Pengembangan Profesional Pendidik dan Tenaga Kependidikan di MI An-Nur
DOI:
https://doi.org/10.47134/ptk.v1i3.490Keywords:
Pendidik, Tenaga Kependidikan, ProfesionalAbstract
Pengembangan profesionalisme Pendidik dan Tenaga Kependidikan telah menjadi fokus awal dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Berbagai strategi telah dikembangkan untuk mewujudkan profesionalisme di kalangan pendidik dan tenaga kependidikan. Dalam beberapa aspek, profesionalisme pendidikan kita mengabaikan sistem dan lebih menonjol secara personal. Oleh karena itu, diperlukan adanya pendekatan yang lebih sistemis dan kreatif untuk mengintegrasikan setiap fenomena baru yang berkaitan dengan pendidikan. Dengan demikian, profesionalisme pendidikan dapat diimbangi dengan kemampuan kreatif untuk mengadaptasi dan mengintegrasikan berbagai fenomena baru di dunia global.
References
A’yun, Q. (2019). Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dalam Mempengaruhi Motivasi Guru di Lembaga Pendidikan Islam Bani Hasyim. Jurnal Pendidikan Islam.
Abdallah, A. K. (2021). Effects of teacher licensing on educators’ professionalism: UAE case in local perception. Heliyon, 7(11). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e08348 DOI: https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e08348
Akbar Rafsanjani, A. F. (2022). Pengembangan Profesionalisme Tenaga Kependidikan dalam Mewujudkan Kualitas Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam.
Ananda, M. R. (2018). Profesi Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPI).
Bennett, C. A. (2022). Considering mathematics educators’ perceptions of professionalism in rural contexts. Teacher Development, 26(2), 279–298. https://doi.org/10.1080/13664530.2022.2049858 DOI: https://doi.org/10.1080/13664530.2022.2049858
Geiger, T. J. (2020). Social circulation and a tremendous individual: Opportunity in science, professionalism, and progressive era educator lula pace. College English, 83(1), 66–89. DOI: https://doi.org/10.58680/ce202030930
Göransson, K. (2019). Professionalism, governance and inclusive education–A total population study of Swedish special needs educators. International Journal of Inclusive Education, 23(6), 559–574. https://doi.org/10.1080/13603116.2018.1441339 DOI: https://doi.org/10.1080/13603116.2018.1441339
Holdsworth, P. (2020). Being a reflective teacher educator: Professionalism or pipe dream? Being a Teacher Educator: Research-Informed Methods for Improving Practice, 10–26. DOI: https://doi.org/10.4324/9781003055457-2
Kastono. (2021). Implementasi Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjung Pura Pontianak. Jurnal Ilmu Administrasi Publik. DOI: https://doi.org/10.26418/publika.v10i2.2833
Liraz, R. (2023). Undermined professionalism: Strategic impression management among early childhood educators. Teaching and Teacher Education, 127. https://doi.org/10.1016/j.tate.2023.104089 DOI: https://doi.org/10.1016/j.tate.2023.104089
Mustofa. (2007). Upaya Pengembangan Profesionalisme Guru di Indonesia. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 80.
Pareek, B. (2022). Factors influencing professionalism among nurse educators: A qualitative study. Journal of Education and Health Promotion, 11(1), 292. https://doi.org/10.4103/jehp.jehp_187_22 DOI: https://doi.org/10.4103/jehp.jehp_187_22
Sepriyanti, N. (2012). Guru Profesional Adalah Kunci Mewujudkan Pendidikan Berkualitas. Jurnal Al-Ta'lim. DOI: https://doi.org/10.15548/jt.v19i1.8
Sutela, K. (2021). Moving encounters: Embodied pedagogical interaction in music and dance educators’ expanding professionalism. Expanding Professionalism in Music and Higher Music Education: A Changing Game, 89–101. https://doi.org/10.4324/9781003108337-8 DOI: https://doi.org/10.4324/9781003108337-8
Syaifullah. (2018). Analisis Pengembangan Profesionalisme Pendidik dan Tenaga Kependidikan di SMA Negeri 2 Wera Kabupaten Bima. Edu Sociata Jurnal Pendidikan Sosiologi. DOI: https://doi.org/10.33627/es.v1i2.19
Thomas, L. M. (2020). Professionalism for early childhood educators. Understanding Early Childhood Education and Care in Australia: Practices and Perspectives, 294–311. https://doi.org/10.4324/9781003118329-18
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sa’diyatul Munawwaroh, Rizma Amelia Az-Zahra, Windasari Windasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.