Upaya Peningkatan Hasil Belajar Perubahan Wujud Benda melalui Media Video pada Siswa Kelas III SD Negeri Serpong 02 Tahun 2021/2022

Authors

  • Wati Sukmawati Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Citra Bintang Maharani Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • ⁠Farah Miftahul Husnah Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Kartika Dwi Pertiwi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • ⁠Siti Syaira Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.741

Keywords:

Penelitian Tindakan Kelas, Hasil Belajar, Media Ajar IPA

Abstract

Tujuan dari penelitian tindakan kelas (PTK) yang dimulai pada Oktober 2021 adalah untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa. kelas III tentang perubahan wujud benda dengan menggunakan media video. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan alat tes dan non tes. Metode deskriptif untuk menganalisis data kualitatif dan kuantitatif. Dengan persentase ketuntasan ≤ 40, presentasi siswa yang lulus KKM selama prasiklus 13% masih dianggap kurang. Akibatnya, penelitian ini dilakukan oleh guru dengan melakukan proses pembelajaran dengan bantuan media pembelajaran selama dua siklus. Pada siklus pertama, persentase hasil belajar siswa yang melebihi KKM meningkat menjadi 48%, tetapi hasil tersebut tidak sesuai dengan indikator keberhasilan. Pada siklus kedua, persentase hasil belajar siswa yang melebihi KKM meningkat sebesar 83%. Hasil penelitian menyatakan bantuan media video dalam pembelajaran perubahan wujud benda mampu mengoptimalkan pencapaian belajar siswa.

References

Ahmad Susanto, Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar, (KENCANA PRENADA MEDIA GROUP, 2014)

Akbar, Sa’dun dkk, Implementasi Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar,(Bandung, PT. Remaja Rosdakarya) cet. 1

Arikunto ,Suharsimi dkk, Penelitian Tindakan Kelas, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2006)

Aisyah, W. N., Novianti, R., Sukmawati, W., & Fikriyah, A. N. (2023). Student Response Conceptual Change Text (CCT) As A Media for Learning Energy Concepts in Elementary School Students. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(1), 417–421. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i1.2187 DOI: https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i1.2187

Aliyyah, R. R., Amini, A., Subasman, I., Sri, E., Herawati, B., Guru, P., Dasar, S., Djuanda, U., Guru, P., Ibtidaiyah, M., Keislaman, F. I., Al-ihya, U. I., Guru, P., Dasar, S., Nahdlatul, U., Perkantoran, A., Ekonomi, F., Jakarta, U. N., & Muka, J. R. (2021). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN EFFORTS TOIMPROVE THE SCIENCE LEARNING RESULTS. 12(April), 54–72.

Apriliana, S. M., & Sukmawati, W. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Pada Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Di Kelas II SDN Lumpang 01. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(2), 329–335. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1504 DOI: https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1504

Fauziah, N., & Sukmawati, W. (2023). Stacking Analysis of Higher Thinking Skills of Class V Elementary School Students on the Material of Movement Organs Using the RADEC Model. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(1), 1–4. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i7.3926 DOI: https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i7.3926

Fikriyah, A. N., & Sukmawati, W. (2022a). Pengembangan Media Pembelajaran Learning Management System (LMS) Berbasis Moodle pada Materi Perubahan Energi. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(3), 799. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i3.869

Fikriyah, A. N., & Sukmawati, W. (2022b). Pengembangan Media Pembelajaran Learning Management System (LMS) Berbasis Moodle pada Materi Perubahan Energi. Jurnal Ideas, 8(1), 191–196. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i3.869 DOI: https://doi.org/10.32884/ideas.v8i3.869

Fitria, M. N., & Sukmawati, W. (2022). Analisis Perbedaan Hasil Belajar pada Pembelajaran Matematika Secara Daring dan Luring Siswa Kelas V SDN Tegal Alur 21 Petang. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(3), 833. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i3.853 DOI: https://doi.org/10.32884/ideas.v8i3.853

Ifdaniyah, N., & Sukmawati, W. (2024). Analysis of Changes in Students’ Science Literacy Ability in Class V Elementary School Science Learning Using the RADEC Model. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(2), 681–688. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i2.3952 DOI: https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i2.3952

Istiqomah, N., & Sukmawati, W. (2023). Stacking Analysis of the Mastery of Science Concepts in the RADEC Learning Model for Grade IV Elementary Students. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(10), 7993–8000. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i10.3999 DOI: https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i10.3999

Izzah, S. I. N., & Sukmawati, W. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran IPS. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(3), 765. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i3.852 DOI: https://doi.org/10.32884/ideas.v8i3.852

Kusnadi, N. F., & Sukmawati, W. (2023). Analysis of Changes in the Level of Difficulty of Elementary School Students in Learning the RADEC Model on the Concept of Energy Transformation Using the Rasch Model. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(SpecialIssue), 1121–1127. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9ispecialissue.4036 DOI: https://doi.org/10.29303/jppipa.v9iSpecialIssue.4036

Mulyanti, S., Sukmawati, W., & Tarkin, N. E. H. (2022). Development of items in Acid-Base Identification Experiments Using Natural Materials: Validity Test with Rasch Model Analysis. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 12(1), 17–30. https://doi.org/10.21580/phen.2022.12.1.10703 DOI: https://doi.org/10.21580/phen.2022.12.1.10703

Muthi’ah, N. M., & Sukmawati, W. (2023). Racking Analysis Instrument Mastery Test Concepts in Learning Science Using the RADEC Model in Elementary School Students. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(SpecialIssue), 1137–1143. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9ispecialissue.3976 DOI: https://doi.org/10.29303/jppipa.v9iSpecialIssue.3976

Novianti, R., Aisyah, W. N., & Sukmawati, W. (2023). Analysis of Student’s Answer Error on Understanding of Energy Concept in Conceptual Change Text (CCT)-Based Learning. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(2), 505–508. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i2.2049 DOI: https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i2.2049

Nurliana, N., & Sukmawati, W. (2023). Stacking Analysis on the Application of the RADEC Model to the Creativity of Fifth Grade Elementary School Students on Water Cycle Material. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(8), 5964–5970. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i8.3951 DOI: https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i8.3951

Ramadhani, I. N., & Sukmawati, W. (2022). Analisis Pemahaman Literasi Sains Berdasarkan Gender dengan Tes Diagnostik Three-Tier Multiple Choice. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(3), 781. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i3.860 DOI: https://doi.org/10.32884/ideas.v8i3.860

Sukmawati, W. (2020). Techniques adopted in teaching students organic chemistry course for several years. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(2), 247–256. https://doi.org/10.21831/jipi.v6i2.38094 DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v6i2.38094

Sukmawati, W. (2023). Dasar-Dasar IPA Untuk Calon Guru Sekolah Dasar.

Sukmawati, W., Kadarohman, A., Sumarna, O., & Sopandi, W. (2021). Analysis of reduction of COD ( Chemical Oxygen Demand ) levels in tofu waste using activated sludge method. 2(April), 339–345.

Sukmawati, W., Sari, P. M., & Yatri, I. (2022). Online Application of Science Practicum Video Based on Local Wisdom to Improve Student’s Science Literacy. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(4), 2238–2244. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i4.1940 DOI: https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i4.1940

Sukmawati, W., & Wahjusaputri, S. (2018). Penerapan Permainan Ular Tangga Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Anak Kelompok B Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 85 Legoso Ciputat Timur. Istiqra, 5(2), 231–244. https://doi.org/10.24239/ist.v5i2.260 DOI: https://doi.org/10.24239/ist.v5i2.260

Sukmawati, W., & Wahjusaputri, S. (2024). Integrating RADEC Model and AI to Enhance Science Literacy : Student Perspectives. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(6), 3080–3089. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i6.7557 DOI: https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i6.7557

Sukmawati, W., & Zulherman, Z. (2023). Analysis of Changes in Students ’ Scientific Literacy Ability After Attending Lectures Using the RADEC Model. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(3), 1039–1044. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i3.2846 DOI: https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i3.2846

Wanningrum, C. P., & Sukmawati, W. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, and Satisfaction) dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 9(1), 43. https://doi.org/10.32884/ideas.v9i1.1205 DOI: https://doi.org/10.32884/ideas.v9i1.1205

Downloads

Published

2024-07-19

How to Cite

Sukmawati, W., Maharani, C. B., Husnah, ⁠Farah M., Pertiwi, K. D., & Syaira, ⁠Siti. (2024). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Perubahan Wujud Benda melalui Media Video pada Siswa Kelas III SD Negeri Serpong 02 Tahun 2021/2022. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), 14. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.741

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.