Pembiasaan Berkata Tolong, Maaf dan Terima Kasih di PPA Marantha Oebufu
DOI:
https://doi.org/10.47134/paud.v2i4.1725Keywords:
Pendidikan Karakter, Anak Usia Dini, Kata-Kata Ajaib, Metode Pembiasaan, Teknik ModelingAbstract
Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan penggunaan kata-kata ajaib (tolong, maaf, terima kasih) pada anak usia 9-11 tahun di PPA Maranatha Oebufu melalui metode pembiasaan dengan teknik modeling. Melalui serangkaian kegiatan seperti menonton video, role-play, dan diskusi, anak-anak diajak untuk memahami pentingnya kata-kata tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam penggunaan kata-kata ajaib setelah mengikuti program ini. Anak-anak mampu mempraktikkan kata-kata tersebut dalam berbagai situasi dan menceritakan pengalaman mereka. Kegiatan ini menyimpulkan bahwa metode pembiasaan dengan teknik modelling efektif dalam membentuk karakter anak usia dini.
References
Bandura, Albert. 1977. Social Learning Theory. Prentice-Hall, Inc., New Jersey
Daryanto, (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gramedika
Fajarini, A., & Fauzi, F. (2023). Pembentukan Karakter Anak Didik RA (Raudhatul Athfal) Melalui Pembiasaan “Kata Ajaib.” Jurnal Pelita PAUD, 7(2), 459–468. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v7i2.3112
Febriani, S., & Irdamurni, I. (2019). Video Tutorial Dapat Meningkatkan Keterampilan Menggosok Gigi Anak Tunagrahita Kategori Sedang. Ranah Research, 1(4), 991–997. https://jurnal.ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/161
Gunarsa, S. D. (2000). Konseling dan Psikoterapi. Jakarta: Gunung Mulia
Hidayati, N., & Putri, A. D. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter melalui Program Intervensi Perilaku Positif di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(2), 321-333. https://doi.org/10.21831/jpk.v11i2.39120
Handayani, S., & Suparno, S. (2021). Penanaman Nilai Karakter Melalui Pembiasaan dalam Kegiatan Sehari-hari di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(1), 15-26. https://doi.org/10.21831/jpk.v11i1.37654
Hatfield, E., Cacioppo, J. T., & Rapson, R. L. (1993). Emotional contagion. Current directions in psychological science, 2(3), 96-100.
Kurniawan, D., & Yuliana, R. (2021). Peran Orang Tua dalam Membentuk Karakter Anak di Era Digital. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(1), 67-74. https://doi.org/10.33258/jp.v5i1.440
Kusumastuti, N. (2020). Implementasi Pilar-Pilar Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4(02), 333–344. https://doi.org/10.29408/jga.v4i02.2525
Lickona, T. (2019). Pendidikan karakter: Panduan lengkap mendidik siswa menjadi pintar & baik. Nusamedia.
Maryam, E.W. (2018). Psikologi sosial. Sidoarjo: UMSIDA Press.
Musawamah, M. (2021). Peran orang tua dan guru dalam membentuk karakter anak di kabupaten demak. AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan Dan Pendidikan Agama Islam), 3(1), 54-70.
Nuryanto, S. (2016). Berkisah metode penguatan nilai karakter islami pada anak usia dini. In Prosiding Seminar Nasional dan Call for Paper ke-2 “Pengintegrasian Nilai Karakter dalam Pembelajaran Kreatif di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN”. Unmuh Ponorogo.
Oktaviani, L., Marzulina, L., & Susanti, R. (2020). Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 410-417. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.372
Putra, D. P., & Rahman, F. (2022). Penerapan Teori Pembelajaran Sosial dalam Meningkatkan Perilaku Prososial Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4823-4831. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1902
Rahmawati, A., & Sari, R. P. (2021). Meningkatkan Karakter Sopan Santun Anak melalui Metode Bermain Peran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 6(1), 45-53. [https://doi.org/10.26737/jpdi.v6i1.2047](https://doi.org/10.26737/jpdi.v6i1.2047)
Ridho, M. D., & Istiqomah, I. (2023). Probleматика pembelajaran karakter bagi siswa Madrasah Ibtidaiyah 04 Blimbing Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan. Modeling, 10(4), 316-325. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/1877
Sari, M. N. (2021). Shaping young learners' character through teacher questioning in English classroom activities. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 4(1), 14-19
Skinner, B. F. (1953). Skinner - Operant Conditioning.
Sukmawati, I., & Noviati, E. (2021). Pengembangan media pembelajaran modeling melalui video dalam peningkatan kemampuan toilet training pada anak tunagrahita. Jurnal Keperawatan Silampari, 5(1), 89-95. https://doi.org/10.31539/jks.v5i1.2626
Sulastri, S., & Marzuki, I. (2022). Peran Guru Sebagai Model Perilaku dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 29(1), 25-34. [https://doi.org/10.21009/jpp.v29i1.23450], https://doi.org/10.21009/jpp.v29i1.23450
Syarbini, A. (2014). Model pendidikan karakter dalam keluarga. Elex Media Komputindo.
Taunu, E. S. H., & Iriani, A. (2019). Evaluasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Terintegrasi Mata Pelajaran Matematika di SMP Negeri. Kelola:Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1), 64–73.
Wahyuni, I. W., & Putra, A. A. (2020). Kontribusi peran orangtua dan guru dalam pembentukan karakter Islami anak usia dini. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 5(1), 30-37.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Clarissa Maldini Henderina Bisinglasi, Elviana Rizky Maharani, Merlinda Banik, Reifani Rezkita, Mardiana Artati, Zyvrha Chomalia Dopen, Edho Donusina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.