Peran Orangtua dalam Mengembangkan Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun Kampung Ketapang Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang Banten

Authors

  • Rahmawati Eka Saputri Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Sikha Fauziah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Agustin Rahmawati Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Univer
  • Azahrotun Nisa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Univer

DOI:

https://doi.org/10.47134/paud.v2i1.901

Keywords:

Peran Orang Tua, Perkembangan Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran orang tua dalam mengembangkan kemandirian anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Partisipan dalam penelitian ini adalah orangtua yang memiliki anak berusia 5-6 tahun dan anak usia 5-6 atau anak yang sedang menempuh pendidikan dibangku TK atau PAUD di Kampung Ketapang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua sangat signifikan dalam mengembangkan kemandirian anak. Menurut temuan penelitian, orang tua memiliki peran penting dalam membantu anak-anak mereka menjadi orang dewasa yang mandiri. 95% orang tua dikenal sebagai pembimbing, 97% sebagai motivator, dan 87% sebagai fasilitator, yang semuanya dapat berkontribusi pada peningkatan kemandirian anak-anak mereka. Dalam temuan penelitian indikator kemandirian anak yang berkembang sangat baik di antaranya, kemampuan fisik sebesar 80% dan disiplin sebesar 80%. Kemampuan fisik, kepercayaan diri, disiplin diri, keterampilan sosial, berbagi, rasa tanggung jawab, dan kemampuan untuk mengatur emosi adalah semua tanda dari kemandirian yang semakin berkembang. Orang tua yang aktif terlibat dalam kegiatan sehari-hari anak, memberikan kesempatan kepada anak untuk melakukan tugas-tugas sederhana, dan memberikan dukungan emosional, berkontribusi secara positif terhadap kemandirian anak. Penelitian ini menyarankan agar orang tua dapat lebih memahami pentingnya kemandirian bagi anak dan terus mendukung perkembangan tersebut melalui praktik-praktik yang konsisten dan bijaksana.

References

Brown, M. T. (2024). Parent-emerging adult text interactions and emerging adult perceived parental support of autonomy. Journal of Social and Personal Relationships, 41(2), 499–520. https://doi.org/10.1177/02654075231167347 DOI: https://doi.org/10.1177/02654075231167347

Dalita, R., Hayati, F., & Fitriani, F. (2021). Peran orang tua dalam membentuk kemandirian anak usia 5-6 tahun di desa rukoh lorong banna kecamatan syiah kuala kota banda aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 2(2). DOI: https://doi.org/10.46368/mkjpaud.v2i2.804

Darmayanti, E., Muthmainah, M., & Indrawati, I. (2023). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemandirian anak usia 5-6 tahun di TK Kemantren Gedongtengen Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Anak. https://journal. uny. ac. id/v3/jpa/home), 12(2), 106-114.

Fitriani, D. N., Maryani, K., & Atikah, C. (2023). Upaya Guru dalam Mengoptimalkan Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun di RA Al-Izzah Kota Serang. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 6(1), 21-36. DOI: https://doi.org/10.36722/jaudhi.v6i1.2020

Gandini, A. L. A. (2024). The Role of Parents in Monitoring the Growth and Development of Toddlers: A Systematic Review. Pharmacognosy Journal, 16(3), 682–686. https://doi.org/10.5530/pj.2024.16.114 DOI: https://doi.org/10.5530/pj.2024.16.114

Gita, Tita Norma, Nurbiana Dhieni, and Sri Wulan. "Kemandirian Anak Usia Usia 5-6 Tahun dengan Ibunya yang Bekerja Paruh Waktu." Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6.4 (2022): 2735-2744. Tim Pustaka Phoenix, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Pustaka Phoenix, 2010), 625 DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1032

Hantman, R. M. (2024). Parental Perspectives: How Sensory Sensitivities Impact the Transition to Adulthood in Adolescents and Young Adults with Autism Spectrum Disorder. Journal of Autism and Developmental Disorders, 54(2), 544–562. https://doi.org/10.1007/s10803-022-05815-5 DOI: https://doi.org/10.1007/s10803-022-05815-5

Huang, K. J. (2024). Filial Piety and the Development of Independence and Interdependence During Emerging Adulthood: A Longitudinal Study of Taiwanese Adolescents. Journal of Youth and Adolescence, 53(5), 1232–1243. https://doi.org/10.1007/s10964-023-01929-w DOI: https://doi.org/10.1007/s10964-023-01929-w

Liu, Z. (2024). Leadership Blossoms in Parental Warmth: Positive Parenting Practices Shape Adolescent Leader Emergence via Intrapersonal and Interpersonal Mechanisms. Journal of Youth and Adolescence, 53(10), 2266–2286. https://doi.org/10.1007/s10964-024-01983-y DOI: https://doi.org/10.1007/s10964-024-01983-y

Laudia Tysara. (2023). “Jenis Penelitian Kualitatif Menurut Para Ahli, Pahami Karakteristiknya”, diakses dari https://www.liputan6.com/hot/read/5299910/jenis-penelitian-kualitatif-menurut-para-ahli-pahami-karakteristiknya?page=2

Masduki, Y. (2024). Models of Parenting and Education in Instilling Character Values: Case Study on Children with Single Parents in Indonesia. Dirasat: Human and Social Sciences, 51(5), 1–12. https://doi.org/10.35516/hum.v51i5.4228 DOI: https://doi.org/10.35516/hum.v51i5.4228

Mthethwa, M. (2024). Newborn and child health national and provincial clinical practice guidelines in South Africa, Nigeria and Malawi: a scoping review. BMC Health Services Research, 24(1). https://doi.org/10.1186/s12913-024-10682-0 DOI: https://doi.org/10.1186/s12913-024-10682-0

Muchlisin Riadi. (2022). “Peran dan Tanggung Jawab Orangtua”, diakses dari https://www.kajianpustaka.com/2022/11/peran-dan-tanggung-jawab-orang-tua.html

N. Hidayati . 2021. “11 BAB II Kajian Pustaka. A. Peran Orang tua”, https://respository.iainkudus .ac.id/5819/5/5.%20BAB%20II.pdf

Qiu, S. (2024). The influence of home environment on 2-year-old Chinese children’s language development: the mediating effect of executive function and the moderating effect of temperament. Frontiers in Psychology, 15. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2024.1443419 DOI: https://doi.org/10.3389/fpsyg.2024.1443419

Richmond, D. (2024). Navigating the ecosystem of summertime activity choices for youth: a multiple case study analysis. Leisure/ Loisir. https://doi.org/10.1080/14927713.2024.2399584 DOI: https://doi.org/10.1080/14927713.2024.2399584

SARI, Desi Ranita; RASYIDAH, Amelia Zainur. Peran Orang Tua Pada Kemandirian Anak Usia Dini. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 2019, 3.1: 45-57. DOI: https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v3i1.441

Subtianah, Siti, and Robi’atul Adawiah. "Dampak Karir Orang Tua terhadap Perkembangan Remaja Kota Serang." Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Non Formal. Vol. 1. 2023.

Susilawati. 2018. “Study Identifikasi Faktor-faktor yang Mempengaruhi Peran Orangtua Pada Ahlak dalam Mendidik Anak Usia Dini”. Skripsi. Medan: Universitas Medan Area.

Wellsch, J. (2024). Sign here: Coresidence contracts for parents and young adults who live together. Family Relations, 73(3), 1625–1645. https://doi.org/10.1111/fare.12979 DOI: https://doi.org/10.1111/fare.12979

Downloads

Published

2024-10-01

How to Cite

Saputri, R. E., Fauziah, S., Rahmawati, A., & Nisa, A. (2024). Peran Orangtua dalam Mengembangkan Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun Kampung Ketapang Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang Banten. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 12. https://doi.org/10.47134/paud.v2i1.901

Issue

Section

Articles