Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Pembelajaran Matematika di Kelas 2 Tabligh SD Muhammadiyah Pakel
DOI:
https://doi.org/10.47134/ptk.v1i3.348Keywords:
Hasil Belajar Peserta Didik, Pembelajaran Matematika, Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan mengimplementasikan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran Matematika di kelas 2 tabligh SD Muhammadiyah Pakel. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas sebagaimana penelitian ini akan dioperasionalkan pada dua siklus. Di tiap-tiap siklusnya, tersusun atas tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian dari penelitian ini ialah peserta didik kelas 2 tabligh SD Muhammadiyah Pakel yang berjumlah 27 peserta didik terdiri dari 14 peserta didik laki-laki dan 13 peserta didik perempuan. Pengumpulan data dari penelitian ini dilakukan melalui tes, berikut dengan dokumentasi. Berikutnya, data dianalisis secara kuantitatif. Adapun standar keberhasilan dari penelitian ini ialah minimum 75% peserta didik mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 78. Proses meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan mengimplemenasikan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran Matematika di kelas 2 tabligh SD Muhammadiyah Pakel melewati sejumlah fase mulai dari melakukan orientasi masalah, membagi peserta didik dalam kelompok, membimbing investigasi dari kelompok, berikut dengan memamerkan hasil karya, serta evaluasinya. Pada riset ini sudah tervalidasi bahwasannya model pembelajaran PBL pada mapel Matematika bisa meningkatkan hasil belajar peserta didik peserta didik kelas 2 tabligh SD Muhammadiyah Pakel. Hal tersebut bisa diperhatikan dari meningkatnya hasil tes yang diberikan oleh peneliti. Pada tahap pra siklus terdapat 44,4% tuntas dengan rerata kelas 72,2 kemudian pada siklus I meningkat persentase peserta didik tuntas meningkat 7,5% menjadi 51,9% dengan rerata kelas 76,3 dan pada siklus II meningkat 25,9% menjadi 77,8% peserta
References
Amin, S. (2020). The Effect of Problem-Based Hybrid Learning (PBHL) Models on Spatial Thinking Ability and Geography Learning Outcomes. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(19), 83–94. https://doi.org/10.3991/ijet.v15i19.15729 DOI: https://doi.org/10.3991/ijet.v15i19.15729
Cheah, C. S. (2020). Factors contributing to the difficulties in teaching and learning of computer programming: A literature review. Contemporary Educational Technology, 12(2), 1–14. https://doi.org/10.30935/cedtech/8247 DOI: https://doi.org/10.30935/cedtech/8247
Chen, Y. (2021). Machine learning-based model predictive control for collaborative production planning problem with unknown information. Electronics (Switzerland), 10(15). https://doi.org/10.3390/electronics10151818 DOI: https://doi.org/10.3390/electronics10151818
Darwati, I. M., & Purana, I. M. (2021). Problem Based Learning (PBL) : Suatu Model Pembelajaran Untuk Mengembangkan Cara Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Kajian Pendidikan, 12(1), 61-69. DOI: https://doi.org/10.46650/wa.12.1.1056.61-69
Ezra, O. (2021). Equity factors during the COVID-19 pandemic: Difficulties in emergency remote teaching (ert) through online learning. Education and Information Technologies, 26(6), 7657–7681. https://doi.org/10.1007/s10639-021-10632-x DOI: https://doi.org/10.1007/s10639-021-10632-x
Fatmawati, Syafweny, E., Susilawaty, & Rahmi, H. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Sd Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 47-60. DOI: https://doi.org/10.51517/nd.v5i2.183
Hamzah. (2022). Effectiveness of Blended Learning Model Based on Problem-Based Learning in Islamic Studies Course. International Journal of Instruction, 15(2), 775–792. https://doi.org/10.29333/iji.2022.15242a DOI: https://doi.org/10.29333/iji.2022.15242a
Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif; Teori Jean Piaget. Intelektualita, 3(1), 27-38.
Maliasih, Hartono, & Nurani. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Melalui Metode Teams Games Tournaments dengan Strategi Peta Konsep Pada Siswa SMA. Jurnal Profesi Keguruan, 3(2), 222-226.
Meng, F. (2022). Emerging methodologies in stability and optimization problems of learning-based nonlinear model predictive control: A survey. International Journal of Circuit Theory and Applications, 50(11), 4146–4170. https://doi.org/10.1002/cta.3370 DOI: https://doi.org/10.1002/cta.3370
Miner-Romanoff, K. (2019). A Holistic and Multifaceted Model for Ill-Structured Experiential Problem-Based Learning: Enhancing Student Critical Thinking and Communication Skills. Journal of Problem Based Learning in Higher Education, 7(1), 70–96. https://doi.org/10.5278/ojs.jpblhe.v7i1.3341
Murni. (2017). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pairshare Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sosial, Sains, dan Humaniora(3(2)), 273-288.
Muslimah, U. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Model Problem. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1), 444-450. DOI: https://doi.org/10.20961/jkc.v9i1.53869
Nurlaily, V. A. (2019). Elementary school teacher’s obstacles in the implementation of problem-based learning model in mathematics learning. Journal on Mathematics Education, 10(2), 229–238. https://doi.org/10.22342/jme.10.2.5386.229-238 DOI: https://doi.org/10.22342/jme.10.2.5386.229-238
Oleson, A. (2020). Computing Students’ Learning Difficulties in HCI Education. Conference on Human Factors in Computing Systems - Proceedings. https://doi.org/10.1145/3313831.3376149 DOI: https://doi.org/10.1145/3313831.3376149
Pratiwi, M. N. (2019). Mathematical module design to improve creative thinking skills based on problem-based learning. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(10), 3380–3384.
Rahayu, R., & Ismawati, R. (2019). Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Pencemaran Lingkungan Sebagai Upaya Melatih Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Siswa SMK. Indonesian Journal of Natural Science Education, 2(2), 221-226. DOI: https://doi.org/10.31002/nse.v2i2.706
Rahmadi. (2019). Metode Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Lanatida journal, 7(1), 75-86. DOI: https://doi.org/10.22373/lj.v7i1.4440
Rahmah, N. (2018). Hakikat Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam, 1(2), 1-10. DOI: https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88
Raygan, A. (2022). Factors influencing technology integration in an EFL context: investigating EFL teachers’ attitudes, TPACK level, and educational climate. Computer Assisted Language Learning, 35(8), 1789–1810. https://doi.org/10.1080/09588221.2020.1839106 DOI: https://doi.org/10.1080/09588221.2020.1839106
Sister, D. (2020). Analysis of students’ difficulties in mathematical creative thinking on problem-based learning model. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(3), 3842–3845.
Wang, Y. (2024). Influencing Factors and Realization Strategies of Teachers’ Professional Development in Higher Vocational Colleges and Universities Based on the Background of Deep Learning. Applied Mathematics and Nonlinear Sciences, 9(1). https://doi.org/10.2478/amns.2023.2.01160 DOI: https://doi.org/10.2478/amns.2023.2.01160
Wiriaatmadja, R. (2019). Metode Penelitian Tindakan Kelas (Edisi Revisi). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Zhang, S. (2022). Influencing Factors of Distance Learning Students’ Support Services in a Smart Education Environment. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 17(9), 83–95. https://doi.org/10.3991/ijet.v17i09.30921 DOI: https://doi.org/10.3991/ijet.v17i09.30921
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Andhini Permatasari, Hanum Hanifa Sukma, Rudi Hartanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.