Assesmen Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini di KB Mutiara Sari Soneyan
DOI:
https://doi.org/10.47134/paud.v1i4.861Keywords:
Assesmen, Perkembangan, KognitifAbstract
Asesmen merupakan prosedur untuk menyimpan catatan tentang kemampuan dan perkembangan anak. Asesmen digunakan untuk mengukur tingkat perkembangan anak dan menunjukkan fase perkembanagan selanjutnya. Angka merupakan suatu konsep dasar yang dalam belajar matematika untuk menggambar jumlah kuantitas yang dilambangkan dengan simbol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini kualitatif dimana salah satu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa hasil wawancara maupun tulisan dan perilaku orang-orang yang diamati. Subyek pada penelitian ini adalah anak kelompok A dan B sebanyak 30 orang bertempat di KB Mutiara Sari Soneyan Pati Jawa Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penilaian perkembangan kognitif anak usia dini dalam mengenal angka, mengurut angka dan mencocokkan angka dalam tutupan botol yang sudah diwarnai. berdasarkan hasil analisis observasi di lapangan dapat dilihat tingkat pencapaian perkembangan kognitif anak dalam mengenal angka, mengurut angka dan mencocokkan angka dengan menggunakan tutup botol yang diwarnai berada berada pada kategori berkembang sesuai harapan
References
Az-zahra, S. A., & Puspitasari, R. N. (2022). ASESMEN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI. Prosiding Lokakarya Pendidikan Islam Anak Usia Dini ….
Dabis, Y., & Juniarti, Y. (2019). Asesmen Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Undang-undang. Jambura, 1(2), 55–65. DOI: https://doi.org/10.37411/jecej.v1i2.59
Efiawati, E., Fauziyah, D. N., Syafrida, R., & Parapat, A. (2021). Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini Di PAUD MPA Daycare. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 172–186. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v4i2.9676 DOI: https://doi.org/10.24042/ajipaud.v4i2.9676
Fajri N Delia, Yuliati Nanik, & Budyawati I, P. (2020). Analisis Pelaksanaan Asesmen Perkembangan Anak. Jurnal Edukasi, 7(2), 17–21. DOI: https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i2.22680
Hasanah, F., & Uyun, Q. (2019). Asesmen Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini (Studi Kasus Tk Khadijah Al-Muayyada Sampang). Islamic EduKids, 1(1), 31–37. https://doi.org/10.20414/iek.v1i1.1814 DOI: https://doi.org/10.20414/iek.v1i1.1814
Khadijah, K., & Amelia, N. (2020). Asesmen Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 69–82. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i1.6508 DOI: https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i1.6508
Marfu, S., Kusbiantari, D., Hikmawati, F., & Widyastuti, N. (2024). Evaluasi Hasil Belajar Anak Usia Dini dalam Menggambar Geometri pada TK BA Aisyiah Kalibanger Temanggung. 4, 1–6. DOI: https://doi.org/10.47134/paud.v1i4.676
Novitasari, Y. (2018). Analisis Permasalahan "Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini”. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01), 82–90. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v2i01.2007 DOI: https://doi.org/10.31849/paudlectura.v2i01.2007
Sari, D. Y., Nakita, I. T., & Rahma, F. (2022). Pemahaman Guru Dalam Proses Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 25–37. https://doi.org/10.31851/pernik.v5i2.7910 DOI: https://doi.org/10.31851/pernik.v5i2.7910
Syafi’i & Solichah. (2021). Asessmen Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di TK Ummul Quro Talun Kidul. Jurnal Golden Age, 5(02), 83–88.
Vina farhatunnisa haryono, V. (2022). Asesmen Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini. Smart Kids: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 63–75. https://doi.org/10.30631/smartkids.v4i2.114 DOI: https://doi.org/10.30631/smartkids.v4i2.114
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Budi Dyah Lestari, Ika Tyas Mustika Sari, Sahrul, Sri Marfu’ah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.