Analisis Kesulitan: Perbandingan Tingkat Pemahaman Konsep Dasar Mekanika Analitik antara Mahasiswa Pendidikan Fisika dengan Fisika Semester 2 Universitas Negeri Yogyakarta

Authors

  • Ahmad Khoir Zainul Arifin Universitas Negeri Yogyakarta
  • Ahnaf Ahmadin Al-Faqir Universitas Negeri Yogyakarta
  • Bayu Setiaji Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.47134/physics.v2i3.1740

Keywords:

Mekanika Analitik, Tingkat Pemahaman, Perbandingan Program Studi, Kesulitan Belajar, Pembelajaran Fisika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan tingkat pemahaman konsep dasar Mekanika Analitik antara mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika dan Fisika semester 2 di Universitas Negeri Yogyakarta, serta mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kesulitan belajar. Mekanika Analitik merupakan cabang penting dalam fisika teoretis yang melibatkan formulasi matematis kompleks seperti persamaan Lagrange dan Hamilton. Penguasaan konsep dasar pada mata kuliah ini sangat krusial bagi mahasiswa fisika, namun banyak mahasiswa mengalami kesulitan dalam memahaminya. Metode yang digunakan adalah kuantitatif komparatif dengan data utama berupa nilai Ujian Tengah Semester dan wawancara terstruktur. Data dianalisis secara statistik menggunakan uji Independent Sample T-Test, dan jika tidak memenuhi asumsi normalitas, dilanjutkan dengan uji non-parametrik Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa memperoleh nilai nol, mencerminkan rendahnya tingkat pemahaman. Uji statistik menunjukkan tidak terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelompok mahasiswa (p = 0,562). Wawancara mengungkapkan bahwa kesulitan utama berasal dari lemahnya penguasaan matematika dasar, keterbatasan pemahaman konsep fisika, serta minimnya strategi belajar mandiri. Mahasiswa dengan nilai tinggi umumnya belajar mandiri dan aktif mencari sumber belajar tambahan. Temuan ini menunjukkan perlunya penguatan konsep, pendekatan pembelajaran yang lebih interaktif, serta dukungan belajar tambahan bagi mahasiswa. Penelitian ini juga menekankan pentingnya pengembangan modul pembelajaran yang lebih interaktif dan terintegrasi dengan teknologi, serta merekomendasikan penelitian lebih lanjut tentang efektivitas metode pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa

References

Ahmad, N., Supeno, & Utomo, A. P. (2020). Analisis kesulitan belajar mahasiswa calon guru IPA pada mata kuliah cahaya dan penglihatan. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 1(2), 174–180. http://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/JLPF

Aini, L. N., Putri, F. A., & Setiaji, B. (2023). Pemetaan Pemahaman Konsep Analisis Pengukuran Fisika dan Mekanika Analitik Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Tahun Pertama. 1, 1–10. https://doi.org/10.47134/physics.v1i1.132

Budhi, W., Amalia, A. F., & Purnama, A. Y. (2024). Navigation Physics: Journal of Physics Education Analisis Kesulitan Mahasiswa Prodi Teknik Industri dalam Memahami Konsep Kinematika. Navigation Physics: Journal of Physics Education, 6. https://journal.unindra.ac.id/index.php/jpeu/article/view/2744

Bustang, Sulaeman, Yadi Jayadilaga, Andi Febi Irawati, A. A. (2024). KORSAcs: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 86–89. https://journal.unm.ac.id/index.php/korsacs/article/view/5135

Fatiah, S., Harjono, A., & Gunada, I. W. (2021). Validitas Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) pada Materi Gerak Harmonik Sederhana. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 7(1), 66-72. https://doi.org/10.29303/jpft.v7i1.2268

Gunada, I. W., Ayub, S., Doyan, A., Verawati, N. N. S. P., & Hikmawati, H. (2021). Pengembangan Buku Ajar Sejarah Fisika Berbasis Higher Order Thingking Skill (HOTS). Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 7(1), 59-65. https://doi.org/10.29303/jpft.v7i1.2767

Hernikawati, D. (2021). Analisis Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Jumlah Kunjungan pada Situs E-Commerce di Indonesia Menggunakan Uji T Berpasangan. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 25(2), 191. https://doi.org/10.31445/jskm.2021.4389

Irvani, A. I., Rustaman, N., Kaniawati, I., & Sinaga, P. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Fisika Kuantum. DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics, 6(1), 31-36. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/Diffraction/article/download/10107/3545

Iskandar, A. M., Nurfadiah, D., & Yuli, W. I. (2021). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT), 7(1), 48-58. https://doi.org/10.29303/jpft.v7i1.2714

Jusriana, A., Sulastri, S., & Astuti, N. (2022). PERBANDINGAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA DASAR BERDASARKAN JALUR MASUK PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN ALAUDDIN MAKASSAR. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 10(2), 81-87. https://doi.org/10.24252/jpf.v10i2.29209

Kusairoh, E. N., Rahmawati, R., Sari, N., & Setiaji, B. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial pada Mata Kuliah Mekanika Analitik. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 10(2), 121–126. https://doi.org/10.21831/jpms.v10i2.42135

Miftahurrahmi, M., Oktavia, S. S., & Desnita, D. (2021). Meta Analisis Pengaruh Bahan Ajar Fisika Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT), 7(1), 34-42. https://doi.org/10.29303/jpft.v7i1.2709

Murniati, M., & Khusuma, R. (2024). Analisis kesulitan belajar mahasiswa pada pendahuluan fisika inti dengan blended learning. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 10(2), 179–187. https://jipf.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/11

Mustafidah, H., Imantoyo, A., & Suwarsito, S. (2020). Pengembangan Aplikasi Uji-t Satu Sampel Berbasis Web (Development of Web-Based One-Sample t-Test Application). JUITA: Jurnal Informatika, 8(2), 245–251. https://doi.org/10.30595/juita.v8i2.8786

Normelia, R., Fortuna, T. D., Putri, E. P., & Widodo, E. (2022). Analisis Mann-Whitney untuk Mengetahui Efektivitas Vaksin pada Jumlah Penderita Covid-19 di Indonesia. Jurnal Sains Matematika Dan Statistika, 8(1), 27. https://doi.org/10.24014/jsms.v8i1.15087

Nugraheni, D. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Mekanika. EduSains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 5, 23–32. https://doi.org/10.51667/pjpk.v1i2.341

Puspitasari, A., Mufida, F., & Setiaji, B. (2024). Analysis of the Influence of Analytical Mechanics Concept on the Development of Modern Physics. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika (JPIF), 1, 60–68. https://journal.uniga.ac.id/index.php/jpif/article/download/4004/1871

Rahmawati, R., Kurniawan, E., & Nur, A. M. (2021). Identifikasi Kemampuan Berpikir Logis Mahasiswa Calon Guru Fisika Menggunakan Instrument TOLT. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 7(1), 27-33. https://doi.org/10.29303/jpft.v7i1.2719

Rimo, I. H. E. (2021). Analisis kesulitan mahasiswa pendidikan fisika FKIP-UNDANA dalam memahami materi volume benda putar. Jurnal Ilmiah Soulmath: Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 6(2), 1–10. https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/mipa/article/view/1155

Salsabila, P. A., Ibra Zihni, W. E., & Setiaji, B. (2024). Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal pada Mahasiswa Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Mekanika Analitik. CHARM SAINS: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(3), 94-98. https://eurekaunima.com/index.php/jpfunima/article/download/346/217

Salsabila, P. A., Zihni, W. E. I., & Setiaji, B. (2023). Perbandingan Prestasi Antara Mahasiswa Fisika dengan Mahasiswa Pendidikan Fisika. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(2), 8. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i2.195

Sanjuán, M. A. F. (2021). A modern approach to teaching classical mechanics. Contemporary Physics, 62(1), 46–49. https://doi.org/10.1080/00107514.2021.1959416

Sari, C. K., Anisa, Z. L., Sholiha, I., & Setiaji, B. (2022). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Numbered Team in Guided Discovery (NTGD) pada Materi Mekanika Analitik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analisis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 10(2), 81-87. https://doi.org/10.21831/jpms.v10i2.42143

Taqwa, M. R. A., Shodiqin, M. I., & Zainuddin, A. (2020). Kesulitan Mahasiswa dalam Memahami Konsep Gaya dan Gerak. Lensa (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 10(1), 25–39. https://doi.org/10.24929/lensa.v10i1.86

Winarti, P. (2021). Analisis kesulitan belajar mahasiswa dalam perkuliahan konsep dasar IPA fisika secara daring di masa pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 93–107. https://doi.org/10.32585/jkp.v5i1.1076

Downloads

Published

2025-06-16

How to Cite

Ahmad Khoir Zainul Arifin, Ahnaf Ahmadin Al-Faqir, & Bayu Setiaji. (2025). Analisis Kesulitan: Perbandingan Tingkat Pemahaman Konsep Dasar Mekanika Analitik antara Mahasiswa Pendidikan Fisika dengan Fisika Semester 2 Universitas Negeri Yogyakarta. Journal of Physics Education and Science, 2(3), 11. https://doi.org/10.47134/physics.v2i3.1740

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.