Implementasi Sistem Evaluasi Kinerja untuk Meningkatkan Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan di SMPN 40 Surabaya

Authors

DOI:

https://doi.org/10.47134/ptk.v1i2.339

Keywords:

Tenaga Pendidik, Evaluasi, Kinerja

Abstract

Tujuan dari manajemen tenaga pendidik dan kependidikan secara garis besar ialah: (1) Organisasi mendapatkan tenaga kerja yang cakap, bisa dipercaya, serta memiliki motivasi yang tinggi (2) Meningkatkan dan memperbaiki kemampuan yang dimiliki oleh setiap karyawan (3) Mengembangkan sistem kerja dengan kinerja tinggi yang meliputi prosedur perekrutan serta seleksi yang ketat, sistem kompensasi dan insentif yang disesuaikan dengan kinerja dan kebutuhan organisasi. (4) Menciptakan lingkungan kerja yang tentram, damai dan harmonis. Metode penelitian yang digunakan ialah kuantitatif Dimana hasil yang diperoleh Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan data diperoleh dari wawancara terkait. Evaluasi kinerja mengukur sejauh mana organisasi mencapai tujuan, visi, dan misinya. Keberhasilahan suatu sekolah tidak dilihat dari peran tenaga pendidik (guru) melainkan peran dari tenaga kependidikan juga). SMPN  40 Surabaya mengatakan terdapat cara mengidentifikasi dalam system evaluasi kinerja mereka yaitu dengan cara: Menggunakan rapot Pendidikan, Evaluasi kinerja pada SMPN 40 Surabaya berpatokan dengan RHK (rencana hasil kerja) dan juga pada PMM (platform merdeka mengajar) serta Rapot pendidikan yang dirilis setiap tahun sekali.

References

Alhusaini, A. (2021). Relationship Between Teacher’s and Therapist’s Evaluations on Handwriting Performance in First-grade Children. Iranian Rehabilitation Journal, 19(2), 147–155. https://doi.org/10.32598/IRJ.19.2.1236.1 DOI: https://doi.org/10.32598/irj.19.2.1236.1

Aravena-Gaete, M. (2021). Evaluation of teacher performance: A look from the certification agencies. Profesorado, 25(1), 297–317. https://doi.org/10.30827/profesorado.v25i1.8302 DOI: https://doi.org/10.30827/profesorado.v25i1.8302

Aronovich, M. A. (2019). Teacher performance evaluation: A review of best foreign practices. Psychological Science and Education, 24(1), 5–30. https://doi.org/10.17759/pse.2019240101 DOI: https://doi.org/10.17759/pse.2019240101

Cohen-Azaria, Y. (2022). Kindergarten teachers’ evaluation: perceptions of the new Israeli multiple domains performance tool. Quality Assurance in Education, 30(2), 184–198. https://doi.org/10.1108/QAE-04-2021-0059 DOI: https://doi.org/10.1108/QAE-04-2021-0059

Dwi, Y., Program, H., Lingkungan, S. T., Teknik, F., Universitas, A., & Mukti Bandung, W. (n.d.). Manfaat Pemantauan & Pengukuran Kinerja K3 Dalam Kegiatan Pekerjaan Benefits of Monitoring & Measuring OHS Performance in Work Activities (Vol. 2, Issue 1).

Dwi, Yukeu, Hasyti Program, Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik, Arsitektur Universitas, and Winaya Mukti Bandung. n.d. Manfaat Pemantauan & Pengukuran Kinerja K3 Dalam Kegiatan Pekerjaan Benefits of Monitoring & Measuring OHS Performance in Work Activities. Vol. 2.

Guo, Y. (2019). Effect of Core Self-Evaluations on Research Performance among Chinese University Teachers. Current Psychology, 38(5), 1253–1257. https://doi.org/10.1007/s12144-017-9685-6 DOI: https://doi.org/10.1007/s12144-017-9685-6

Ika, R., Program, S., Manajemen, S., Tinggi, S., Kesuma, I. E., Blitar, N., Masrtip, J., 59 Blitar, N., & Timur, J. (n.d.). Analisis Pengukuran Kinerja Tenaga Kependidikan di Sekolah Tinggi.

Ika, Rony, Setiawan Program, Studi Manajemen, Sekolah Tinggi, Ilmu Ekonomi Kesuma, Negara Blitar, Jl Masrtip, No 59 Blitar, and Jawa Timur. n.d. Analisis Pengukuran Kinerja Tenaga Kependidikan Di Sekolah Tinggi.

Jardilino, J. R. L. (2021). Teacher Performance Evaluation: to blame, punish or develop professionally? Ensaio, 29(111), 318–337. https://doi.org/10.1590/S0104-40362021002902701 DOI: https://doi.org/10.1590/s0104-40362021002902701

Mathur, G. (2021). Teacher evaluation of institutional performance: Managing cultural knowledge infrastructure in knowledge organisations. International Journal of Knowledge Management, 17(4), 93–108. https://doi.org/10.4018/IJKM.2021100105 DOI: https://doi.org/10.4018/IJKM.2021100105

Obreque, A. (2019). Evaluation of teacher performance in chile: Perception of poorly evaluated teachers. Cadernos de Pesquisa, 49(172), 144–163. https://doi.org/10.1590/198053145792 DOI: https://doi.org/10.1590/198053145792

Pallas, A. M. (2023). The Rhetoric of Teacher Evaluation: New York City Teachers’ Responses to Performance Labels. Educational Policy, 37(3), 769–799. https://doi.org/10.1177/08959048211049432 DOI: https://doi.org/10.1177/08959048211049432

Pendidikan dan Kewirausahaan, J., Rachmawati, I., Widayani, A., & Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar, A. (n.d.). Sistem Penilaian Kinerja Tenaga Pendidik dalam Bidang Pembelajaran Dengan 360 Degree Feedback (Studi Kasus Pada Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar).

Pendidikan dan Kewirausahaan, Jurnal, Ika Rachmawati, Anna Widayani, and Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar. n.d. “Sistem Penilaian Kinerja Tenaga Pendidik Dalam Bidang Pembelajaran Dengan 360 Degree Feedback (Studi Kasus Pada Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar).”

Prieto, J. (2023). Major increases in teachers’ performance evaluations: Evidence from student evaluation of teaching surveys. Tuning Journal for Higher Education, 10(2), 105–125. https://doi.org/10.18543/tjhe.2299 DOI: https://doi.org/10.18543/tjhe.2299

Rodrigo, P. B. (2021). Teacher’s performance evaluation at a Mexican public university. Revista de La Educacion Superior, 50(200), 25–46. https://doi.org/10.36857/resu.2021.200.1888

Rodriguez, L. A. (2020). Sorting Through Performance Evaluations: The Influence of Performance Evaluation Reform on Teacher Attrition and Mobility. American Educational Research Journal, 57(6), 2339–2377. https://doi.org/10.3102/0002831220910989 DOI: https://doi.org/10.3102/0002831220910989

Utomo, D. P., & Purba, B. (2021). Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Tenaga Kependidikan (TENDIK) Dengan Menggunakan Metode SMARTER. Jurnal Komtika (Komputasi Dan Informatika), 5(2), 140–152. https://doi.org/10.31603/komtika.v5i2.5619 DOI: https://doi.org/10.31603/komtika.v5i2.5619

Utomo, Dito Putro, and Bister Purba. 2021. “Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Tenaga Kependidikan (TENDIK) Dengan Menggunakan Metode SMARTER.” Jurnal Komtika (Komputasi Dan Informatika) 5(2):140–52. doi: 10.31603/komtika.v5i2.5619. DOI: https://doi.org/10.31603/komtika.v5i2.5619

Wijaya Candra, H. R. R. T. (n.d.). Buku Manajemen Sumber Daya Pendidik dan Tenaga Kependidikan.pdf.

Wijaya Candra, Hidayat Rahmat, Rafida Tien. n.d. Buku Manajemen Sumber Daya Pendidik Dan Tenaga Kependidikan.Pdf.

Zohriah, A., Muín, A., Sultan Maulana Hasanuddin Banten, U., Kinerja, E., & Pendidik, T. (2024). Evaluasi Kinerja Tenaga Pendidik Kata kunci (Vol. 7, Issue 2). http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3446

Zohriah, Anis, Abdul Muín, Uin Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Evaluasi Kinerja, and Tenaga Pendidik. 2024. Evaluasi Kinerja Tenaga Pendidik Kata Kunci. Vol. 7. DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3446

Downloads

Published

2024-02-27

How to Cite

Windasari, W., Krisnawati, E. P., & Handayanti, E. K. (2024). Implementasi Sistem Evaluasi Kinerja untuk Meningkatkan Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan di SMPN 40 Surabaya. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(2), 6. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i2.339

Issue

Section

Articles