Pengaruh Time Management terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Politeknik STIA LAN Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.47134/ptk.v1i3.431Keywords:
Time Management, Motivasi Belajar, MahasiswaAbstract
Fenomena yang terjadi di lingkungan saya, dimana berdasarkan pengamatan saya, saya mengamati bahwa teman – teman mahasiswa saya di Politeknik STIA LAN Jakarta memiliki time management yang kurang baik. Dimana banyak diantara mereka yang memilih untuk mengerjakan tugas ketika mendekati tenggat waktu pengumpulan tugas, selain itu banyak diantara mereka yang memilih untuk menghabiskan waktu dengan bermain daripada mengulang materi pembelajaran. Namun, mereka tetap bisa mengerjakan tugas sampai selesai dan mengumpulkannya tepat waktu, walaupun memiliki manajemen waktu yang terlihat kurang baik. Hal ini menjadi alasan penulis melakukan penelitian mengenai pengaruh time management terhadap motivasi belajar mahasiswa Politeknik STIA LAN Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitaif menggunakan SPSS vers 27, dari populasi seluruh mahasiswa MSDMA angkatan 2022 dengan sampel 30 orang mahasiswa. Hasil olah data menunjukkan nilai uji regresi sederhana. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh time management terhadap motivasi belajar mahasiswa msdma angkatan 2022.
References
Adams, R. V. (2019). Impact of Time Management Behaviors on Undergraduate Engineering Students’ Performance. SAGE Open, 9(1). https://doi.org/10.1177/2158244018824506 DOI: https://doi.org/10.1177/2158244018824506
Bugdol, M. (2022). Pro-environmental behaviours of management students in times of the COVID-19 pandemic. Management of Environmental Quality: An International Journal, 33(4), 829–846. https://doi.org/10.1108/MEQ-09-2021-0232 DOI: https://doi.org/10.1108/MEQ-09-2021-0232
Carcelén, S. (2019). Mobile phone use by university students in madrid: A management-based typology during times of learning. Communication and Society, 32(1), 199–211. https://doi.org/10.15581/003.32.1.199-211 DOI: https://doi.org/10.15581/003.32.1.199-211
Linda. (2017). Pengantar Rancangan Model Pelatihan Manajemen Waktu. Jurnal Psikologi Psibernetika.
Nakamnanu, Y. (2015). Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Surabaya: Kresna Bina Insan Prima.
Nurhalizah. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan Kelas XI Kompetensi Keahlian Akuntansi di SMK Negeri 1 Makassar.
Nurkumalasari. (2021). Pengaruh Time Management terhadap Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan.
Romero-Pérez, C. (2022). Scientific Narratives in the Study of Student Time Management: A Critical Review. International and Multidisciplinary Journal of Social Sciences, 11(2), 60–86. https://doi.org/10.17583/rimcis.10322 DOI: https://doi.org/10.17583/rimcis.10322
Saguni, Fatima. (2019). Pengaruh Metode Pengajaran terhadap Motivasi Belajar. Yogyakarta: Kanwa Publisher.
Soares, A. B. (2023). Time management: What do university students think about it? Revista de Estudios e Investigacion En Psicologia y Educacion, 10(1), 1–14. https://doi.org/10.17979/reipe.2023.10.1.9468 DOI: https://doi.org/10.17979/reipe.2023.10.1.9468
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.
Valle, A. (2019). Time spent and time management in homework in elementary school students: A person-centered approach. Psicothema, 31(4), 422–428. https://doi.org/10.7334/psicothema2019.191
Wilson, R. (2021). Improving students’ performance with time management skills. Journal of University Teaching and Learning Practice, 18(4). DOI: https://doi.org/10.53761/1.18.4.16
Wolters, C. A. (2021). College Students’ Time Management: a Self-Regulated Learning Perspective. Educational Psychology Review, 33(4), 1319–1351. https://doi.org/10.1007/s10648-020-09519-z DOI: https://doi.org/10.1007/s10648-020-09519-z
Yeo, J. L. (2020). Time Scheduling and Finance Management: University Student Survival Kit. 2020 IEEE Student Conference on Research and Development, SCOReD 2020, 16–21. https://doi.org/10.1109/SCOReD50371.2020.9250969 DOI: https://doi.org/10.1109/SCOReD50371.2020.9250969
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nisrina Azzahra Putri, Dian Indriyani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.