Penanaman Pendidikan Karakter Kepada Anak Usia Dini di KB-TK Anak Cerdas Ungaran Sebagai Salah Satu Pilar Pembangunan Bangsa

Authors

  • Marlina Arestin Putri Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Komputer dan Pendidikan, Universitas Ngudi Waluyo
  • Siti Nasekah Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Komputer dan Pendidikan, Universitas Ngudi Waluyo
  • Swantyka Ilham Prahesti Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Komputer dan Pendidikan, Universitas Ngudi Waluyo

DOI:

https://doi.org/10.47134/paud.v2i1.879

Keywords:

Pendidikan karakter, anak usia dini

Abstract

Pendidikan karakter sangat penting di forum pendidikan anak usia dini karena diharapkan dapat membantu anak-anak usia dini mengembangkan kebiasaan dan karakter yang baik. Dalam kasus ini, yang dimaksud dengan "pendidikan karakter" adalah upaya sistematis untuk meningkatkan intelegensi, bakat, dan bakat emosional anak didik sehingga mereka menjadi manusia yang berkarakter baik. Proses ini dapat dicapai melalui pelatihan, bimbingan, pembiasaan, pengajaran, nasehat, dan metode lainnya. Anak-anak di lembaga pendidikan anak usia dini dididik untuk memiliki sifat empati, kasih sayang, kemandirian, kepedulian terhadap lingkungan, kreativitas, dan keberanian. Penanaman beberapa karakter di atas pada anak-anak di forum pendidikan anak usia dini membantu anak-anak mengatasi perubahan lingkungan dan mental mereka saat mereka beralih ke jenjang yang lebih tinggi.

References

Ardoin, N. M. (2020). Early childhood environmental education: A systematic review of the

research literature. Educational Research Review, 31. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2020.100353

Auliaz, I. (2023). Hakikat Manusia dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam. EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Dan Keagamaan, 7(3). https://doi.org/10.47006/er.v7i3.16184

Balaj, M. (2021). Parental education and inequalities in child mortality: a global systematic

review and meta-analysis. The Lancet, 398(10300), 608–620. https://doi.org/10.1016/S0140

6736(21)00534-1

Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, S., & Purwanto, N. A. (2017). PENGEMBANGAN NILAI-NILAI KARAKTER ANAK USIA DINI MELALUI PEMBIASAAN DAN KETELADANAN. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2). https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17707

Chen, Y. L. (2022). Needed “Assembling the Parts Into a Whole”: The Turn of Moral Identity

and Its Implications for Character Education. Journal of Research in Education Sciences, 67(4), 255–283. https://doi.org/10.6209/JORIES.202212_67(4).0008

Devianti, R., Sari, S. L., & Bangsawan, I. (2020). Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini. MITRA ASH-SHIBYAN: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 3(02). https://doi.org/10.46963/mash.v3i02.150

Dr. Zubaedi M.ag. (2011). Desain Pendidikan Karakter. In Kencana, Prenada Media Group (Vol. 1, Issue 1).

Fadlillah, M., & Khorida, L. M. (2013). Pendidikan karakter anak usia dini : konsep & aplikasinya dalam PAUD. In Online Public Access Catalog Perpustakaan Nasional RI.

Fakhriyani, D. V. (2017). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Sebagai Salah Satu Jawaban Dalam Mempersiapkan Generasi Muda Untuk Menggapai Bonus Demografi. Wacana Didaktika, 5(01). https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.5.01.76-90

García, J. L. (2019). Early childhood education and crime. Infant Mental Health Journal, 40(1),

141–151. https://doi.org/10.1002/imhj.21759

Guest, G. (2020). A simple method to assess and report thematic saturation in qualitative

research. PLoS ONE, 15(5). https://doi.org/10.1371/journal.pone.0232076

Iswantiningtyas, V., & Wulansari, W. (2018). Pentingnya Penilaian Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Proceedings of The ICECRS, 1(3). https://doi.org/10.21070/picecrs.v1i3.1396

Hamilton, A. B. (2019). Qualitative methods in implementation research: An introduction.

Psychiatry Research, 280. https://doi.org/10.1016/j.psychres.2019.112516

Khaironi, M. (2017). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 1(02). https://doi.org/10.29408/goldenage.v1i02.546

La Hadisi. (2015). Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini La Hadisi. Jurnal Al-Ta’did, 8(2).

Shofa, M. N. (2017). Penanaman Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(1). https://doi.org/10.21043/thufula.v5i1.2408

Souto-Manning, M. (2019). Toward critically transformative possibilities: Considering tensions and undoing inequities in the spatialization of teacher education. Teachers College Record, 121(6). https://www.scopus.com/inward/record.uri?partnerID=HzOxMe3b&scp=85061172717&origin=inward

Suri, D. (2021). Teacher’s strategy for implementing multiculturalism education based on local cultural values and character building for early childhood education. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 8(4), 271–285. https://doi.org/10.29333/ejecs/937

Walker, D. (2020). Language intervention research in early childhood care and education: A systematic survey of the literature. Early Childhood Research Quarterly, 50, 68–85. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2019.02.010

Williams, P. G. (2023). Addressing Early Education and Child Care Expulsion. Pediatrics, 152(5). https://doi.org/10.1542/peds.2023-064049

Downloads

Published

2024-09-03

How to Cite

Putri, M. A., Nasekah, S., & Prahesti, S. I. (2024). Penanaman Pendidikan Karakter Kepada Anak Usia Dini di KB-TK Anak Cerdas Ungaran Sebagai Salah Satu Pilar Pembangunan Bangsa. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 11. https://doi.org/10.47134/paud.v2i1.879

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.