Peningkatan Hasil Belajar Komprehensif melalui Pendekatan Kontekstual pada Materi Pembiakan Generatif Tanaman di SMK

Authors

  • Kukuh Khumairo' Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Dwi Haryanta Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Fatimah Zahro SMK Negeri 1 Purwosari

DOI:

https://doi.org/10.47134/ptk.v2i3.1563

Keywords:

Pembelajaran Kontekstual, Problem Based Learning, Hasil Belajar Komprehensif, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Pembelajaran di sekolah kejuruan pertanian perlu pendekatan pembelajaran yang kontekstual agar peserta didik lebih aktif sehingga mampu mencapai hasil belajar yang optimal. Observasi dan sesi tanya jawab di kelas menunjukkan bahwa peserta didik lebih antusias dan termotivasi belajar saat materi dapat diterapkan secara nyata dan terlibat secara langsung. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan meningkatkan hasil belajar komprehensif (kognitif, afektif, dan psikomotorik) pada materi pembiakan generatif tanaman melalui pendekatan kontekstual. Subjek penelitian meliputi 36 peserta didik kelas X jurusan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH) di SMK Negeri 1 Purwosari. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus (siklus I dan II) menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan pra siklus sebagai tahap observasi awal. Data diperoleh melalui tes tertulis untuk menilai kognitif dan observasi untuk afektif dan psikomotorik. Hasil penelitian menunjukkan ketuntasan hasil belajar kognitif meningkat dari 25,00% (pra siklus) menjadi 88,89% (siklus II) serta aspek afektif dengan kenaikan 86,11% (pra siklus) menjadi 100% (siklus II). Nilai observasi aspek psikomotorik menunjukkan bahwa 100% peserta didik tuntas dengan capaian di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu ≥80 pada setiap siklus. Hasil ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan kontekstual terbukti lebih efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah kejuruan, khususnya untuk materi yang memerlukan aplikasi teknis.

References

Andi, S., E. Winaryati, dan D. Wulandari. 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar dan Keaktifan Diskusi Peserta Didik Kelas X. Journal of Lesson Study and Teacher Education (JLSTE). 3(10): 37–47.

Aprina, E. A., E. Fatmawati, dan A. Suhardi. 2024. Penerapan Model Problem Based Learning untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Muatan IPA Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan. 13(1): 981–990.

Ardianti, R., E. Sujarwanto, dan E. Surahman. 2021. Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana. DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics. 3(1): 27–35.

Aulya, N. R., D. S. Rini, A. Wulan, A. Utami, F. Pusparini, dan R. K. Asharo. 2024. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Kegiatan School Gardening Berbasis Proyek Kokedama. Jurnal SOLMA. 13(3): 2404–2414. https://doi.org/10.22236/SOLMA.V13I3.16086.

Chaeroh, M., St. Y. Slamet, dan S. B. Kurniawan. 2020. Application of Contextual Teaching and Learning Models Based on Creative Thinking in Elementary Schools. Advances in Social Science, Education, and Humanities Research. 534: 100–105.

Fasha, A. N., N. Hidayah, dan F. Wahyuni. 2024. Pendekatan Komunikasi Adaptif melalui Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Kompetensi Konselor dalam Public Speaking. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha. 15(3): 337–347. https://doi.org/10.23887/jibk.v15i3.89031.

Irwanto. 2023. Studi Deskripsi Peranan Bengkel dan Laboratorium di Pendidikan Vokasional. Vocational Education National Seminar (VENS). 2(1): 34–39.

Jas, J., S. S. Achmad, dan R. R. Alvi. 2020. Pengembangan Model Pembelajaran Role Playing dalam Meningkatkan Perilaku Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Patologi Sosial. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment. 4(2): 148–159. https://doi.org/10.15294/jnece.v4i2.43318.

Kristianty, D. dan S. Sulastri, S. 2021. Pengaruh Metode Ceramah dan Dialog terhadap Motivasi Belajar. Jurnal MADINASIKA. 3(1): 21–30.

Putra, R. A., W. S. Siregar, dan Gusmaneli. 2024. Model Pembelajaran Adaptif: untuk Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran di Era Digital. Jurnal Inspirasi Pendidikan (ALFIHRIS). 2(3): 1–9. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.832.

Ramatni, A., F. Anjely, D. Cahyono, S. Rambe, dan M. Shobri. 2023. Proses Pembelajaran dan Asesmen yang Efektif. Journal on Education. 5(4): 15729–15743.

Rojaki, M., B. Yuliana, dan R. Waluyo, R. 2024. Peran Guru Kejuruan Bidang Pertanian dalam Mempersiapkan Generasi Emas. Jurnal Pendidikan Sultan Agung. 4(3): 200–212. https://doi.org/10.30659/JP-SA.V4I3.40272.

Sarnoto, A. Z., S. T. Rhmawati, A. Ulimaz, D. Mahendika, dan S. Prastawa. 2023. Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Student Center Learning terhadap Hasil Belajar: Studi Literature Review. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan. 11(2): 615–628. https://doi.org/10.47668/pkwu.v11i2.828.

Sarwari, K. dan A. F. Kakar. 2023. Developing Students’ Critical Thinking Skills through Contextual Teaching and Learning. Journal of Cognition, Emotion & Education. 1(1): 29–42. https://doi.org/10.22034/cee.2023.172192.

Setiyawati, N., R. G. P. Panjaitan, dan Wartiningsih. 2023. Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Discovery Learning pada Submateri Perkembangbiakan Tumbuhan. Bioscientist: Jurnal Ilmiah Biologi. 11(2): 1282–1291. https://doi.org/10.33394/BIOSCIENTIST.V11I2.9038.

Sirampun, E., Hermin, P. Pattipeilohy, dan Saripuddin. 2024. Model Pembelajaran: Teori, Praktik, dan Inovasi. Medan: PT. Media Penerbit Indonesia.

Sulatri, V. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian. 8(2): 165–178.

Supit, D., Melianti, E. M. M. Lasut, dan N. J. Tumbel. 2023. Gaya Belajar Visual, Auditori, Kinestetik terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal on Education. 5(3): 6994–7003. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1487.

Suwartono, T. 2024. Penelitian Tindakan Kelas: Antara Teori dan Praktik. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia. 4(1): 15–32. https://doi.org/10.14421/NJPI.2024.V4I1-2.

Wandy, H., M. Rais, dan Nurmila. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Alat dan Mesin Pertanian Peserta Didik Kelas X ATP SMKN 6 Takalar. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian. 6(1): 125–130. https://doi.org/10.26858/JPTP.V6I1.9746.

Wicaksana, D. C. 2021. Penerapan Metode Inkuiri dalam Membangun Keaktifan Siswa Kelas X SMA pada Pembelajaran Online. KAIROS: Jurnal Ilmiah. 1(2): 78–100.

Wisnuwijanarko. 2018. Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Generatif pada Materi Budidaya dan Wirausaha Tanaman Hias. Jurnal PTK dan Pendidikan. 4(2): 117–129. https://doi.org/10.18592/PTK.V4I2.2263.

Downloads

Published

2025-05-05

How to Cite

Khumairo’, K., Haryanta, D., & Zahro, F. (2025). Peningkatan Hasil Belajar Komprehensif melalui Pendekatan Kontekstual pada Materi Pembiakan Generatif Tanaman di SMK. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 2(3), 14. https://doi.org/10.47134/ptk.v2i3.1563

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.