Strategi Guru dalam Menghadapi Kesulitan Belajar Membaca pada Siswa Kelas III SDN Tambang Pudak Ponorogo
DOI:
https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i4.873Abstract
Penelitian ini bertujuan mencari tahu bagaimana guru kelas tiga membantu anak-anak yang kesulitan memahami bacaan. Penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif kualitatif, pengumpulan informasi melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Proses analisis data menggunakan pendekatan triangulasi, yaitu data yang dikumpulkan melalui observasi dan data yang dikumpulkan melalui wawancara dibandingkan.. Hasil penelitian di SDN Tambang Ponorogo menunjukkan bahwa masih banyak siswa, khususnya kelas III, terdapat beberapa siswa yang kurang lancer dalam membaca bahkan terdapat siswa yang belum bisa membaca. Hal ini terjadi akibat sejumlah variabel yang mempengaruhi buruknya kemampuan membaca siswa di kelas. Guru perlu mempunyai strategi untuk memastikan bahwa siswa tidak lagi kesulitan membaca. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa guru kelas III menggunakan sudut membaca, membiasakan siswanya membaca dengan suara keras sepanjang waktu, dan membimbing serta menginspirasi siswanya untuk terus membaca sebagai cara untuk membantu pembacanya yang mengalami kesulitan.
References
Agung Setyawan et al., “Peran Guru Dalam Pembelajaran SD Pangpong,” Prosiding Nasional Pendidikan: Lppm Ikip Pgri Bojonegoro 1, no. 1 (2023): 570–71.
Arifin, Z. (2017). Strategi Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PT RajaGrafindo
Persada. Aryani, D. (2021). Strategi Pembelajaran Membaca untuk Siswa Sekolah Dasar. Jakarta: Pustaka Ilmu
Böhnke, A. (2019). “At least I know what’s wrong.” Preservice teachers’ knowledge about dysfunctional instructional strategies: The important role of error-related emotional patterns. Learning and Individual Differences, 70, 190–200. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2019.01.011
Brew, A. (2020). Making sense of research-based learning in teacher education. Teaching and Teacher Education, 87. https://doi.org/10.1016/j.tate.2019.102935
Chen, J. (2019). Research review on teacher emotion in asia between 1988 and 2017: Research topics, research types, and research methods. Frontiers in Psychology, 10. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.01628
Dea Kiki Yestiani and Nabila Zahwa, “Peran Guru Dalam Pembelajaran Pada Siswa Sekolah Dasar 4,no.1(2020):41–47, https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.515.
Hamdani, M. F. (2023). Difficulties of state junior high school 1 Bangkinang students in online mathematics learning during the Covid-19 pandemic. AIP Conference Proceedings, 2734(1). https://doi.org/10.1063/5.0156617
Hammons, J. (2020). Teaching the teachers to teach information literacy: A literature review. Journal of Academic Librarianship, 46(5). https://doi.org/10.1016/j.acalib.2020.102196
Hidayat, M., & Suryadi, T. (2020). Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar. Bandung: Alfabeta
Mak, T. C. T. (2021). Strategies for teachers to promote physical activity in early childhood education settings—a scoping review. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(3), 1–14. https://doi.org/10.3390/ijerph18030867
Morris, N. P. (2019). Lecture recordings to support learning: A contested space between students and teachers. Computers and Education, 140. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103604
Ruliyani, R. I., & Savitri, D. I. (2022). Peran guru dalam menghadapi kesulitan belajar
siswa.Jurnal Edukasi, 9(2), 53–61.
Santoso, B., & Wulandari, R. (2019). Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa
dengan Pendekatan Visual. Surabaya: Pena Indah
Santrock, J. W. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan
R&D.Bandung: Alfabeta.
Shekhar, P. (2019). Integrating quantitative and qualitative research methods to examine student resistance to active learning. European Journal of Engineering Education, 44(1), 6–18. https://doi.org/10.1080/03043797.2018.1438988
Susanti, R, D. (2018). Strategi guru kelas dalam mengatasi kesulitan belajar akademik siswa dalam pembelajaran di sekolah dasar, Konseling Edukasi: Journal of Guidance and Counseling, Vol. 2, No. 2, 139-154
Yuliani, A. (2018). Pentingnya Dukungan Guru dan Orang Tua dalam Pembelajaran Membaca di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Wang, J. (2024). The impact of modern technology on student learning outcomes. Addressing Global Challenges - Exploring Socio-Cultural Dynamics and Sustainable Solutions in a Changing World: Proceedings of International Symposium on Humanities, 514–519. https://doi.org/10.1201/9781032676043-71
Wilson, D. M. (2020). Investigating teachers’ implementation and strategies on higher order thinking skills in school based assessment instruments. Asian Journal of University Education, 16(1), 70–84. https://doi.org/10.24191/ajue.v16i1.8991
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Elsa Nurianasari, Kayyis Fithri Ajhuri, Riska Andalina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.