Implementasi Manajemen dan Digitalisasi Perpustakaan di SMP Negeri 51 Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.47134/ptk.v2i4.1674Keywords:
Manajemen Perpustakaan, Perpustakaan DigitalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi manajemen perpustakaan berbasis digital dalam upaya meningkatkan minat baca siswa di salah satu SMP Negeri di Surabaya. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi manajemen perpustakaan digital dilakukan melalui perencanaan koleksi dan sistem digital, pengorganisasian aplikasi perpustakaan, penerapan layanan digital, serta monitoring dan evaluasi pemanfaatan perpustakaan. Transformasi tersebut berdampak positif terhadap akses dan minat baca siswa, meskipun masih terdapat kendala seperti keterbatasan fasilitas dan literasi digital. Penelitian ini merekomendasikan perlunya penguatan infrastruktur dan pelatihan bagi pengelola dan siswa untuk mendukung optimalisasi perpustakaan digital di lingkungan sekolah
References
Adzhana, H. A., Rukmana, E. N., & Rohman, A. S. (2022). Pengolahan Bahan Pustaka pada Perpustakaan Irreplaceable Books. ABDI PUSTAKA: Jurnal Perpustakaan Dan Kearsipan, 2(1), 13–22. https://doi.org/10.24821/jap.v2i1.6355
Asmar, B. I. (2003). International Journal of Learning, Teaching And Educational Research, 22(12), 1103–1106.
Astuti, F. W. (2020). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Di Smp Negeri 1 Dan Smp Negeri 2 Ngemplak Sleman Yogyakarta. Paper Knowledge. Toward a Media History of Documents, 160.
Dafit, F., & Ramadan, Z. H. (2020). Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1429–1437.
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Surabaya. (2024). Program Literasi Perpustakaan Kota Surabaya.
Dwi Aryani, W., & Purnomo, H. (2023). Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Dalam Meningkatkan Budaya Membaca Siswa Sekolah Dasar. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 5(2), 71–82. https://doi.org/10.30599/jemari.v5i2.2682
Fauziah, S. N., Faziah, S. N., Nupus, F. S., Ulfi, N., & Sapitri. (2020). Evaluasi Minat Baca Siswa Melalui Program Literasi Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 108–116. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Gorman, M., & Winkler, P. (1988). Anglo-American Cataloguing Rules (2nd ed.). Chicago: American Library Association.
Harahap, M. H., Faisal, Hasibuan, N. I., Nugrahaningsih, R., & Azis, A. C. K. (2017). Pengembangan Program Literasi Sekolah Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Dasar Tingkat Sekolah Menengah Pertama Negeri Di Kota Medan. Jurnal Pembangunan Perkotaan, 5(2), 115–128. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/49063
Khafifati, A., & Hadiapurwa, A. (2023). Strategi Pengembangan Koleksi Peprustakaan Smp Negeri 45 Bandung. BIBLIOTIKA: Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 7(1), 97. https://doi.org/10.17977/um008v7i12023p97-103
Kurniawaty, R., Nuraeni, N., Lestari, Y., Mulyadi, R. R., Septian, A. Y., & Adita, S. G. (2022). Pedoman Kebijakan Pengorganisasian Koleksi Perpustakaan: Pengolahan Bahan Pustaka (Sumber Informasi Tercetak). UPT Perpustakaan, UIN Mataram.
Kusumaningrum, D. E., Gunawan, 1., Sumarsono, R., & Triwiyanto, T. (2019). Pendampingan Pengelolaan Perpustakaan untuk Mendukung Gerakan Literasi Sekolah. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 2(3), 164–169.
Neprianti, I., & Hariyati, N. (2021). Penerapan Perpustakaan Digital Dalam Upaya Meningkatkan Kepuasan Pengguna Perpustakaan di Era Revolusi 4.0. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(3), 590–603.
Nurhalizah, S., Dea, R., Rosita, A., Mazidah, I. Al, Arsy, D., & Kirana, A. (2025). Implementasi Manajemen dan Digitalisasi Perpustakaan di SDN Rungkut Menanggal I Surabaya. 4, 1–14.
Nurseptaji, A., Arey, Andini, F., & Ramdhani, Y. (2021). Implementasi Metode Waterfall Pada Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan. Jurnal Dialektika Informatika (Detika), 1(2), 49–57. https://doi.org/10.24176/detika.v1i2.6101
Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. (2024). Katalog OPAC Perpusnas. Diakses dari https://opac.perpusnas.go.id
Rahayungsih, F. (2007). Pengelolaan Perpustakaan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Rules, C. (1998). Anglo-American Cataloguing Rules.
Saputro, H., Baturaja, U., & Yani, J. A. (2021). Jurnal Informatika dan Komputer (JIK), 12(2), 83.
Senayan Developer Community. (2024). SLiMS (Senayan Library Management System) Documentation.
Subrata, G. (2009). Klasifikasi bahan pustaka. Universitas Negeri Malang.
Sulistyo-Basuki. (1991). Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sutarno, N. S. (2006). Manajemen Perpustakaan Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Susinta, A., & Senjaya, R. (2022). Manajemen Perpustakaan Digital Di Era Global Pada Perpustakaan Kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri. UNILIB: Jurnal Perpustakaan, 13(2), 56–66. https://doi.org/10.20885/unilib.vol13.iss2.art1
Ummah, M. S. (2019). Peluang dan Tantangan Pendidikan di Era Industri 4.0 dan Society 5.0. In Sustainability (Switzerland), 11(1).
Vitriana, N. (2024). Transformasi perpustakaan di era digital native. Librarium: Library and Information Science Journal, 1(1), 59–69. https://doi.org/10.53088/librarium.v1i1.693
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sulhana Mariffa, Rizma Amelia Az-zahra, Wiladia Nur Hidayah, Firstza Rayhan Haris S, Rahmah Kusuma Wardani, Ayu Lelis Waruwu, Zulfa Kamalia, Rezki Nurma Fitria

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.