Peran Tenaga Pendidik dalam Implementasi Program Sekolah Ramah Anak di SMP Negeri 33 Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.47134/ptk.v1i3.458Keywords:
Tenaga Pendidik, Program Ramah Anak, PendidikanAbstract
Penelitian ini mengkaji peran tenaga pendidik dalam implementasi program sekolah ramah anak di SMP Negeri 33 Surabaya. Tujuan utama adalah untuk mengeksplorasi strategi yang diterapkan oleh guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang aman, inklusif, dan mendukung perkembangan holistik peserta didik. Dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif, penelitian ini mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa tenaga pendidik di SMP Negeri 33 Surabaya memainkan peran penting dalam (1) mengintegrasikan metode Kompetensi Sosial Emosional (KSE) ke dalam kurikulum dan kegiatan ekstrakurikuler, (2) melibatkan peserta didik dalam pengambilan keputusan terkait program sekolah, dan (3) mengembangkan karakter peserta didik berdasarkan nilai-nilai Pancasila. Selain itu, guru juga berperan dalam mengidentifikasi dan mengatasi hambatan dalam penerapan program sekolah ramah anak, seperti memastikan lingkungan sekolah yang kondusif, mengidentifikasi dan menangani kasus kekerasan, serta menemukan dan mendukung kebutuhan khusus peserta didik. Penelitian ini juga mengeksplorasi strategi penerapan sukses program sekolah ramah anak di SMP Negeri 33 Surabaya, yang meliputi pelatihan dan pengembangan profesional tenaga pendidik, monitoring dan evaluasi program, serta evaluasi efektivitas program. Temuan penelitian ini memberikan wawasan berharga tentang peran krusial tenaga pendidik dalam menciptakan lingkungan belajar yang ramah anak dan mendukung perkembangan peserta didik secara menyeluruh.
References
Adinda, A., Afrida, Y., & Braferi, L. (2024). Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Mengatasi Tindakan School Bullying Sebagai Upaya Mewujudkan Sekolah Ramah Anak di SMA S Xaverius Bukittinggi. Al Yazidiy : Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 6(1), 1–18.
Awliya, W., Alifiyah, N., & Nudin, B. (2023). Efektivitas Penerapan Program Sekolah Ramah Anak Dalam Upaya Meningkatkan Pendidikan Karakter Di Smp Negeri 4 Pakem Yogyakarta. At-Thullab : Jurnal Mahasiswa Studi Islam, 5(1), 1281–1291. https://doi.org/10.20885/tullab.vol5.iss1.art6 DOI: https://doi.org/10.20885/tullab.vol5.iss1.art6
Banamtuan, E. F. (2019). Evaluasi Program Sekolah Ramah Anak (Sra) Berbasis Nilai di Sd Inpres Liliba Kota Kupang Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4.
Dea, O. S. (2023). Implementasi Program Sekolah Ramah Anak Dalam Membentuk Moral Peserta Didik di Sdn Baru Ranji Kabupaten Lampung Selatan.
Dianti, Y. (2017). Implementasi Sekolah Ramah Anak (Sra) Pada Sekolah Percontohan di Sd Pekunden 01 Kota Semarang Sebagai Upaya Untuk Mendukung Program Kota Layak Anak (KLA). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24.
Fahmi, A. (2021a). Implementasi Program Sekolah Ramah Anak Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Visionary: Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 6(1), 33. https://doi.org/10.33394/vis.v6i1.4086
Fahmi, A. (2021b). Jurnal Visionary (VIS) Prodi AP April 2021 UNDIKMA 2021 Implementasi Program Sekolah Ramah Anak Dalam Proses Pembelajaran Agus Fahmi FIPP UNDIKMA Email: [email protected] Jurnal Visionary (VIS) Volume 6 Nomor 1 Prodi AP April 2021 UNDIKMA 20. Jurnal Visionary (VIS), 6(April), 33–41. DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v6i1.4086
Filadelvia Hurai Ibo, Y., & Lorensius, L. (2023). Implementasi Kebijakan Sekolah Ramah Anak di Sekolah Dasar Katolik Kota Samarinda. Gaudium Vestrum: Jurnal Kateketik Pastoral, 7(1), 12–25. https://doi.org/10.61831/gvjkp.v7i1.156 DOI: https://doi.org/10.61831/gvjkp.v7i1.156
Mubarokah, L., Azizah, U. N., Riyanti, A., Nugroho, B. N., & Sandy, T. A. (2021). Pentingnya Inovasi Pendidik untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(9), 1349–1358. https://doi.org/10.47387/jira.v2i9.224 DOI: https://doi.org/10.47387/jira.v2i9.224
Nofitasari, N., Liftiah, L., & Mulawarman, M. (2023). Kurikulum Merdeka di Sekolah Ramah Anak berbasis Islam dan Bilingual. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5895–5906. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5261 DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5261
Purbonuswanto, W., Hadi, S., & Dwi Hartati, C. (2023). Implementasi Sekolah Ramah Anak (SRA) dalam rangka pemenuhan hak-hak anak pada SMP N 3 Ungaran Kabupaten Semarang Jawa Tengah. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).
Putri, D. K., & Supriyanto. (2021). Implementasi Kebijakan Sekolah Ramah Anak dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik pada Jenjang Pendidikan Dasar. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 09(02), 489–501.
Sari, M. W., Adhani, D. N., & Karim, M. B. (2021). Peran Guru dalam Penerapan Sekolah Ramah Anak di TK YKK 1 Bangkalan. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 8(1), 8–14. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v8i1.9088 DOI: https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v8i1.9088
Wahyuningsih, Y. (2017). Pelaksanaan Program Sekolah Ramah Anak di SD Muhammadiyah Jogodayoh Kecamatan Bambanglipuro Kabupaten Bantul. Jurnal Hanata Widya, 6(3), 54–60.
Yuyun, Zarkasih, & Sarpriati, A. (2022). Implementasi Program Sekolah Ramah Anak di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 6. DOI: https://doi.org/10.21067/jbpd.v6i1.6122
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Helena Adinda Desty, Elmi Muljanah, Windasari Windasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.