Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Membatik Jumputan Pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK
DOI:
https://doi.org/10.47134/paud.v1i4.707Keywords:
Kemampuan Motorik Halus, Kegiatan Membatik JumputanAbstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus pada anak usia 4-5 tahun di TK Dharma Wanita Persatuan Kebaron Tulangan, Sidoarjo, melalui kegiatan membatik jumputan. Pengamatan awal menunjukkan bahwa 6 dari 17 anak mengalami kesulitan dengan kegiatan ini, menandakan kebutuhan akan intervensi. Studi ini menggunakan model spiral berdasarkan kerangka Kemmis dan Taggart, melibatkan pengamatan pra-siklus dan dua siklus intervensi dengan kegiatan terstruktur dan penilaian berkelanjutan. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Intervensi ini secara signifikan meningkatkan keterampilan motorik halus, seperti dibuktikan dengan peningkatan keberhasilan dalam menyelesaikan tugas dari 69,82% di pra-siklus menjadi 91,91% di siklus kedua. Hasil ini menekankan efektivitas kegiatan kreatif yang melibatkan tangan dalam memajukan perkembangan motorik pada anak-anak muda, menyarankan aplikasi dan penelitian lebih lanjut dalam pengaturan pendidikan yang serupa.
References
Arbi, H., Hanafi, I., & Hitami, M. (2018). Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Profetika Jurnal Studi Islam, 20(0274), 11-15.
Arifah, R. (2015). 4_bab1. Retrieved from https://hsgm.saglik.gov.tr/depo/birimler/saglikli-beslenme-hareketli-hayat-db/Yayinlar/kitaplar/diger-kitaplar/TBSA-Beslenme-Yayini.pdf
Astini, I. N. S. U. B. N., Nurhasanah, & Rachmayani, I. (2019). Identifikasi pemanfaatan alat permainan edukatif (APE) dalam mengembangkan motorik halus anak. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689-1699. https://doi.org/10.21831/jpa.v7i2.26333
Azizah, I., & Wathon, A. (2022). Implementasi Seni Lipat Kertas Untuk Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Pada Anak Usia Dini. Sistim Informasi Manajemen. https://oj.lapamu.com/index.php/sim/article/view/100
Az-Zahra, P., Fauzi, T., & Andriani, D. (2022). Pengaruh kegiatan menganyam terhadap kemampuan motorik halus anak usia dini. PAUD Lectura: Jurnal …. https://journal.unilak.ac.id/index.php/paud-lectura/article/view/10693
Dewi, N. K., & Surani, S. (2018). Stimulasi kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahun melalui kegiatan seni rupa. Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 190-195. https://doi.org/10.21831/jpa.v7i2.26333 DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v7i2.26333
Fajriani, K. (2019). Upaya meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan keterampilan hidup Montessori pada anak kelompok A di PAUD Islam Silmi Samarinda. Southeast Asian Journal of Islamic Education. https://core.ac.uk/download/pdf/279112541.pdf DOI: https://doi.org/10.21093/sajie.v2i1.1489
Fauziddin, M. (2018). Meningkatkan kemampuan motorik halus melalui teknik mozaik pada anak kelompok B di TK Perdana Bangkinang Kota. Journal of Studies in Early Childhood Education, 1(1), 1. https://doi.org/10.31331/sece.v1i1.581 DOI: https://doi.org/10.31331/sece.v1i1.581
Haryani, M., & Qalbi, Z. (2018). Pemahaman guru PAUD tentang alat permainan edukatif (APE) di TK Pertiwi 1 Kota Bengkulu. Jurnal Educhild Pendidikan dan Sosial, 10(1), 6. https://doi.org/10.33578/jpsbe.v10i1.7699 DOI: https://doi.org/10.33578/jpsbe.v10i1.7699
Hayati, T., & Tawati, A. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Metode Demonstrasi Menggunakan Kertas Kokoru. Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal. https://core.ac.uk/download/pdf/490685749.pdf DOI: https://doi.org/10.15575/japra.v4i2.12714
Ingkir, Y., Wondal, R., & Arfa, U. (2020). Kegiatan membatik dalam mengembangkan kemampuan motorik halus anak. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 2(1), 92-105. https://doi.org/10.33387/cp.v2i1.2043 DOI: https://doi.org/10.33387/cp.v2i1.2043
Jariah, A., Astini, B. N., & Rachmayani, I. (2023). Efektivitas Penerapan Teknik Ecoprint Untuk Mengembangkan Motorik Halus Anak. Journal of Classroom …. https://jppipa.unram.ac.id/index.php/jcar/article/view/2646
Jenggawah, N., Pada, S., Berpikir, K., Dan, K., & Belajar, M. (2010). Digital Digital Repository Repository Universitas Universitas Jember Jember Digital Jember Digital Repository Repository Universitas Universitas Jember.
Jumriatin, J., & Anhusadar, L. (2022). Finger Painting Dalam Menstimulus Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. Pelangi: Jurnal Pemikiran Dan …. http://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/pelangi/article/view/815 DOI: https://doi.org/10.52266/pelangi.v4i1.815
Khoiriyah, T., Pusari, R. W., & Rakhmawati, E. (2022). Upaya meningkatkan motorik halus anak usia dini melalui kegiatan menganyam menggunakan media loose part. Paudia. https://pdfs.semanticscholar.org/a845/01f731f75978f4929cba4e7213bef965ace1.pdf DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v11i1.11569
Linda, S., & Suryana, D. (2020). Pengaruh stencil print dalam mengembangkan kemampuan motorik halus anak usia dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1399-1407. Retrieved from https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/605
Mahfud, I., & Fahrizqi, E. B. (2020). Pengembangan Model Latihan Keterampilan Motorik Melalui Olahraga Tradisional Untuk Siswa Sekolah Dasar. Sport Science and Education Journal. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/sport/article/view/622 DOI: https://doi.org/10.33365/.v1i1.622
Mawasti, T. D. (2019). Efektivitas membatik dengan cetakan penggaris terhadap kemampuan motorik halus anak di Taman Kanak-kanak Darul Falah Padang. Retrieved from
Meriyati, M., Kuswanto, C. W., Pratiwi, D. D., & Apriyanti, E. (2020). Kegiatan menganyam dengan bahan alam untuk mengembangkan kemampuan motorik halus anak. Jurnal Observasi Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 729. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.667 DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.667
Merlina, D. (2019). Melalui origami pada anak kelompok B di Raudhatul Athfal Al-Mukhlisin Tamansari Mumbulsari Jember. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Jember.
Miharja, R. (2020). Peningkatan Keterampilan Motorik Halus melalui Permainan Sains Billon pada Kelompok B:(Penelitian Single Case Experimental pada Kelompok B TK Al …. Early Childhood: Jurnal Pendidikan. https://journal.umtas.ac.id/index.php/EARLYCHILDHOOD/article/view/855
Mona, D., Zulhendri, Z., & ... (2022). Upaya Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Finger Painting. Jurnal …. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpt/article/view/4510
Nanda, R. A., & Rahma, R. (2022). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Melipat Kertas Warna Berbasis Audio Visual. Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia …. http://journal.umuslim.ac.id/index.php/jpg/article/view/1032
Nasution, S. T., & Sutapa, P. (2020). Strategi guru dalam menstimulasi keterampilan motorik aud pada era pandemi covid 19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak …. https://scholar.archive.org/work/wyt5jaxpebem5o64b77vtdcade/access/wayback/https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/download/849/pdf DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.849
Ra, D. I., Iman, N., & Agung, R. (2023). Mengembangkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan seni membatik jumputan di RA Nurul Iman Rejo Agung Pesawaran.
Rahayu, D. I. (2014). Pengaruh membatik jumputan terhadap perkembangan motorik halus anak kelompok B di TK Kemiri 03 Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar tahun ajaran 2013/2014. Analisis Kepuasan Nasabah Terhadap Kualitas Pelayanan pada PT Bank Negara Indonesia Tbk (Studi, 564(1), 1-73.
Rochmah, A., & Hasibuan, R. (2020). Pengaruh kegiatan membatik jumputan terhadap kemampuan motorik halus anak kelompok A di TK Labschool Unesa. Jurnal PAUD Teratai, 9(1), 1-8.
Setiawati, E., & Ningsih, R. (2017). Membatik jumputan dalam meningkatkan kreativitas anak (pp. 247-262).
Shanty, A. D., Handayani, A., & Saputro, B. A. (2022). Pengembangan metode membatik ecoprint untuk menumbuhkan motorik halus anak TK. Jurnal Pendidikan Dan Profesi Pendidik, 8(1), 21-34. DOI: https://doi.org/10.26877/jp3.v8i1.13035
Suhada, M. P. D. I. (2016). Psikologi perkembangan anak usia dini (1st ed.). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sukaeti, A. T. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Membatik Di Kelompok B Taman Kanak Kanak Muslimat NU Kota Tasikmalaya. Jurnal PAUD Agapedia. https://ejournal.upi.edu/index.php/agapedia/article/view/40925
Sumantri, D., & Syarif, M. (2020). Metode pengembangan fisik (1st ed.). Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.
Supriyatiningsih, D. W. (2020). Kegiatan membatik jumputan pada anak kelompok B. Journal of Childhood Education, 3(6), 608-614.
Tyas, F., Khotimah, N., & Mas’udah. (2022). Pengaruh kegiatan membatik jumputan menggunakan pipe cleaners terhadap kemampuan motorik halus anak usia dini. Jurnal Kumara Cendikia, 10(4). DOI: https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.5851
Wahyuningrum, M. D. S., & Watini, S. (2022). Inovasi model ATIK dalam meningkatkan motorik halus pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal …. https://pdfs.semanticscholar.org/98f5/3990dd61ce78e08c468fa434edc61ed37562.pdf DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.3038
Wandi, Z. N., & Mayar, F. (2019). Analisis kemampuan motorik halus dan kreativitas pada anak usia dini melalui kegiatan kolase. … Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. http://repository.unp.ac.id/35218/ DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.347
Winarsih, W. (2019). Peningkatan keterampilan motorik halus melalui kegiatan membatik. Jurnal Inovatif Ilmu Pendidikan.
Wisudayanti, K. A. (2020). Peningkatan Motorik Halus Anak Usia Dini Di Era Revolusi Industri 4.0. Widya Kumara: Jurnal Pendidikan …. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/JPAUD/article/view/583
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ainun Dzariyah, Luluk Iffatur Rocmah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.