Evaluasi Hasil Belajar Anak Usia Dini dalam Menggambar Geometri pada TK BA Aisyiah Kalibanger Temanggung

Authors

  • Sahrul Sahrul Universitas Ivet Semarang
  • Sri Marfu’ah KB Mutiara Sari Soneyan Margoyoso Pati
  • Dyah Kusbiantari Universitas Ivet Semarang
  • Fajar Hikmawati Universitas Ivet Semarang
  • Fitriyani Fitriyani Universitas Ivet Semarang
  • Novia Widyastuti Universitas Ivet Semarang
  • Nurul Khoeriyah Universitas Ivet Semarang

DOI:

https://doi.org/10.47134/paud.v1i4.676

Keywords:

Evaluasi, Hasil Belajar, Menggambar Geometri

Abstract

Evaluasi merupakan salah satu kegiatan yang harus dilakukan oleh guru setelah akhir pembelajaran dengan tujuan untuk membantu dan mengetahui hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada TK BA Aisyiah jumlah responden 30 orang, penelitian ini kuantitatif dengan menggunakan tahap perencanaan, observasi, wawancara, dokumentasi dan pemberian tes. Dalam hal ini peneliti merancang dan menyusun soal tes yang diberikan kepada siswa sebanyak 6 item, yang terdiri 3 butir soal dalam menggambar segitiga dan 3 butir soal menggambar persegi, untuk melakukan evaluasi hasil belajar siswa dapat analisis melalui hasil gambar siswa dengan ketentuan pemberian skor. Tujuan penelitin ini mengetahui hasil belajar siswa anak usia dini dalam menggambar geometri, hasil penelitian rata-rata tingkat pemahaman dan kemampuan siswa dalam  menggambar Segitiga terdapat 7,73 pada gambar Persegi memiliki nilai sebesar 8,43 Sedangkan nilai standar deviasi pada gambar segitiga terdapat 0,828 kemudian pada gambar persegi 1,569 dengan jumlah responden 30 orang, dapat disajikan dan dilihat pada tabel 1 Repot Gambar Segitiga dan Persegi maka dapat simpulkan bahwa kemampuan siswa berkembang berada pada kategori sangat baik dan sesuai harapan.

References

Akhsanti, M. S. (2014). Pemanfaatan Hasil Evaluasi Pembelajaran Dalam Pengembangan Program Pembelajaran Anak Usia Dini. BELIA: Early Childhood Education Papers, 3(2), 87–94.

Anhusadar, L. (2020). Evaluasi Pelaksanaan Standar Produk Hasil Belajar pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 13(1), 34. https://doi.org/10.31332/atdbwv13i1.1775 DOI: https://doi.org/10.31332/atdbwv13i1.1775

Arif Budy Pratama. (2022). Analisis Data Kuantitatif Dalam Penelitian Sosial Menggunakan Jamovi. Gava Media. Yogjakarta

Djemari Mardapi, (2008). Teknik Penyususnan Instrumen Tes dan Non Tes. Mitra Cendekia Press.Jogjakarta

Habibu Rahman, et al., (2020). Assesmen Pembelajaran PAUD. Hijaz Pustaka Mandiri. Sleman, Yogyakarta.

Handoko, H., & Wuradji, W. (2015). Evaluasi program pendidikan dan pengembangan anak usia dini (PPAUD) di Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 24. https://doi.org/10.21831/jppm.v2i1.4841 DOI: https://doi.org/10.21831/jppm.v2i1.4841

Kasrani. (2016). Evaluasi program pendidikan anak usia dini (PAUD). Manajemen Pendidikan, 25(2), 233–243.

Rolinsa Madina, N., Lamatenggo, N., Husain, R., Rahim, M., Lanto, D., & Amali, N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 899–912. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.317 DOI: https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.117

Rusdianti, A., Solfiah, Y., & Kurnia, R. (2020). Pengembangan Media Getar ( Geometri Putar) Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 3(2), 145–152. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1210 DOI: https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1210

Sahrul, S., Supriyadi, S., & Syamsuddin, S. (2018). Evaluasi Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Pada SMPN 1 Sape Kabupaten Bima. 961–963. http://pps.unnes.ac.id/pps2/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes

Sahrul, et al. (2022). Development of Instruments to Measure Self-Confidence and Creative Thinking in Mathematics Learning for Vocational High School Students. Journal of Research and Educational Research Evaluation http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jere

Suyadi. (2010). Psikologi belajar PAUD. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani

V. Wiratna Sujarweni & Lila Retnani Utami. (2023). Anak Hebat Indonesia. Yogyakarta

Watini, S. (2019). Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sains pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 82. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.111 DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.111

Downloads

Published

2024-07-03

How to Cite

Sahrul, S., Marfu’ah, S., Kusbiantari, D., Hikmawati, F., Fitriyani, F., Widyastuti, N., & Khoeriyah, N. (2024). Evaluasi Hasil Belajar Anak Usia Dini dalam Menggambar Geometri pada TK BA Aisyiah Kalibanger Temanggung. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(4), 6. https://doi.org/10.47134/paud.v1i4.676

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)