Pemanfaatan Teknologi Informasi pada Manajemen GTK di SMPN 40 Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.47134/ptk.v1i3.376Keywords:
Teknologi Informasi, Platform Mengajar Mandiri, Sistem Aplikasi Guru SurabayaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media teknologi pada administrasi guru, strategi guru dalam memanfaatkan media teknologi pada administrasi, dan hambatan-hambatan dalam memanfaatkan media teknologi sebagai fasilitas pendukung pada administrasi guru di SMPN 40 Surabaya. Di SMPN 40 Surabaya pengoptimalan teknologi informasi berjalan dengan sangat baik. Para guru telah menggunakan sistem yang terpusat dari pemerintah semenjak tahun 2020. Teknologi informasi yang digunakan oleh guru di SMPN 40 Surabaya adalah PMM (Platform Merdeka Mengajar) dan SIAGUS (Sistem Aplikasi Guru Surabaya). PMM atau Platform Merdeka Mengajar adalah platform teknologi yang disediakan oleh Kemdikbud untuk guru dan kepala sekolah dalam mengajar, belajar, dan berkarya. Sedangkan Sistem Aplikasi Guru Surabaya (SIAGUS) adalah sebuah sistem informasi manajemen yang disediakan oleh Dinas Pendidikan Kota Surabaya. SIAGUS merupakan sarana penunjang berbasis internet dan jaringan prosedur pengelolaan data yang dirancang untuk mempermudah kinerja para pendidik. Pengimplementasian teknologi informasi ini tentu saja mencakup sumber daya manusia, hardware, dan software yang memadai. Begitu pula dalam manajemen guru dan tenaga pendidik di sekolah. Di SMPN 40 Surabaya telah dilakukan proses manajemen guru dan tenaga pendidik semenjak tahun 2020 ataupun semenjak Covid.
References
Anggeliya, N., & Niswah, F. (2019). Inovasi Program Sistem Informasi Manajemen Seleksi Guru Dan Tenaga Kependidikan Berprestasi Dan Berdedikasi (Simgeprek) Di Dinas Pendidikan Kota Blitar. Publika, 7(5), 1–8.
Annafi, H. R. K., Aknuranda, I., & ... (2021). Evaluasi Usability dan Penyusunan Rekomendasi Rancangan Antarmuka Pengguna Sistem Informasi Aplikasi Guru Surabaya (SIAGUS) pada SMP Negeri 13. Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 5(8), 3584–3590. https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/9620%0Ahttps://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/download/9620/4342
Ceha, R., Prasetyaningsih, E., Bachtiar, I., & Nana S., A. (2016). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi Pada Kegiatan Pembelajaran. ETHOS (Jurnal Penelitian Dan Pengabdian), 131. https://doi.org/10.29313/ethos.v0i0.1693 DOI: https://doi.org/10.29313/ethos.v0i0.1693
Guru, A., Min, D. I., Aceh, B., & Buana, C. (2022). Pemanfaatan Media Teknologi Terhadap.
Hajrah, S., Marzuki, D., Yahiji, K., Prodi, M., Pascasarjana, M., Sultan, I., Gorontalo, A., & Pascasarjana, D. (2023). Peran Informasi Teknologi (IT) Dalam Manjemen Kurikulum, Pembelajaran Dan Kepesertadidikan. Journal of Islamic Education Manajemet Research, 2(1), 76–85.
Marisana, D., Iskandar, S., & Kurniawan, D. T. (2023). Penggunaan Platform Merdeka Mengajar untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di Sekolah Menengah atas. Jurnal Basicedu, 7(1), 139–150. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4363 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4363
Ramadhan, I. (2023). Dinamika Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Pada Aspek Perangkat Dan Proses Pembelajaran. Academy of Education Journal, 14(2), 622–634. https://doi.org/10.47200/aoej.v14i2.1835 DOI: https://doi.org/10.47200/aoej.v14i2.1835
Rosyidah, S., Masyawi, A., Agama, S. T., Al-Kamal, I., & Rembang, S. (2023). Penerapan Sistem Informasi Manajemen (Sim) Dalam Pengelolaan Administrasi Di Sma Islam Al-Kamal Sarang Rembang. 1, 23–42.
Yudhistiro, Y., & Fanida, E. H. (2019). Implementasi Layanan Sistem Aplikasi Guru Surabaya (SIAGUS) di Dinas Pendidikan Kota Surabaya. Publika, 07(8), 1–9.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hafiz

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.