Perbandingan Prestasi Antara Mahasiswa Fisika dengan Mahasiswa Pendidikan Fisika
DOI:
https://doi.org/10.47134/ptk.v1i2.195Keywords:
Comparison, Students, Physics, Achievement, T-testAbstract
Pendidkan adalah hal penting karena bisa meningkatkan kualitas pada sumber daya manusia. Proses menempuh pendidikan yang cukup dikenal ada dua, yaitu proses dalam kegiatan kulikuler dan proses dalam kegiatan ekstrakulikuler. Kedua proses tersebut mampu membuat sumber daya manusia lebih meningkat dan memudahkan kita dalam mengenali potensi minat dan bakat yang ada dalam diri kita. Penelitian yang sedang dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan antara perolehan prestasi pada mahasiswa fisika dan mahasiswa pendidikan fisika di Departemen Fisika Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dimana datanya akan dianalisis menggunkan Uji Independent T-test. Sempel sasaran adalah perolehan data mahasiswa tahun 2020, 2022, dan 2023. Dengan jumlah data yang diperoleh 49 mahasiswa pendidikan fisika dan 36 mahasiswa fisika Uji T yang digunakan adalah independent t-test untuk membuktikan data yang digunakan yaitu normal dan homogen. Hasil dari penelitian ini adalah H0 diterima dan Ha ditolak artinya tidak perbedaan prestasi yang diperoleh pada data tahun 2020, 2022, dan 2023 antara mahasiswa fisika dengan mahasiswa pendidika fisika.
References
Azizah, S. N., Muslim, M., Akhsan, H., & Ariska, M. (2021). Pemahaman Konsep Awal Mahasiswa Pendidikan Fisika Terhadap Materi Benda-Benda Langit dalam Perkuliahan Astrofisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 405-413. DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v5i3.3523
Asyhari, A., Yuberti, & Anjani, A. V. (2022). Pengaruh Prestasi Akademik dan Perbedaan Gender Terhadap Kemampuan Scientific Reasoning Mahasiswa Fisika. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia , 862-874. DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v10i4.26266
Aziz, A. F. (2021). Perbndingan Minat Belajar IPA Fisika Siswa Pada Dua Kelas Di Pondok Pesantren. Jurnal Kependidikan .
Azizah, R. S. (2022). Representation of Nature of Science (NoS) in Indonesian Physics Textbooks: A case of heat and temperature concepts. Research in Phyiscs Education, 45-56. DOI: https://doi.org/10.31980/ripe.v1i1.2109
Dewi, W. S., & Afrizon, R. (2018). Analisis Kondisi Awal Perkuliahan Mahasiswa Pendidikan Fisika Dalam Rangka Mengembangkan Bahan Ajar Statistika Pendidikan Fisika Menggunakan Model Problem Solving. Jurnal Ekstra Pendidikan (JEP), 93-100. DOI: https://doi.org/10.24036/jep/vol2-iss1/140
Ekohariadi, & Rusimamto, P. W. (2017). Pengaruh Prestasi Nonakademik Terhadap Prestasi Akademik. Prosiding Semnas PPM 2017, 1-7.
Handayani, G. W. (2020). Profil tingkat penalaran ilmiah siswa Sekolah Menengah Atas pada materi ekosistem. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 176-186. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9411
Naswir, M. H. (2017). Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Materi Sifat Koligatif Larutan dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas XII IPA SMA Islam Al-Falah Kota Jambi. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry. DOI: https://doi.org/10.22437/jisic.v9i2.5113
Nisak, E. K., Nikmah , A., & Zulfa, S. I. (2018). Analisis Penguasaan Konsep pada Tekanan Hidrostatis dan Hukum Pascal Mahasiswa Pendidikan Fisika. Artikel Riset, 25-29.
Onibala , A. G., Saerang , I. L., & Dotulong, L. H. (2017). Analisis Perbandingan Prestasi Kerja Karyawan Tetap Dan Karyawan Tidak Tetap Di Kantor Sinode GMIM. Jurnal EMBA, 380-387.
Prasetyo, D. D., & Khasnah, D. (2023). Manajemen Kesiswaan dalam Upaya Meningkatkan. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 155-172.
Puspitasari, Y. I. (2021). Perbandingan Prestasi Belajar . Jurnal Ika : Ikatan Alumni , 155.
Sarwanto, & Fatmaryanti, S. D. (2015). Profil Kemampuan Representasi Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Purworejo. JPK, 20-22. DOI: https://doi.org/10.25273/jpfk.v1i1.8
Sucahyo , A. Y., & Muhammad, H. N. (2014). Perbandingan Prestasi Belajar Akademik Antara Mahasiswa Bidik misi Dan Mahasiswa Non Bidik Misi. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 266-268.
Sulur, Suyudi, A., & Taqwa, M. R. (2020). Analisis Miskonsepsi Topik Suhu dan Kalor Mahasiswa. Jurnal Riset dan Konseptual, 522-530.
Tuada, R. N., & Rahmadhani, A. (2022). Pandangan Mahasiswa Fisika Terhadap Nature Of Science (NOS). Jurnal Fisika dan Pembelajarannya (PHYDAGOGIC) , 67-71. DOI: https://doi.org/10.31605/phy.v5i1.2281
Utomo , F. L., & Tuasikal, A. R. (2015). Perbandingan MotivasiI Belajar Prestasi Belajar Akademik Dan Non-Akademik Antara Mahasiswa Jalur SNMPTN Undangan Dengan Jalur SPMB (Studi pada mahasiswa Prodi S-1 Penjaskesrek angkatan 2013 FIK UNESA). Jurnal Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya , 361-365.
Yusuf, M., & Silfiri, S. (2021). Analisis Hubungan Antara Motivasi Belajar Mahasiswa Dengan Pemahaman Konsep Pada Materi Osilator Sederhana Mahasiswa Jurusan Fisika. JRPF (Jurnal Riset Pendidikan Fisika), 1-6.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Puti Azka Salsabila, Wilda Eka Ibra Zihni, Bayu Setiaji

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.