Implementasi Manajemen, Digitalisasi, dan Penguatan Literasi dalam Pengelolaan Perpustakaan di SMA Labschool Unesa 1
DOI:
https://doi.org/10.47134/ptk.v2i3.1673Keywords:
Manajemen Perpustakaan, Digitalisasi, Literasi SekolahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi manajemen, digitalisasi, dan penguatan literasi dalam pengelolaan perpustakaan di SMA Labschool Unesa 1. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi langsung dan wawancara mendalam bersama pengelola perpustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengorganisasian perpustakaan telah dilakukan secara fungsional dengan pembagian tugas yang jelas, meskipun sistem administrasi masih bersifat manual. Klasifikasi koleksi menggunakan sistem Dewey Decimal Classification secara konvensional dan katalogisasi belum terintegrasi secara digital. Dari sisi layanan, perpustakaan menyediakan fasilitas fisik seperti Wifi, AC, dan pojok baca, serta layanan digital melalui aplikasi Kipin School untuk mendukung literasi digital siswa. Program literasi disusun secara inovatif melalui kegiatan membaca sebagai bentuk konsekuensi edukatif dan proyek penulisan buku yang melibatkan kolaborasi antara pustakawan, guru, dan siswa. Temuan ini menunjukkan bahwa meskipun masih terdapat kendala dalam aspek digitalisasi, pihak sekolah menunjukkan komitmen tinggi dalam meningkatkan layanan perpustakaan dan budaya literasi. Pengembangan sistem digital yang terpadu serta pelatihan bagi sumber daya manusia menjadi strategi penting untuk mendukung transformasi perpustakaan menuju pengelolaan yang modern dan efisien.
References
Arbi, Z. F., & Amrullah. (2024). Transformasi Sosial dalam Pendidikan Karakter di Era Digital : Peluang dan Tantangan. Social Studies in Education, 02(02), 191–206.
Budi, N. W. S. (2022). Implementasi Penggunaan Digital Library Di Sma Negeri Bali Mandara. Media Sains Informasi Dan Perpustakaan, 2(2), 69–74.
Dinata, F. R., & Novianti, D. (2024). Manajemen Pembinaan Karakter Siswa di SMP Negeri 2 Bumi Agung. Islamic Management : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 23–30.
F.N, A. A. S., & Zatadini, G. I. (2025). Pendampingan Literasi Digital Pada Generasi Milenial Sebagai Penguatan Moderasi Beragama. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi Dan Perubahan, 5(1). https://doi.org/10.59818/jpm.v5i1.1010
Fatmawati, E. (2021). Layanan Perpustakaan Sekolah: Panduan bagi Pemula. Deepublish.
Fransiska, A. (2022). Penataan Koleksi Bahan Pustaka Di Perpustakaan Politeknik Negeri Sriwijaya Sebagai Upaya Mempermudah Menemukan Kembali Buku Yang Diperlukan Oleh Pemustaka. Jurnal Multidisipliner Bharasumba, 2(03), 218–229. https://doi.org/10.62668/bharasumba.v2i03.735
Hamurdani, Patimah, & Lathifah, Z. K. (2024). Pengembangan Manajemen Perpustakaan Sebagai Pusat Pembelajaran Komprehensif di Lingkungan SDN Bendungan 01. Jurnal Pengabdan Kepada Masyarakat, 1, 1–13. https://doi.org/10.30997/ejpm.v5i1.10357
Harahap, A. P. P., & Hidayatullah, F. (2025). Implementasi Pengelolaan Perpustakaan Khusus Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Daerah (BKPSDMD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Jurnal Hukum, Sosial, Dan Humaniora, 3(1), 259–271.
Irwantho, R., Akil, N., & Bas, A. M. (2025). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Kewirusahaan, 2(2), 42–50.
Maulidiyah, A., & Roesminingsih, E. (2020). Layanan dan Fasilitas Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 8(4), 389–400.
Muttaqin, K., Sakdiya, B., Almaida, D. R., Febrianti, D. E., Zahroh, M., Widiarti, M., & Amalia, R. (2023). Implementasi sistem klasifikasi dewey decimal classification (DDC) di perpustakaan Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 4(2), 488–498. https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i2.20679
Nisak, Q., Hariyati, N., Nursalim, M., & Khamidi, A. (2025). Peran Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Literasi dan Numerasi Siswa. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(01).
Nurhayati, E. S., & Mayesti, N. (2023). Tinjauan Literatur Sistematis Terhadap Penerapan Sistem Klasifikasi Khusus Di Perpustakaan. Jurnal Ilmu Informasi, Perpustakaan, Dan Kearsipan, 25(1). https://doi.org/10.7454/jipk.v25i2.1093
Nurjanah, Abdussalam, A., Muhtadin, D. A., & Suryana. (2025). Inovasi pragmatis dalam penerapan kurikulum pendidikan modern pada kurikulum merdeka. Addabani: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 2(2), 83–99.
Parasian, N. A. (2024). Peran Tajuk Kendali Menjaga Konsistensi Hasil Analisis Subjek dalam Katalogisasi Perpustakaan. Majalah Biola Pustaka, 3(1), 5–8.
Pikindu, F., Pawan, E., & Soepriyanto, B. (2023). Implementasi Sistem Digital Library. Jurnal Ilmiah Sistem Informasi (JISI), 2(1), 9–14.
Regita. (2024). Analisis Manajemen Sarana dan Prasarana Perpustakaan di MAS At-Taqwa DDI Jampue. Institut Agama Islam Negeri Pare Pare.
Retista Tammamy, Hanumatul Hasuna Soraya, Lucky Salama, Febiana Ainul Ilmi, & Rofiq Hidayat. (2023). Manajemen Layanan Perpustakaan di MAN 2 Banyuwangi. GEMILANG: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 4(1), 250–261. https://doi.org/10.56910/gemilang.v4i1.1036
Rohmah, N. R., & Ristianah, N. (2024). Strategi Pengelolaan Perpustakaan dalam Meningkatkan Minat Baca Pengguna. INTIZAM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2).
Sa’diyah, F., AR, M. M., & Armadi, A. (2024). Kontribusi Program Literasi Sekolah pada Proses Pembiasaan untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Kelas IV di SDN Aengdake I. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(04), 251–272.
Sopwandin, I. (2021). Manajemen Perpustakaan Perguruan Tinggi (Guepedia (ed.)). Guepedia Group.
Sudirman, S., Utami, F. R., & Putri, N. E. (2023). Dinamika Layanan Perpustakaan di Era Digitalisasi. Jurnal Pallangga Praja (JPP), 5(2), 1
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Elmi Muljanah, Salma Eka Zeniarda, Najwa Dihan Ramada Balqis, Nur Ardiana Fariza, Hanyra Masitha Firstanda, Rahma Dwi Nur Aini, M. Maulana Finanta, Rezki Nurma Fitria

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.