Pemanfaatan Media Wordwall untuk Meningkatkan Antusiasme dan Hasil Belajar Peserta Didik Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura di SMKN 1 Purwosari

Authors

  • Firyaliza Alya Yafiina Universitas Wijaya Kusuma
  • Sunaryo Universitas Wijaya Kusuma
  • Firda Rachmawati Universitas Wijaya Kusuma

DOI:

https://doi.org/10.47134/ptk.v2i3.1602

Keywords:

Motivasi Belajar, Media Wordwall, Inovasi Teknologi

Abstract

Rendahnya hasil belajar peserta didik kerap kali berakar pada penggunaan metode pembelajaran yang monoton dan minim melibatkan peran aktif peserta didik. Fenomena ini menjadi tantangan pembelajaran yang perlu segera diatasi. Penelitian ini bertujuan memantik motivasi sekaligus capaian belajar peserta didik kelas XI Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH) di SMKN 1 Purwosari melalui pemanfaatan media interaktif Wordwall. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dan didahului satu pra-siklus, dengan tiap siklus memuat perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data didapat berdasarkan tes hasil belajar dan observasi aktivitas peserta didik di kelas. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam capaian akademik. Rata-rata nilai peserta didik nenngkat dari 54,54% pada pra-siklus, menjadi 75,45% pada siklus pertama, dan meningkat hingga 96,36% pada siklus kedua. Begitu pula dengan antusiasme dan partisipasi aktif peserta didik juga menunjukkan peningkatan yang nyata. Tak hanya capaian akademis yang meningkat, tetapi antusiasme dan partisipasi peserta didik pun meningkat. Peserta didik tampak lebih bersemangat, aktif menjawab kuis, serta memperlihatkan pemahaman konseptual yang lebih mendalam. Sehingga penggunaan media Wordwall efektif dalam menciptakan suasana kelas yang lebih dinamis, menyenangkan, dan sejalan dengan karakteristik pembelajaran di era digital.

References

Afifah, N., Kurniaman, O., & Noviana, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(1), 33–42. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i1.24

Aisyah, S., Ramadani, A. F., & Wulandari, A. E. (2025). Pemanfaatan Teknologi Digital sebagai Media Pembelajaran Interaktif untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Sadewa: Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran Dan Ilmu Sosial, 3, 388–401.

Damayanti, E., Santosa, A. B., Zuhrie, M. S., & Rusimamto, P. W. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 9(3), 639–645. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/36321

Fitriyah, N., Putri, M., & Darmansyah, A. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas 3 SDN Carenang I. Seminar Nasional Pendidikan, 2(1), 59–62. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/325/308

Indartiwi, A., Wulandari, J., & Novela, T. (2020). Peran Media Interaktif Dalam Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0. KoPEN: Konfrensi Pendidikan Nasional, 2(1), 28–31.

Junaidi. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 3(1), 12.

Jusuf, H. (2020). Penggunaan Gamifikasi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal TICOM, 5(1), 1–6. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/92772-ID-penggunaan-gamifikasi-dalam-proses-pembe.pdf

Kasyi, R. A. A. (2024). Analysis of The Use of The Wordwall Application In. Learning: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(4), 961–971.

Maria Magdalena. (2018). Kesenjangan Pendekatan Model Pembelajaran Conventional Dengan Model Pembelajaran Contextual Terhadap Hasil Belajar Pancasila di Program Studi Teknika Akademi Maritim Indonesia. Jurnal Warta, (2), 3–6.

Munawir, M., Rofiqoh, A., & Khairani, I. (2024). Peran Media Interaktif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran SKI di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal AL-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, 9(1), 63–71. http://dx.doi.org/10.36722/sh.v9i1.2828

Nur’aini, N., Tamrin, H., & Masykuri, A. (2024). Inovasi Metode Pembelajaran Berbasis Teknologi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Journal of Islamic Educational Development, 1(1), 64–73.

Nurkholisha, R., Nurmalia, L., & Hayun, M. (2024). Penerapan Media Wordwall dalam Pembelajaran IPAS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 4A MIS Al-Hidayah. Semnasfip, 306–314.

NURMELATI, M. (2023). Penerapan Gamifikasi Menggunakan Aplikasi Wordwall Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Bisnis Sepeda Motor Di SMKN 1 Purwasari. EDUTECH: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 2(4), 339–345. https://doi.org/10.51878/edutech.v2i4.1844

Oktaviani, R., & Nurhamidah, D. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Nearpod pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 7(2), 717–726. https://doi.org/10.26811/didaktika.v7i2.1121

Puspita Sari, A. S., Amalia, A. R., & Sutisnawati, A. (2022). Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Rainbow Board di Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3251–3265. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1687

Ramadhani, D. A., & Muhroji, M. (2022). Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4855–4861. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2960

Ratnasari, D., Dhiya, H. R., Susanti, A., Pd, S., & Pd, M. B. I. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Wordwall Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris yang Menyenangkan. Seminar Nasional Hasil Pelaksanaan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan, 1243–1250.

Suhaemi, A., Asih, E. T., & Handayani, F. (2020). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Belajar IPS SD. Jurnal Holistika, 4(1), 36. https://doi.org/10.24853/holistika.4.1.36-45

Sulindra, D., Munaldus, & Rustam. (2024). Pengaruh Pembelajaran Menyenangkan Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Kelas VII SMP Negeri 3 Pontianak. Tsaqofah: Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 4(5), 3693–3701.

Susanti, S., Aminah, F., Assa’idah, I. M., Aulia, M. W., & Angelika, T. (2024). Dampak Negatif Metode Pengajaran Monoton terhadap Motivasi Belajar Siswa. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan Dan Riset, 2(2), 86–93.

Titova, L., & Kryvoruchko, I. (2024). Cloud Services as A Means Of Gamification In The Training of. Information Technologies in Education, 2(56). https://doi.org/10.14308/ite000783

Wilda Agnesia Panjaitan, Ester Julinda Simarmata, Regina Sipayung, P. J. S. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1350–1357.

Yogi Fernando, Popi Andriani, & Hidayani Syam. (2024). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. ALFIHRIS: Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(3), 61–68. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.843

Downloads

Published

2025-05-16

How to Cite

Firyaliza Alya Yafiina, Sunaryo, & Firda Rachmawati. (2025). Pemanfaatan Media Wordwall untuk Meningkatkan Antusiasme dan Hasil Belajar Peserta Didik Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura di SMKN 1 Purwosari . Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 2(3), 14. https://doi.org/10.47134/ptk.v2i3.1602

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.