Pembiasaan Berkata Tolong, Maaf dan Terima Kasih di PPA Marantha Oebufu

Authors

  • Clarissa Maldini Henderina Bisinglasi Universitas Nusa Cendana
  • Elviana Rizky Maharani Universitas Nusa Cendana
  • Merlinda Banik Universitas Nusa Cendana
  • Reifani Rezkita Universitas Nusa Cendana
  • Mardiana Artati Universitas Nusa Cendana
  • Zyvrha Chomalia Dopen Universitas Nusa Cendana
  • Edho Donusina Universitas Nusa Cendana

DOI:

https://doi.org/10.47134/paud.v2i4.1725

Keywords:

Pendidikan Karakter, Anak Usia Dini, Kata-Kata Ajaib, Metode Pembiasaan, Teknik Modeling

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan penggunaan kata-kata ajaib (tolong, maaf, terima kasih) pada anak usia 9-11 tahun di PPA Maranatha Oebufu melalui metode pembiasaan dengan teknik modeling. Melalui serangkaian kegiatan seperti menonton video, role-play, dan diskusi, anak-anak diajak untuk memahami pentingnya kata-kata tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam penggunaan kata-kata ajaib setelah mengikuti program ini. Anak-anak mampu mempraktikkan kata-kata tersebut dalam berbagai situasi dan menceritakan pengalaman mereka. Kegiatan ini menyimpulkan bahwa metode pembiasaan dengan teknik modelling efektif dalam membentuk karakter anak usia dini.

References

Bandura, Albert. 1977. Social Learning Theory. Prentice-Hall, Inc., New Jersey

Daryanto, (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gramedika

Fajarini, A., & Fauzi, F. (2023). Pembentukan Karakter Anak Didik RA (Raudhatul Athfal) Melalui Pembiasaan “Kata Ajaib.” Jurnal Pelita PAUD, 7(2), 459–468. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v7i2.3112

Febriani, S., & Irdamurni, I. (2019). Video Tutorial Dapat Meningkatkan Keterampilan Menggosok Gigi Anak Tunagrahita Kategori Sedang. Ranah Research, 1(4), 991–997. https://jurnal.ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/161

Gunarsa, S. D. (2000). Konseling dan Psikoterapi. Jakarta: Gunung Mulia

Hidayati, N., & Putri, A. D. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter melalui Program Intervensi Perilaku Positif di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(2), 321-333. https://doi.org/10.21831/jpk.v11i2.39120

Handayani, S., & Suparno, S. (2021). Penanaman Nilai Karakter Melalui Pembiasaan dalam Kegiatan Sehari-hari di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(1), 15-26. https://doi.org/10.21831/jpk.v11i1.37654

Hatfield, E., Cacioppo, J. T., & Rapson, R. L. (1993). Emotional contagion. Current directions in psychological science, 2(3), 96-100.

Kurniawan, D., & Yuliana, R. (2021). Peran Orang Tua dalam Membentuk Karakter Anak di Era Digital. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(1), 67-74. https://doi.org/10.33258/jp.v5i1.440

Kusumastuti, N. (2020). Implementasi Pilar-Pilar Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4(02), 333–344. https://doi.org/10.29408/jga.v4i02.2525

Lickona, T. (2019). Pendidikan karakter: Panduan lengkap mendidik siswa menjadi pintar & baik. Nusamedia.

Maryam, E.W. (2018). Psikologi sosial. Sidoarjo: UMSIDA Press.

Musawamah, M. (2021). Peran orang tua dan guru dalam membentuk karakter anak di kabupaten demak. AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan Dan Pendidikan Agama Islam), 3(1), 54-70.

Nuryanto, S. (2016). Berkisah metode penguatan nilai karakter islami pada anak usia dini. In Prosiding Seminar Nasional dan Call for Paper ke-2 “Pengintegrasian Nilai Karakter dalam Pembelajaran Kreatif di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN”. Unmuh Ponorogo.

Oktaviani, L., Marzulina, L., & Susanti, R. (2020). Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 410-417. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.372

Putra, D. P., & Rahman, F. (2022). Penerapan Teori Pembelajaran Sosial dalam Meningkatkan Perilaku Prososial Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4823-4831. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1902

Rahmawati, A., & Sari, R. P. (2021). Meningkatkan Karakter Sopan Santun Anak melalui Metode Bermain Peran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 6(1), 45-53. [https://doi.org/10.26737/jpdi.v6i1.2047](https://doi.org/10.26737/jpdi.v6i1.2047)

Ridho, M. D., & Istiqomah, I. (2023). Probleматика pembelajaran karakter bagi siswa Madrasah Ibtidaiyah 04 Blimbing Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan. Modeling, 10(4), 316-325. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/1877

Sari, M. N. (2021). Shaping young learners' character through teacher questioning in English classroom activities. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 4(1), 14-19

Skinner, B. F. (1953). Skinner - Operant Conditioning.

Sukmawati, I., & Noviati, E. (2021). Pengembangan media pembelajaran modeling melalui video dalam peningkatan kemampuan toilet training pada anak tunagrahita. Jurnal Keperawatan Silampari, 5(1), 89-95. https://doi.org/10.31539/jks.v5i1.2626

Sulastri, S., & Marzuki, I. (2022). Peran Guru Sebagai Model Perilaku dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 29(1), 25-34. [https://doi.org/10.21009/jpp.v29i1.23450], https://doi.org/10.21009/jpp.v29i1.23450

Syarbini, A. (2014). Model pendidikan karakter dalam keluarga. Elex Media Komputindo.

Taunu, E. S. H., & Iriani, A. (2019). Evaluasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Terintegrasi Mata Pelajaran Matematika di SMP Negeri. Kelola:Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1), 64–73.

Wahyuni, I. W., & Putra, A. A. (2020). Kontribusi peran orangtua dan guru dalam pembentukan karakter Islami anak usia dini. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 5(1), 30-37.

Downloads

Published

2025-06-28

How to Cite

Bisinglasi, C., Maharani, E., Banik, M., Rezkita, R., Artati, M., Dopen, Z., & Donusina, E. (2025). Pembiasaan Berkata Tolong, Maaf dan Terima Kasih di PPA Marantha Oebufu. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(4), 10. https://doi.org/10.47134/paud.v2i4.1725

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)