Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas 8 SMP Negeri 4 Nubatukan dalam Pembelajaran PAK melalui Metode Pembelajaran Kolaboratif

Authors

  • Prichilia Pega Kalang Sekolah Tinggi Pastoral Reinha Larantuka
  • Benediktus Igo Lamak Sekolah Tinggi Pastoral Reinha Larantuka

DOI:

https://doi.org/10.47134/ptk.v2i2.1482

Keywords:

Prestasi Belajar, Pembelajaran PAK, Metode Kolaboratif

Abstract

Dalam dunia pendidikan kegiatan pembelajaran akan menjadi lebih efektif jika guru menggunakan metode pembelajaran yang tepat. Ketika menggunakan metode pembelajarn yang tepat maka akan memacuh semangat belajar siswa, serta meningkatkan motivasi dan presetasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan utuk menganalisis dampak penerapan metode pembelajaran kolaboratif terhadap prestasi belajar siswa dan mata Pelajaran PAK di SMP Negeri 4 Nubatukan serta mengidentifikasikan faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan penerapan metode kolaboratif dalam pembelajaran PAK. Masalah yang ditemukan dalam penelitian ini adalah rendahnya nilai rata-rata ujian dan kurangnya partisipasi siswa dalam pembelajaran yang masi cendrung berpusat pada guru (teacher-centered learning), sehingga siswa kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Metode yang gunakan dalam penlitian ini adalah penelitian Tindakan kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII-B dengan jumlah peserta didik 30 orang. Penelitian ini dilakukan oleh peneliti dan peneliti beperan sebagai observasi. Berdasarkan hasil penelitia, disimpulkan bahwa penerapan metode kolaboratif dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII-B SMP Negeri 4 Nubatukan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Katolik (PAK). Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui pendekatan pembelajaran kolaboratif ini memungkinkan siswa untuk saling berinteraksi, berbagi pengetahuan, dan pemahaman serta hasil belajar mereka. Melalui metode pembelajaran kolaboratif siswa juga merasa lebih termotivasi dan aktif dalam proses pembelajaran.

References

Abdurahmat Fatohi. (2006). Metodologi Penelitian dan Teknik Pengumpulan Data. Rineka Cipta.

Adirsa, P. H. (Ed.). (2021). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru Inspiratif. Adab.

Arif Afandi M. (2021). PERANAN GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH HIDAYATUL MUBTADIIN WATES SUMBERGEMPOL. Jurnal Al-Ibtida, 08(02), 15–33.

Aronson, L. (2011). Twelve tips for teaching reflection at all levels of medical education. Jurnal Medical Teacher, 33(3), 200–205. https://doi.org/10.3109/0142159X.2010.507714 DOI: https://doi.org/10.3109/0142159X.2010.507714

Azizah Anisatul. (2020). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Dalam Pembelajaran. Jurnal Aulanduna, 15–22. DOI: https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475

Berek, N. P. N. dan F. (2023). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Didalam Kelas Dan Implikasi Bagi Guru Masa Kini. Jurnal Teologi Injili Dan Pendidikan Agama, 1(3), 63–71.

Damanik Syahmahita Hotman Fritz. (2023). Pengembangan Model Pembelajaran Kolaboratif Untuk Pendidikan Sosiologi Dan Antropologi Di Era Digital. Jurnal Prosiding Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 1, 1–18.

Dewi Marlina Maria et al. (2020). Pendidikan Agama Katolik Sebagai Media Dalam Membentuk Kepribadian Peserta Didik Katolik Di SMA 1 Parenggean. Jurnal Pastoral Kateketik, 6(2), 69–83.

Erawati, N. K. R. P. dan N. K. (2021). Pengembangan Buku Ajar Metode Numerik Berbasis Pembelajaran Kolaboratif. Pendidikan Matematika, 10(1), 37–59. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.817

FITRI FATIMATUZAHROH, Lilis Nurteti, S. Koswar. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Melalui Metode Lectures Vary. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 35–50. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.362 DOI: https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.362

Fransiska P. N. Elwin. (2023). Penerapan metode diskusi dalam pembelajaran kewarganegaraan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(4), 22–23. DOI: https://doi.org/10.56393/educare.v3i1.1100

Hasibuan Sari Amnah et al. (2020). Hubungan Kesiapan Dengan Prestasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Al-Taujih, 6(1), 37–43.

Husna Asmaul. (2021). Peningkatan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Increasing Economic Learning Achievement With the. AT-TIJARAH: Jurnal Penelitian Keuangan Dan Perbankan Syariah, 3(2), 180–198. DOI: https://doi.org/10.52490/attijarah.v3i2.146

Lulu Julita Maria et al. (2024). UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGIMPLEMENTASIKAN METODE TANYA JAWAB DI KELAS III. Jurnal Pendidikan, 56–64. DOI: https://doi.org/10.38048/jcpa.v2i1.1537

Majid, F. (2022). Pendidikan Mutu. Jurnal Pendidikan, 3, 15–36.

Napitupulu Afrinai Cahaya et al. (2020). Implementasi Pembelajaran Kolaboratif Daring (Online Colaborative Learning) Dalam Rangka Pembentukan Dukungan Sosial Mahasiswa PG Paud FKIP Universitas Palangka Raya. Jurnal Pendidikan Dan Psikologi Pintar Harati, 16(2), 1–17.

Pristiwanti Desi et al. (2022). Pengertian pendidikan. Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 7911–7915.

Rahayu Putri Hernik et al. (2024). Inovasi Metode Pembelajaran Kolaboratif di Era Digital Studi Kasus Perguruan Tinggi Swasta Magetan. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(2), 368–379. DOI: https://doi.org/10.47709/educendikia.v4i02.4450

Rahma Nur dan Sindi Safitri. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 26–33.

Silaban Roikestina et al. (2022). Program Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Di UPT SD Negeri 060961 Belawan. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 69–75.

Slameto, S. (2015). Implementasi penelitian tindakan kelas. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(3), 47–58. DOI: https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i3.p47-58

Tamami Agus dan Abdul Wahab. (2023). Hubungan Metode Mengajar Guru Dengan Prestasi Belajar Siswa di SMK Statika Bogor. Jurnal Raya Al-Islam, 7(3), 1392–1404. DOI: https://doi.org/10.37274/rais.v7i3.848

Downloads

Published

2025-03-19

How to Cite

Kalang, P. P., & Benediktus Igo Lamak. (2025). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas 8 SMP Negeri 4 Nubatukan dalam Pembelajaran PAK melalui Metode Pembelajaran Kolaboratif. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 2(2), 13. https://doi.org/10.47134/ptk.v2i2.1482

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 

You may also start an advanced similarity search for this article.