jurnal Penelitian …. https://ejournal.stkippacitan.ac.id/ojs3/index.php/jpp/article/view/1089 DOI: https://doi.org/10.21137/jpp.2024.16.1.1

Ashari, M. R., & Firmansyah, F. (2024). Edukasi Mitigasi Bencana Dalam Upaya Peningkatan Kesiapsiagaan Di SD Inpres 1 Talise Kota Palu. Jurnal Dedikatif Kesehatan …. https://jurnal.fkm.untad.ac.id/index.php/dedikatifkesmas/article/download/937/385

Aulady, M. F. N., & Setiyawan, C. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Digital Video pada Anak Usia Dini di Kecamatan Kwadungan Kabupaten Ngawi Untuk Peningkatan Pemahaman Banjir. Jurnal Spatial Wahana Komunikasi …. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/spatial/article/view/44423

Dewi, D. J. K. (2024). Pembelajaran Mitigasi Bencana Gempa Bumi Anak TK Di Lereng Gunung Merapi Yogyakarta. … : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini. http://ejournal.darunnajah.ac.id/index.php/awladuna/article/view/244

Direja, A. H. S., & Herdiani, T. N. (2023). Pengembangan Aplikasi Berbasis Android Sebagai Media Edukasi Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi dan Tsunami. Digital Transformation Technology. https://jurnal.itscience.org/index.php/digitech/article/view/3313 DOI: https://doi.org/10.47709/digitech.v3i2.3313

Ferinda, S. M., Kustiawan, U., Putra, Y. D., & Samawi, A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Jojo Siaga untuk Menstimulasi Pemahaman Mitigasi Bencana Gempa Bumi pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Basicedu. https://www.jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/7822

Haristiani, R., Setioputro, B., Yunanto, R. A., & ... (2023). Peningkatan Pengetahuan Kesiapsiagaan Bencana Banjir Melalui Edukasi Video Animasi dan Simulasi di SMPN 3 Ambulu Jember. DEDIKASI SAINTEK https://ebsina.or.id/journals/index.php/djpm/article/view/42 DOI: https://doi.org/10.58545/djpm.v2i1.42

Hendarto, H. (2024). Eksperimen Alat Peraga Pendidikan Tentang Gempa Bumi Dan Mitigasinya Untuk Anak Sekolah Dasar Dengan Fitur Augmented Reality (AR). Jurnal Desain Indonesia. https://www.jurnal-desain-indonesia.com/index.php/jdi/article/view/122

Pratiwi, R. W., & Maulidiyah, E. C. (2023). Pengembangan Media Video Animasi Sigemi (Siaga Gempa Bumi) sebagai Pengenalan Mitigasi Bencana Gempa Bumi Pada Anak Usia 5-6 Tahun. JCE (Journal of Childhood …. http://journalfai.unisla.ac.id/index.php/jce/article/view/1588

Downloads

Published

2024-07-13

How to Cite

Nabilah Khairunnisa, Yuliani Nurani, & Sri Wulan. (2024). Pengenalan Mitigasi Bencana Gempa Bumi Melalui Video Interaktif untuk Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(4), 11. https://doi.org/10.47134/paud.v1i4.736

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.