Keselarasan Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Visi Pedagogis Ki Hajar Dewantara dalam Mewujudkan Merdeka Belajar

Authors

  • Risvi Revita Yuli Universitas Muhammadiyah Jember
  • Kukuh Munandar Universitas Muhammadiyah Jember
  • Intan Maulidah Salma Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.47134/jtp.v1i2.80

Keywords:

pembelajaran berdiferensiasi, merdeka belajar, Ki Hajar Dewantara

Abstract

Kurikulum Merdeka dimaknaisebagai kemerdekaan berpikir yang harus dimulai dari guru sebagai ujung tombak dari segala aktivitas pendidikan. Hal ini karena seberapapun idealnya kurikulum direncanakan, apabila tidak diikuti oleh kemampuan guru dalam mengimplementasikannya maka tidak akan berdampak signifikan dalam meningkatkan mutu pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian pustaka (library research). Peneliti mengumpulkan dan menganalisa berbagai literatur yangkredibel danrelevan dengan topik yang dibahas agar dapat memberi penjelasan hasil yang lebih mudah dipahami.Berdasarkan kajian literatur diperoleh hasil bahwaterdapat keselarasanpembelajaran berdiferensiasi dengan visi pedagogis Ki Hajar Dewantaradalam mewujudkan merdeka belajar. Sehingga dapat disimpulkan bahwaimplementasi pembelajaran berdiferensiasiselaras dengan visi pedagogis Ki Hajar Dewantara dimana keduanya sama-sama merujuk pada pendidikan yang berpusat pada peserta didik dan mengutamakan kekuatan kodrat sebagai hakikat utama dalam kemerdekaanbelajar.Dengan implementasi pembelajaran berdiferensiasi yang menempatkan guru sebagai penuntun, diharapkan peserta didik dapat benar-benar difasilitasi kebutuhan belajarnya sehingga dengan itu mereka akan menjadi individu yang bebas dan mandiri dalam mengembangkan potensi alamiah sesuai kodratnya.

References

Ade Sintia Wulandari. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(3), 682–689. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.620 DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.620

Anggraini, G. O., & Wiryanto, W. (2022). Analysis of Ki Hajar Dewantara’s Humanistic Education in the Concept of Independent Learning Curriculum. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 15(1), 33–45. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v15i1.41549 DOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v15i1.41549

Anindya, S., & Nanda, A. (2023). DIFERENSIASI DALAM MATA PELAJARAN BIOLOGI. 1, 16–22.

Ari Sita Nastiti, D. M. C. (2021). Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Bahasa dan Sastra Indonesia Melalui Produk Sablon Berdesain Olah Kata Bermuatan Kearifan Lokal Jember. Journal of Community Development, 2(1), 10–14. https://doi.org/10.47134/comdev.v2i1.32 DOI: https://doi.org/10.47134/comdev.v2i1.32

Arti, Y. (2022). The Effect of Multimode Learning for Improving the Learning Achievement of Junior High School Students to Support the “Merdeka Belajar.” AIP Conference Proceedings, 2600. https://doi.org/10.1063/5.0112188 DOI: https://doi.org/10.1063/5.0112188

Budiwati, R., & Fauziati, E. (2022). Merdeka Belajar dalam Perspektif Ki Hajar Dewantara. Jurnal PGSD STKIP PGRI Banjarmasin, 4(1), 15–24. https://doi.org/10.33654/pgsd

Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Komariah, & Rosdiana, S. P. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 1(02), 56–67. https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.110 DOI: https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.110

Dalam, I., & Di, P. A. K. (2022). E k k l e s i a. 1(1), 45–56.

Dewi, S. L. (2023). Merdeka Belajar–Kampus Merdeka (MBKM) to Strengthen the Culture and Citizenship Literacy of Pre-Service EFL Teachers. Studies in English Language and Education, 10(3), 1270–1289. https://doi.org/10.24815/siele.v10i3.28596 DOI: https://doi.org/10.24815/siele.v10i3.28596

Dina Merdeka Citraningrum, R. H. (2022). Read Aloud Melalui Cerita Rakyat Dari Pendalungan. Journal of Community Development, 3(3), 294–302. https://doi.org/10.47134/comdev.v3i3.107 DOI: https://doi.org/10.47134/comdev.v3i3.107

Efendi, P. M., Muhtar, T., Herlambang, Y. T., Pgsd, M., Upi, K., Pgsd, M., Upi, K., Pgsd, M., & Upi, K. (2023). Relevansi Kurikulum Merdeka Dengan Konsepsi Ki Hadjar Dewantara : Studi Kritis Dalam Perspektif Filosofis-Pedagogis. 6(2), 548–561. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5487 DOI: https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5487

Fadilah Ikhsan, Y. F. (2023). Pengetahuan Guru PJOK Sekolah Dasar pada Implementasi Kurikulum Merdeka di Kecamatan Baturraden, Banyumas. Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(1). https://doi.org/10.47134/ptk.v1i1.10 DOI: https://doi.org/10.47134/ptk.v1i1.10

Fajriati, N., & Murtiyasa, B. (2023). Kemampuan Literasi Matematika Siswa Menggunakan Multimedia Interaktif. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 945–957. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.2219 DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.2219

Febrinanto, F. G. (2021). The implementation of Blockchain framework in MOOCs to support a freedom of learning in Indonesia. Journal of Physics: Conference Series, 1836(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1836/1/012043 DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1836/1/012043

Fitra, D. K. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Perspektif Progresivisme pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(3), 250–258. https://doi.org/10.23887/jfi.v5i3.41249 DOI: https://doi.org/10.23887/jfi.v5i3.41249

Haryati, N. (2023). Identifying Key Factors in Determining a Successful Agropreneurship Education in Merdeka Belajar Program. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1153(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/1153/1/012012 DOI: https://doi.org/10.1088/1755-1315/1153/1/012012

Henderi. (2022). A Blockchain-Based Framework Gamification for Securing Learners Activity in Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. 2022 4th International Conference on Cybernetics and Intelligent System, ICORIS 2022. https://doi.org/10.1109/ICORIS56080.2022.10031383 DOI: https://doi.org/10.1109/ICORIS56080.2022.10031383

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622 DOI: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622

Isrotun, U. (2022). Analisis Kebutuhan Awal Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Kearifan Lokal Kabupaten Pekalongan Mata Pelajaran IPAS Kelas IV Sekolah Dasar. 2st Proceeding STEKOM, 2(1). DOI: https://doi.org/10.51903/semnastekmu.v2i1.188

Maisyaroh. (2021). The principals’ efforts in facilitating the freedom to learn by enhancing community participation in indonesia. Cakrawala Pendidikan, 40(1), 196–207. https://doi.org/10.21831/cp.v40i1.36119 DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v40i1.36119

Matondang, Z. (2023). Evaluation of “school Experience” course in online setting as an implementation of Merdeka Belajar (freedom to learn). AIP Conference Proceedings, 2590. https://doi.org/10.1063/5.0107266 DOI: https://doi.org/10.1063/5.0107266

Maulana, A., Rasyid, A., Hasibuan, F. H., Siahaan, A., & Amiruddin. (2023). Upaya Guru PAI Melakukan Refleksi Pembelajaran Diferensiasi dalam Kurikulum Belajar Mandiri. Jurnal Pendidikan, 3(1), 203–212.

Maulidia, F. R., & Prafitasari, A. N. (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik. ScienceEdu, 6(1), 55. https://doi.org/10.19184/se.v6i1.40019 DOI: https://doi.org/10.19184/se.v6i1.40019

MS, M. (2023). Pembelajaran Berdiferesiasi Dan Penerapannya. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(2), 533–543. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i2.534 DOI: https://doi.org/10.55681/sentri.v2i2.534

Nadirah, S., Nasar, I., Sabir, A., Lahiya, A., Zulfikhar, R., & Zulharman, Z. (2023). Pengaruh Kinerja Dan Kualifikasi Akademik Guru Terhadap Mutu Pendidikan. Journal on Education, 6(1), 2064–2071. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3198 DOI: https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3198

Nurul Istiq’Faroh. (2020). Relevensi filosofi Ki Hajar Dewantara Sebagai Dasar Kebijakan Pendidikan Nasional Merdeka Belajar Di Indonesia. Junal Pendidikan, 3(2), 1–10.

Pitaloka, H., & Arsanti, M. (2022). Pembelajaran Diferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. Seminar Nasional Pendidikan Sultan …, November, 2020–2023.

Puspitasari, F. F. (2022). Perkembangan Pendidikan di Indonesia. Vol. 7 No. 1 (2023): Tadbir Muwahhid, 085335465319, 9–10. https://doi.org/10.30997/jtm.v7i1.7167 DOI: https://doi.org/10.30997/jtm.v7i1.7167

Putriana Naibaho, D. (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Mampu Meningkatkan Pemahaman Belajar Peserta Didik. Journal of Creative Student Research (JCSR), 1(2), 81–91.

Rante, H. (2023). Development of Social Virtual Reality (SVR) as Collaborative Learning Media to Support Merdeka Belajar. International Journal of Information and Education Technology, 13(7), 1014–1020. https://doi.org/10.18178/ijiet.2023.13.7.1900 DOI: https://doi.org/10.18178/ijiet.2023.13.7.1900

Safarati, N. (2023). Literature Review: Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Menengah. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6(November), 33–37.

Saparia, A., & Palu, U. T. (2023). Penerapan pembelajaran diferensiasi mengoptimalkan minat dan bakat murid dalam pembelajaran pjok smp al azhar mandiri palu Talents in learning educational private vocational school of al azhar mandiri palu Berdasarkan Undang-undang Sisdiknas ( Sistem Pendidikan Nasional ) yang selama ini berjalan seperti dua sisi mata uang , dekat tetapi tak sedang dicanangkan dalam Sistem Pendidikan Nasional saat ini , dan sesuai dengan pemikiran Ki Hajar Dewantara adalah pembelajaran berdiferensiasi . yang memeperhatikan kebutuhan belajar murid , oleh karena itu esensi dari. 22(4), 54–61. DOI: https://doi.org/10.20527/multilateral.v22i4.16571

Sholihah, D. A. (2021). Pendidikan Merdeka dalam Perspektif Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya Terhadap Merdeka Belajar di Indonesia. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 12(2), 115. https://doi.org/10.21927/literasi.2021.12(2).115-122 DOI: https://doi.org/10.21927/literasi.2021.12(2).115-122

Sihombing, A. A. (2021). Merdeka Belajar in an Online Learning during The Covid-19 Outbreak: Concept and Implementation. Asian Journal of University Education, 17(4), 35–48. https://doi.org/10.24191/ajue.v17i4.16207 DOI: https://doi.org/10.24191/ajue.v17i4.16207

Sri Yanti, N., Montessori, M., & Nora, D. (2022). Pembelajaran IPS Berdiferensiasi di SMA Kota Batam. Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 4(3), 252–256. https://doi.org/10.38035/rrj.v4i3.498 DOI: https://doi.org/10.38035/rrj.v4i3.498

Sulistyawati, T. E. (2020). Perspektif Aksiologi Terhadap Penurunan Minat Belajar Anak di Masa Pandemi. Aksiologi : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1), 33–43. https://doi.org/10.47134/aksiologi.v1i1.16 DOI: https://doi.org/10.47134/aksiologi.v1i1.16

Supardi, W. W. M., & Supriyanto, A. (2020). Back To Nature Program: Paradigma Baru Menghadapi Tantangan Global. Seminar Nasional Arah …, 342–346.

Sutaga, I. W. (2022). Tingkatkan Kompetensi Guru Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Inovasi, 8(9), 58–65.

Taridala, S. (2023). Implementation of the Merdeka Belajar Program in Improving Teacher Performance and the Quality of Educational Services. International Journal of Membrane Science and Technology, 10(2), 1445–1449. https://doi.org/10.15379/ijmst.v10i2.1495 DOI: https://doi.org/10.15379/ijmst.v10i2.1495

Triwiyanto, T. (2022). Digital Technology Transformation and Empowerment of Technology: A New Paradigm of Classroom Management for an “Merdeka Belajar” Policy in Indonesia. Proceedings - International Conference on Education and Technology, ICET, 2022, 293–297. https://doi.org/10.1109/ICET56879.2022.9990725 DOI: https://doi.org/10.1109/ICET56879.2022.9990725

Widiyanti. (2023). The importance of synergy between industry and educational institutions using technology to support implementation freedom to learn-independent campus. AIP Conference Proceedings, 2590. https://doi.org/10.1063/5.0106441 DOI: https://doi.org/10.1063/5.0106441

Wulandari, W. (2020). Implementation of merdeka belajar in online learning methods at the school for children of Indonesia. ACM International Conference Proceeding Series. https://doi.org/10.1145/3452144.3452273 DOI: https://doi.org/10.1145/3452144.3452273

Downloads

Published

2023-11-08

How to Cite

Yuli, R. R., Munandar, K., & Salma , I. M. (2023). Keselarasan Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Visi Pedagogis Ki Hajar Dewantara dalam Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 10. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i2.80

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 

You may also start an advanced similarity search for this article.