Keefektifan Metode Tutor Sebaya terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Kognitif Akuntansi Penyusutan Aset Tetap

Authors

  • Monica Yuliana Wahono Pendidikan Akuntansi, FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Nurhasan Hamidi Pendidikan Akuntansi, FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.47134/ptk.v2i1.983

Keywords:

Metode Tutor Sebaya, Teori Konstruktivisme, Prestasi Belajar Kognitif Siswa

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji efektivitas metode pembelajaran yaitu tutor sebaya terhadap peningkatan prestasi belajar siswa akuntansi penyusutan aset tetap pada salah satu SMK Negeri di Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif melalui eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMK Negeri di Surakarta. Sampel yang diambil dari populasi untuk digunakan dalam penelitian ini berjumlah 72 siswa, dengan pembagian 36 siswa XI AKL 2 sebagai kelas kontrol dan 36 siswa XI AKL 3 sebagai kelas eksperimen. Sampel pada penelitian ini diperoleh menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes yang berupa pre-test dan post-test. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif statistik dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS 27 serta N-Gain score yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat terlebih dahulu. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa metode tutor sebaya efektif dalam upaya peningkatan prestasi belajar kognitif akuntansi penyusutan aset tetap pada siswa SMK Negeri di Surakarta. Hasil rata-rata kelompok eksperimen setelah diberi perlakuan sebesar 89.67 lebih tinggi daripada kelas kontrol sebesar 81,53. Perbedaan pengaruh pada penelitian ini ditunjukkan melalui hasil uji independent sample t-test yang memperoleh signifikansi 0,000, artinya sig. <0,05. Hasil N-Gain menyatakan bahwa kelompok eksperimen berada pada kriteria N-Gain ≥ 0,70 yang termasuk kategori tinggi. Kesimpulan penelitian ini adalah pengaruh metode tutor sebaya lebih tinggi dibandingkan dengan metode drill learning.

References

Ahdiyat, M. dan Sarjaya. 2014. Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Prestasi belajar Matematika Pada Materi Pengolahan Data. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol. 1, No. 2, Hal. 72- 228. DOI: https://doi.org/10.30998/formatif.v4i1.141

Alawiyah, Enok. 2018. Efektifitas metode pemelajran diskusi kelompok dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di mts alhikmah Bandar lampung. (skripsi). Bandar lampung.

Amin Kuneifi Elfachmi. 2016. Pengantar Pendidikan. PT Gelora Aksara Pratama.

Asngari dan Sumaryanto. 2019. Peer Teaching: Solusi untuk mengatasi ketimpangan kemampuan psikomotorik dan interaksi social dalam pembelajaran Pendidikan jasmani. Jogjakarta:UNY.

Bloom, B. S. (Ed.). 1956. Taxonomy of educational objectives: The classification of educational goals. Handbook I: Cognitive domain. David McKay Company, Inc.

Dewi, Luh Ayu Agustina dan Trisna Ketut Muliartha. 2018. E-Jurnal Akuntansi. Universitas Udayana. ISSN: 2302-8556. Vol.23.3

Djamarah, S.B. & Aswan Z. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Rineke Cipta.

Edy Sutrisno. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Prenadamedia. Group.

Gillies, R. M. 2007. Cooperative Learning: Integrating Theory and Practice. SAGE Publications. DOI: https://doi.org/10.4135/9781483329598

Hadi, A.I. 2017. Pentingnya Pengenalan tentang Perbedaan Individu Anak dalam Efektivitas Pendidikan. Semarang: Undaris Semarang. Jurnal Inspirasi, 1 (1,71-92).

Helmawati, 2018. Mendidik anak berprestasi melalui 10 kecerdasan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Hmelo-Silver, C. E. (2004). Problem-Based Learning: What and How Do Students Learn?. Educational Psychology Review, 16(3), 235-266. DOI: https://doi.org/10.1023/B:EDPR.0000034022.16470.f3

Huda, Miftahul. 2015. Cooperative Learning: Metode, Teknik, Struktur, dan. Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Husaini Ahmat, et al. 2019. Studi Kasus Tentang Siswa yang Kesuitan Bersosialisasi dengan Teman Sebaya. Pontianak :UNTAN.

Ikatan Akuntan Indonesia. 2015. Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 16: Aset Tetap (Revisi 2015). Dewan Standar Akuntansi Keuangan.

Isra, Hayati, dkk. 2017. Pengaruh Metode Pembelajaran Peer Teaching Terhadap Peningkatan Aspek Afektif Siswa pada Mata Kuliah Akuntansi Penyusutan Aset Programm Studi Perbankan Syariah Universitas Muhamadiyah Sumatera Utara. Sumatera Utara. DOI: https://doi.org/10.30651/jms.v2i2.1133

Kieso, D. E., Weygandt, J. J., & Warfield, T. D. 2020. Intermediate Accounting. Wiley.

Mahsup, et al. 2020. Peningkatan prestasi belajar mahasiswa Melalui model pembelajaran Tutor sebaya. Mataram : Universitas Muhamadiyah Mataram. Jurnal kependidikan: Hasil penelitian dan kajian kepustakaan di bidang pendidikan, Pengajaran dan pembelajaran. DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2673

Mastrianto, Agus, et al. 2017. Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Bandar Lampung: UNILA.

Nshimiyimana, Alexsis, et al. 2020. Peer Teaching at the University of Rwanda-a qualitative study based on self determination theory. BMC Medical Education. DOI: https://doi.org/10.1186/s12909-020-02142-0

Nurmala, Sukayasa, dan P, B. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Prestasi belajar siswa kelas V SDN 20 Toli-Toli pada Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(9), 199–211.

Ramadhani, A., dan Kartiko, D. C. 2018. Pengaruh Penerapan Metode

Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Prestasi belajar Chest Pass Bola Basket. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 6(2), 179–183.

https://doi.org/https://dx.doi.org/10.26418/jpmipa.v9i2.26773 DOI: https://doi.org/10.26418/jpmipa.v9i2.26773

Santoso, Sigit. 2011. Penelitian Pendidikan. UNS.

Septian, Damar. 2018. Pengaruh metode pembelajaran tutor sebaya (peer teaching). Terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fisika pokok bahasan vector kelas x mipa man 1 cirebon. Jurnal fisika dan sains. Online. JPFS 1.1. 6 halaman. http://journal.unucirebon.ac.id /indeks/php/jpfs. (8 september 2019). DOI: https://doi.org/10.52188/jpfs.v1i1.62

Slavin, R. E. (1995). Cooperative Learning: Theory, Research, and Practice (2nd ed.). Allyn & Bacon.

Sonhadji, Ahmad H. 2013. Manusia, Teknologi, dan Pendidikan: menuju peradaban baru. Malang.Universitas Negeri Malang.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Kualitatif Dan Kuantitatif. Bandung. Alfabeta.

United Nations Development Programme (UNDP). 2021. Human Development Report 2021/2022: Uncertain Times, Unsettled Lives: Shaping Our Future in a Transforming World. United Nations Development Programme. https://hdr.undp.org/en/2021-22.

Vygotsky, L. S. 1978. Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press.

Wakini. 2021. Peningkatan Prestasi belajar Ekonomi Akuntansi Melalui Pembelajaran Tutor Sebaya pada Siswa SMA Negeri 1 Kota Besar Dharmasraya. Dharmasraya. DOI: https://doi.org/10.47668/pkwu.v8i2.148

Wedi, Agus. 2016. Konsep dan Masalah Penerapan Metode Pembelajaran: Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran Melalui Konsistensi Teoretis-Praktis Penggunaan Metode Pembelajaran. Malang : UM.

Widyahening, Indah S, et al. 2019. Evaluation of the role of near-peer teachingin critical appraisal skills learning: a randomized crossover trial. Jakarta : UI. DOI: https://doi.org/10.5116/ijme.5c39.b55b

Zaiful, Moh Rosyid, dkk. 2019. Prestasi Belajar. Malang: Literasi Nusantara.

Downloads

Published

2024-10-25

How to Cite

Wahono, M. Y., & Hamidi, N. (2024). Keefektifan Metode Tutor Sebaya terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Kognitif Akuntansi Penyusutan Aset Tetap . Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 2(1), 13. https://doi.org/10.47134/ptk.v2i1.983

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 

You may also start an advanced similarity search for this article.