Strategi Manajemen Konflik dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMPN 28 Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.47134/ptk.v1i3.441Keywords:
Strategi Manajemen Konflik, Kinerja Guru, Komunikasi TerbukaAbstract
Strategi manajemen konflik dalam meningkatkan kinerja guru di SMPN 28 Surabaya merupakan penelitian yang bertujuan untuk menyelidiki efektivitas strategi manajemen konflik dalam meningkatkan kinerja guru di SMPN 28 Surabaya. Penelitian ini mengkaji bagaimana pendekatan manajemen konflik dapat berkontribusi pada lingkungan sekolah yang lebih harmonis dan produktif, yang mengarah pada peningkatan kinerja guru dan hasil belajar siswa secara keseluruhan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, objek sasaran penelitian ini adalah waka humas SMPN 28 Surabaya. Pengumpulan data ini menggunakan hasil observasi dan wawancara, kemudian hasil data dianalisis dan diolah sehingga menghasilkan penjelasan secara deskriptif mengenai strategi manajemen konflik yang diperoleh melalui wawancara dan observasi waka humas SMPN 28 Surabaya. Hasil observasi yang dilakukan di SMPN 28 Surabaya menunjukkan bahwa pendekatan dalam menangani konflik di SMPN 28 Surabaya sudah terkondisikan dengan baik, melalui komunikasi terbuka sehingga kinerja guru tidak terganggu dan efektivifitas pembelajaran tetap terjaga. Pendekatan yang dilakukan oleh waka humas SMPN 28 Surabaya dalam menangani konflik telah terbukti efektif, terutama melalui komunikasi terbuka yang memungkinkan para guru untuk bekerja dengan baik tanpa terganggu oleh konflik. Dengan demikian, strategi manajemen konflik yang diterapkan di SMPN 28 Surabaya dapat dijadikan contoh bagi sekolah lain dalam mengatasi konflik secara efektif dan efisien.
References
Abdullah, E., Dewi, N., & Suriyadi, R. (2024). Manajemen konflik dalam meningkatkan kinerja guru di UPT SMA Negeri 1 Wajo. 4, 6045–6054.
Abdullah, E., Dewi, N., & Suriyadi, R. (2024). Manajemen Konflik dalam Meningkatkan Kinerja Guru di UPT SMA Negeri 1 Wajo. 4, 6045–6054.
Abra, N. A. (2023). Strategi kepala madrasah dalam pengelolaan konflik siswa di MAS Jeumala Amal Pidie Jaya. 12, 136–152.
Ajeng Puspitasari Santosa, Ujang Cepi Barlian, & Fikry Ramadhan, I. S. (2023). Manajemen konflik dalam meningkatkan kinerja guru di SMP Itikurih Hibarna Ciparay. AL-AFKAR: Journal of Islamic Studies, 6, 84-94.
Alhammadi, A. (2022). Conflict Resolution Strategy in Handover Management for 4G and 5G Networks. Computers, Materials and Continua, 72(3), 5215–5232. https://doi.org/10.32604/cmc.2022.024713 DOI: https://doi.org/10.32604/cmc.2022.024713
Al-Muqdadi, S. W. H. (2019). Developing strategy for water conflict management and transformation at Euphrates-Tigris basin. Water (Switzerland), 11(10). https://doi.org/10.3390/w11102037 DOI: https://doi.org/10.3390/w11102037
Anwar, M. I. (2019). Administrasi pendidikan dan manajemen biaya pendidikan (2nd ed.). CV Alpabeta.
Budiyono, & Fathurrohman, M. (2017). Manajemen konflik di sekolah. Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah, 9(2), 121-133.
Fauzi, A. (2017). Manajemen konflik berbasis sekolah. Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 255-276.
Gebru, M. K. (2024). Examining the Inter-Governmental Authority on Development’s (IGAD) Non-Intervention Principle as a Conflict Management Strategy in the Horn of Africa. Negotiation and Conflict Management Research, 17(1), 41–71. https://doi.org/10.34891/hb2m-tf52
Gokoglan, E. (2021). The relationship between nurse managers’ personality traits and their conflict management strategy preferences. Journal of Nursing Management, 29(5), 1239–1245. https://doi.org/10.1111/jonm.13262 DOI: https://doi.org/10.1111/jonm.13262
Henrikson, A. K. (2022). The Trauma of Territorial Break-up: The Russia-Ukraine Conflict and Its International Management—Geopolitical Strategy and Diplomatic Therapy. Geopolitica(s), 13(1), 15–40. https://doi.org/10.5209/GEOP.81880 DOI: https://doi.org/10.5209/geop.81880
Iswantoro. (2021). Strategy and Management of Dispute Resolution, Land Conflicts at the Land Office of Sleman Regency. Journal of Human Rights, Culture and Legal System, 1(1), 1–18. https://doi.org/10.53955/jhcls.v1i1.3 DOI: https://doi.org/10.53955/jhcls.v1i1.3
Jumiyati, S. (2019). Strategy of agrarian-forestry crisis management: Participation, collaboration, and conflict. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 235(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/235/1/012041 DOI: https://doi.org/10.1088/1755-1315/235/1/012041
Merino, R. (2022). The hybridization of the pedagogical models of cooperative learning and adventure education as a didactic strategy for enhancing the coexistence and conflict management in class: A practical experience from the physical education and tutoring lessons. Retos, 43, 1037–1048. https://doi.org/10.47197/RETOS.V43I0.86289 DOI: https://doi.org/10.47197/retos.v43i0.86289
Mukhtar, & Mukhtar, A. (2019). Penyelesaian konflik di lembaga pendidikan Islam. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam, 9(2), 846-863.
Rahmani, T. A. (2022). Reconciling Conflict of Interest in the Management of Forest Restoration Ecosystem: A Strategy to Incorporate Different Interests of Stakeholders in the Utilization of the Harapan Rainforest, Jambi, Indonesia. Sustainability (Switzerland), 14(21). https://doi.org/10.3390/su142113924 DOI: https://doi.org/10.3390/su142113924
Supriyadi, D. (2018). Pengelolaan konflik berbasis nilai-nilai keislaman di lembaga pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 51-72. DOI: https://doi.org/10.32493/kahpi.v1i1.p1-13
Thielen, S. Van. (2019). Towards a conflict prevention strategy applicable for real-time railway traffic management. Journal of Rail Transport Planning and Management, 11. https://doi.org/10.1016/j.jrtpm.2019.07.001 DOI: https://doi.org/10.1016/j.jrtpm.2019.07.001
Toruan, T. S. L. (2023). Conflict Management and Strategy Management at the State Borders of Indonesia. International Journal of Membrane Science and Technology, 10(3), 319–328. https://doi.org/10.15379/ijmst.v10i3.1537 DOI: https://doi.org/10.15379/ijmst.v10i3.1537
Wahyudi, A. (2016). Mediasi konflik di sekolah menengah pertama. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 1(2), 151-168.
Wartini, S. (2016). Strategi manajemen konflik sebagai upaya meningkatkan kinerja teamwork tenaga kependidikan. Jurnal Manajemen dan Organisasi, 6, 64. DOI: https://doi.org/10.29244/jmo.v6i1.12194
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Devita Fitryana Susanto, Wikacellne Dwianansya, Syunu Trihantoyo, Syunu Trihantoyo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.