Majemen Tenaga Pendidik dan Kependidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan terhadap Kualitas Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 13 Surabaya

Authors

DOI:

https://doi.org/10.47134/ptk.v1i3.514

Keywords:

Manajemen Tenaga Pendidik, Mutu Pendidikan, Hasil Belajar Peserta Didik

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada Manajemen Tenaga Pendidik dan Kependidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Terhadap Kualitas Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 13 Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: a. pengelolaan manajemen tenaga pendidik dan kependidikan sesuai dengan planning, organizing, actuating, controlling; b. pemanfaatan teknologi informasi pada tenaga pendidik dalam konteks meningkatkan hasil belajar siswa; c. faktor pendukung dan penghambat manajemen pendidik dan tenaga kependidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan terhadap kualitas hasil belajar peserta didik SMA Negeri 13 Surabaya; d. strategi manajemen pendidik dan tenaga kependidikan yang efektif dan efisien dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Negeri 13 Surabaya. Pengelolaan pendidik dan tenaga kependidikan adalah kegiatan yang harus dilaksanakan oleh pendidik dan tenaga kependidikan masuk ke dalam organisasi pendidikan. Akhirnya, berhenti melalui proses pendidikan dan latihan pengembangan serta pemberhentian. Tujuan manajemen pendidik dan tenaga kependidikan adalah mengelola dan mengatur kinerja pendidik yang akan mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Selain itu, landasannya adalah standar nasional pendidikan. Dalam Peraturan Pemerintah 57/2021 pasal 20 disebutkan bahwa standar pendidik adalah kriteria minimal kompetensi dan kualifikasi yang dimiliki pendidik untuk melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai teladan, perancang pembelajaran, fasilitator, dan motivator peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, yang melibatkan penguraian data yang telah dikumpulkan. Yang dapat dimasukkan dalam penelitian ini adalah catatan kepala sekolah dan guru. teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain dokumentasi, observasi, dan survei.

References

Adhitama, Y. H., & Syafitri, E. D. (2020). Implementasi manajemen strategis dalam meningkatkan kualitas layanan di madrasah aliyah negeri 1 bengkulu tengah. Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam, 8(1), 31-47.

Agnihotri, M. A. (2019). Conflict management and resolution in context of educational institutes. Strategic Approaches for Conflict Resolution in Organizations: Emerging Research and Opportunities, 88–105. https://doi.org/10.4018/978-1-7998-1726-0.ch005 DOI: https://doi.org/10.4018/978-1-7998-1726-0.ch005

Awaluddin, F., Charty, F. A. N., Salsabila, R., & Firmansyah, M. (2021). Peran pengembangan dan pemanfaatan teknologi pendidikan dan pembelajaran dalam meningkatkan kualitas mengajar. Jurnal PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi), 2(2), 48–59. DOI: https://doi.org/10.36232/jurnalpetisi.v2i2.1241

Cantelar, N. C. (2020). Educational model for academic management in Pedro Kouri Institute of Tropical Medicine. Revista Habanera de Ciencias Medicas, 19(3).

Carvalho, M. (2020). How the Lack of Knowledge Management Policies affects Employees Behavior on Educational Institutions: A Study about Petitions in a Brazilian Federal Institute. ACM International Conference Proceeding Series, 334–338. https://doi.org/10.1145/3434780.3436580 DOI: https://doi.org/10.1145/3434780.3436580

Dakhi, Y. (2016). Implementasi POAC terhadap kegiatan organisasi dalam mencapai tujuan tertentu. Jurnal Warta, 53(9), 1679–1699. https://media.neliti.com/media/publications/290701-implementasi-poac-terhadap-kegiatan-orga-bdca8ea0.pdf

Kalra, J. (2022). The Waste Paper Management in Educational Institutes and Improvement in Quality of Handmade Papers: A Step Towards Environmental Conservation. International Journal of Social Ecology and Sustainable Development, 13(1). https://doi.org/10.4018/IJSESD.295968 DOI: https://doi.org/10.4018/IJSESD.295968

Kaur, D. (2023). Master Data Management Maturity Evaluation: A Case Study in Educational Institute. Smart Innovation, Systems and Technologies, 311, 211–220. https://doi.org/10.1007/978-981-19-3571-8_22 DOI: https://doi.org/10.1007/978-981-19-3571-8_22

Liu, J. (2021). Design and Application of Science and Technology Project Management Information System for Educational Institutes. Mobile Information Systems, 2021. https://doi.org/10.1155/2021/2074495 DOI: https://doi.org/10.1155/2021/2074495

Mastuti, E. (2016). Pemanfaatan teknologi dalam menyusun evaluasi hasil belajar: Kelebihan dan kelemahan "tes online" untuk mengukur hasil belajar siswa. Jurnal Penelitian Psikologi. Fakultas Psikologi Universitas Airlangga.

Mohammadi, M. (2022). Modeling the Dynamics of Knowledge Management in Educational Institutes: A System Dynamics Approach. Education and Self Development, 17(2), 86–104. https://doi.org/10.26907/esd.17.2.09 DOI: https://doi.org/10.26907/esd.17.2.09

Naz, F. (2021). Knowledge management based human capital development improves higher educational institutes’ performance. International Journal of Knowledge-Based Development, 12(2), 118–140. https://doi.org/10.1504/IJKBD.2021.121715 DOI: https://doi.org/10.1504/IJKBD.2021.121715

Nurlindah, M., & Khalifah Mustami, M. (2020). Manajemen pendidik dan tenaga kependidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 40–51. https://doi.org/10.24252/IDAARAH.V4I1.13893 DOI: https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i1.13893

Rabeiy, R. (2023). A Cross-Sectional Study of Knowledge, Practice, and Management of Solid Waste Segregation in Higher Educational Institutes: A Case Study in KSA. Sustainability (Switzerland), 15(6). https://doi.org/10.3390/su15065516 DOI: https://doi.org/10.3390/su15065516

Warisno, A. (2022). Konsep mutu pembelajaran dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Attractive: Innovative Education Journal, 4(1), 310–322.

Zhu, C. (2021). The talents training reform in educational management of applied institute based on internet and information technology. ACM International Conference Proceeding Series, 1015–1019. https://doi.org/10.1145/3482632.3483073 DOI: https://doi.org/10.1145/3482632.3483073

Downloads

Published

2024-05-31

How to Cite

Waruwu, A. L., Nurfadila, N., & Windasari, W. (2024). Majemen Tenaga Pendidik dan Kependidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan terhadap Kualitas Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 13 Surabaya. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(3), 9. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i3.514

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>