Optimalisasi Literasi Arab Awal: Hasil Metode Bagdadi di Indonesia

Authors

  • Nunuk Lutfiyah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Choirun Nisak Aulina Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47134/paud.v1i4.709

Keywords:

Anak Usia Dini, Huruf Hijaiyah, Metode Bagdadi

Abstract

pada anak usia 4-5 tahun di KB ALQUDS Candi. Metode Bagdadi, pendekatan pembelajaran Al-Qur'an yang dikenal dengan teknik "mengeja", melibatkan vokalisasi sistematis huruf Hijaiyah dengan nada Hijaz yang keras, diulang minimal dua kali. Menggunakan kerangka Penelitian Tindakan Kelas, studi ini menerapkan model Kemmis dan Mc Taggart, yang mencakup tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dilakukan dengan sepuluh anak, penelitian ini mendokumentasikan peningkatan signifikan: kemahiran membaca meningkat dari 58% di Pra-Siklus menjadi 71% di Siklus I dan 84% di Siklus II, melampaui indikator keberhasilan sebesar 75%. Temuan menunjukkan bahwa penerapan metode Bagdadi yang terstruktur, sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH), secara signifikan meningkatkan keterampilan literasi Arab awal.

References

Alfiyah, S. N. (2022). Skripsi dibuat sebagai salah satu syarat memperoleh gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd.).

Ambarita, R. S., Wulan, N. S., & Wahyudin, D. (2021, July). Analisis kemampuan membaca pemahaman pada siswa sekolah dasar. ED, 3(5), 2336-2344. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.836 DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.836

Ananda, R. (2017, June). Implementasi nilai-nilai moral dan agama pada anak usia dini. JO, 1(1), 19. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.28 DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.28

Fajriyah, J. (2022). Universitas Islam Malang Fakultas Agama Islam Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

Gunawan, W. (2019, April). Pengembangan aplikasi berbasis Android untuk pengenalan huruf hijaiyyah. Jurnal Informatika, 6(1), 69-76. https://doi.org/10.31311/ji.v6i1.5373 DOI: https://doi.org/10.31311/ji.v6i1.5373

Izza, M. H. Y., Hayati, S. M., & Kurniadi, U. (2021). Penerapan metode Al-Baghdadi dalam program CALISQUR di Madrasah DTA Al-Istiqomah Desa Laksana Kecamatan Ibun.

Juanda, A. (2016, February). Penelitian tindakan kelas.

Khaironi, M. (2018, July). Perkembangan anak usia dini. jga.jurnal.gold.age, 2(01), 01. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.739 DOI: https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.739

Laksana, D. N. L., & Dhiu, K. D. (2021, March). Hakekat perkembangan anak usia dini. Zenodo. https://doi.org/10.5281/ZENODO.4724245

Maulidia, E., Muis, A., & Rofieq, A. (2023). Pengenalan tajwid sejak dini melalui metode Baghdadi di TPA Al-Ikhwan Desa Karanghaur Kabupaten Bekasi. Unknown Journal, 4(1). DOI: https://doi.org/10.33558/an-nizam.v2i1.6974

Mauliyah, A. (2021, June). Peningkatan mengenal huruf hijaiyyah melalui media kartu huruf dengan metode kupas rangkai di RA Bahrul Huda Sambiroto Karangtanjung Candi Sidoarjo. JOECES, 1(1), 67-94. https://doi.org/10.54180/joeces.v1i1.3089 DOI: https://doi.org/10.54180/joeces.v1i1.3089

Muhammedi. (2020). Metode pembelajaran Al-Baghdad dalam menanamkan sikap religius siswa dan meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta Pustaka Belajar.

Nasution, N. A., & Febriani, I. S. (2023, July). Implementasi metode Baghdadi bagi peningkatan kualitas baca Al-Qur’an di Pondok Pesantren Daarusshofwah. GPAI, 10(1), 21-42. https://doi.org/10.32678/geneologipai.v10i1.8089 DOI: https://doi.org/10.32678/geneologipai.v10i1.8089

Nurgiansah, T. H. (2021). Pelatihan penelitian tindakan kelas bagi guru Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Menengah Atas se-Kabupaten Bantul. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1).

Nurhayati, N., Agusniatih, A., Amrullah, A., & Suwika, I. P. (2021, December). Pengenalan huruf hijaiyyah melalui media kartu gambar pada anak. Jurnal Observasi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2183-2191. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1850 DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1850

Perdina, S. (2022). Meningkatkan kemampuan kerjasama melalui permainan bahan alam di TK Mekar Gemilang Kubu Raya.

Permana, H. (2019). Meningkatkan keterampilan mengenal huruf hijaiyyah melalui metode Utsmani dan metode Baghdadi. Unknown Journal, 5(2).

Roqib, M. (2009). Ilmu pendidikan Islam. Yogyakarta: LKiS Yogyakarta.

Saidah, E. M., & Duri, S. H. (2022). Metode Baghdadi bagi peningkatan kualitas baca Al-Qur’an di Pondok Pesantren Hubbulwathan. Journal of Islamic Studies, 3(1).

Sari, N., Wahyuningsih, S., & Palupi, W. (2021, June). Upaya meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyyah melalui media papan flanel. KC, 9(2), 76. https://doi.org/10.20961/kc.v9i2.48112 DOI: https://doi.org/10.20961/kc.v9i2.48112

Syahrizal, H., Sukarno, & Muntholib, A. (2021, January). Kemampuan mengenal huruf hijaiyyah melalui media kartu bergambar. Ash-Shibyan, 4(01), 59-70. https://doi.org/10.46963/mash.v4i01.224 DOI: https://doi.org/10.46963/mash.v4i01.224

Ulum, M. B., Azizah, A. H., & Sandfreni, S. (2022, October). Aplikasi HijaiyahKu berbasis Android. Komputasi, 10(2), 1-8. https://doi.org/10.23960/komputasi.v10i2.3148 DOI: https://doi.org/10.23960/komputasi.v10i2.3148

Wahyuni, A., & Safitri, B. N. (2021, September). Permainan musik Feeling Band sebagai strategi peningkatan sikap sabar anak usia 4-5 tahun. Jurnal Observasi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1439-1448. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1778

Downloads

Published

2024-06-06

How to Cite

Lutfiyah, N., & Aulina, C. N. (2024). Optimalisasi Literasi Arab Awal: Hasil Metode Bagdadi di Indonesia. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(4), 14. https://doi.org/10.47134/paud.v1i4.709

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.