Upaya Peningkatan Hasil Belajar Materi Pertanian Perkotaan (Urban Farming) melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Peserta Didik Kelas X ATPH 3 SMKN 1 Gondang Kabupaten Nganjuk Provinsi Jawa Timur
DOI:
https://doi.org/10.47134/ptk.v2i3.1583Keywords:
Hasil Belajar, Pertanian Perkotaan, PBL, PTK, VokasiAbstract
Pendidikan vokasi di era modern membutuhkan keterampilan berpikir kritis dalam menyikapi fenomena atau masalah yang timbul di lingkungan sekitar peserta didik. Pada elemen fase E kelas X Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH) terdapat elemen yang membahas mengenai isu-isu pertanian, yaitu elemen Perkembangan Teknologi dan Isu Global Agribisnis, yang di dalamnya terdapat materi tentang pertanian perkotaan. Materi ini penting untuk disampaikan oleh guru agar dapat dikuasai oleh peserta didik di tengah zaman yang semakin berubah pesat. Oleh karena itu, pendidikan menengah vokasi pertanian perlu kritis dan menyesuaikan di dalamnya. Tujuan dari penelitian ini, yaitu penerapan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) pada materi pertanian perkotaan untuk meningkatkan hasil belajar baik pada komponen kognitif, afektif, maupun psikomotorik peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) sebanyak 3 siklus, yaitu pra siklus (dengan model pembelajaran discovery learning), siklus 1 (dengan model pembelajaran PBL), dan siklus 2 (dengan model pembelajaran PBL), yang pada setiap siklusnya peneliti akan mengambil data melalui asesmen kognitif, afektif, dan psikomotorik. Hasil yang didapatkan, yaitu model pembelajaran PBL mampu meningkatkan jumlah peserta didik yang melampaui nilai KKM sebesar 53% dari total peserta didik dalam satu kelas, mampu meningkatkan rata-rata kelas sebesar 12%, dan meningkatkan motivasi belajar peserta didik yang tercermin dari adanya peningkatan jumlah peserta didik yang aktif terlibat dalam komponen afektif dan psikomotorik yang diukur. Kesimpulan dari PTK ini, yaitu model pembelajaran PBL mampu meningkatkan hasil belajar dan motovasi belajar peserta didik.
References
Armansyah, A., Giyarsih, S. R., Fathurohman, A., Soetrisno, A. L., Zaelany, A. A., Setiawan, B., Saputra, D., Haqi, M., & Lamijo, L. (2024). Urban Farming sebagai Alternatif Mewujudkan Pembangunan Kota Berkelanjutan di Indonesia. Jurnal Kawistara, 14(1), 38. https://doi.org/10.22146/kawistara.84324
Ella, S., & Krismiyati. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Informatika di SMK Negeri 2 Salatiga. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(19), 755–761. https://doi.org/10.5281/zenodo.8418140
Hariyono, Vera Septi Andrini, Renny Threesje Tumober, Lalu Suhirman, F. S. (2024). Perkembangan Peserta Didik (Teori dan Implementasi Perkembangan Peserta Didik pada Era Digital) (Efitra (ed.)). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Hidayat, M., Ikhsanudin, M., & Ridha, A. R. (2025). Penerapan Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM ) dalam Kurikulum Merdeka : Tantangan dan Solusi di Madrasah.
Jati, B. L., Rahayu, P., & Istanabi, T. (2022). Proses Urbanisasi Pada Koridor Purwokerto-Purbalingga. Desa-Kota, 4(1), 103. https://doi.org/10.20961/desa-kota.v4i1.53274.103-115
Jayahartwan, M., & Sudirman, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Profesi Keguruan, 1(2), 102. https://doi.org/10.59562/progresif.v1i2.29334
Jeli Novitasari, Jamaluddin, & Nurmila. (2023). Efektifitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 4 Gowa. COMPASS: Journal of Education and Counselling, 1(3), 77–83. https://doi.org/10.58738/compass.v1i3.456
Name, P., Count, W., Count, C., Count, P., Size, F., Date, S., & Date, R. (2023). 32 Efektivitas Penerapan Model Pembela jaran Berbasis Masalah Peningkatan Has il Belajar Pengolahan Ha 2761 Words 9 % Overall Similarity Excluded from Similarity Report.
Polat, Ö., & Aydın, E. (2020). The effect of mind mapping on young children’s critical thinking skills. Thinking Skills and Creativity, 38. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100743
Rachmawati, N. Y., & Rosy, B. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Kelas X OTKP di SMK Negeri 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 246–259. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p246-259
Ramadani, S. D. (2024). Efektivitas Problem-Based Learning ( PBL ) dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis : Sebuah Studi Komparatif The Effectiveness of Problem-Based Learning ( PBL ) in Enhancing Learning Outcomes and Critical Thinking Skills : A Comp. 3(1), 65–80.
Sahempa, S., Togas, P. V., & Palilingan, V. R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Komputer Dan Jaringan Dasar Siswa Kelas X Tkj Smk Muhammadiyah Naha. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.53682/edutik.v1i1.922
Sari, F. K. N. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Kurikula : Jurnal Pendidikan, 7(1), 20–24. https://doi.org/10.56997/kurikula.v7i1.706
Siagian, E., & Ifan Iskandar. (2020). Hots-Oriented Learning Language Learning, Project-Based in the 21St Century Learning Context. Ijlecr - International Journal of Language Education and Culture Review, 6(1), 9–19. https://doi.org/10.21009/ijlecr.061.02
Somayana, W. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Metode PAKEM. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(03), 283–294. https://doi.org/10.59141/japendi.v1i03.33
Song, H., Thisse, J. F., & Zhu, X. (2012). Urbanization and/or rural industrialization in China. Regional Science and Urban Economics, 42(1–2), 126–134. https://doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2011.08.003
Tasrif, E., Huda, Y., Rianda, P., & Putra, P. A. (2023). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMK. Journal of Research and Investigation in Education, 53–57. https://doi.org/10.37034/residu.v1i2.146
Utami, T. S., Santi, D., & Suparman, A. R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas Xi Smk Negeri 02 Manokwari (Studi Pada Materi Pokok Konsep Laju Reaksi). Arfak Chem: Chemistry Education Journal, 1(1), 21–26. https://doi.org/10.30862/accej.v1i1.45
Wibowo, H. (2012). Pengantar Teori-Teori Belajar dan Model-Model Pembelajaran (I. Wandhi (ed.)). Puri Cipta Media.
Widiyaningrum, P., Lisdiana, L., & Setiati, N. (2021). Pemberdayaan Warga Perumahan Bukit Sukorejo Gunungpati Semarang Melalui Pertanian Vertikultur di Pekarangan Rumah. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(3), 504–511. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v12i3.6743
Yusnita Fitrianna, A., Siliwangi, I., Terusan Jenderal Sudirman, J., & Barat, J. (2022). Meningkatkan motivasi belajar kelas XI di smk dengan menggunakan model problem based learning. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(5), 1359–1368. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i5.1359-1368
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Qiurita Fortuna, Marmi, Achmadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.