Assesmen Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini di KB Mutiara Sari Soneyan

Authors

  • Budi Dyah Lestari Universitas Ivet Semarang
  • Ika Tyas Mustika Sari Universitas Ivet Semarang
  • Sahrul Universitas Ivet Semarang
  • Sri Marfu’ah Universitas Ivet Semarang

DOI:

https://doi.org/10.47134/paud.v1i4.861

Keywords:

Assesmen, Perkembangan, Kognitif

Abstract

Asesmen merupakan prosedur untuk menyimpan catatan tentang kemampuan dan perkembangan anak. Asesmen digunakan untuk mengukur tingkat perkembangan anak dan menunjukkan fase perkembanagan selanjutnya. Angka merupakan suatu konsep dasar yang dalam belajar matematika untuk menggambar jumlah kuantitas yang dilambangkan dengan simbol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini kualitatif dimana salah satu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa hasil wawancara maupun tulisan dan perilaku orang-orang yang diamati. Subyek pada penelitian ini adalah anak kelompok A dan B sebanyak 30 orang bertempat di KB Mutiara Sari Soneyan Pati Jawa Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penilaian perkembangan kognitif anak usia dini dalam mengenal angka, mengurut angka dan mencocokkan angka dalam tutupan botol yang sudah diwarnai. berdasarkan hasil analisis observasi di lapangan dapat dilihat tingkat pencapaian perkembangan kognitif anak dalam mengenal angka, mengurut angka dan mencocokkan angka dengan menggunakan tutup botol yang diwarnai berada berada pada kategori berkembang sesuai harapan

References

Az-zahra, S. A., & Puspitasari, R. N. (2022). ASESMEN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI. Prosiding Lokakarya Pendidikan Islam Anak Usia Dini ….

Dabis, Y., & Juniarti, Y. (2019). Asesmen Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Undang-undang. Jambura, 1(2), 55–65. DOI: https://doi.org/10.37411/jecej.v1i2.59

Efiawati, E., Fauziyah, D. N., Syafrida, R., & Parapat, A. (2021). Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini Di PAUD MPA Daycare. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 172–186. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v4i2.9676 DOI: https://doi.org/10.24042/ajipaud.v4i2.9676

Fajri N Delia, Yuliati Nanik, & Budyawati I, P. (2020). Analisis Pelaksanaan Asesmen Perkembangan Anak. Jurnal Edukasi, 7(2), 17–21. DOI: https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i2.22680

Hasanah, F., & Uyun, Q. (2019). Asesmen Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini (Studi Kasus Tk Khadijah Al-Muayyada Sampang). Islamic EduKids, 1(1), 31–37. https://doi.org/10.20414/iek.v1i1.1814 DOI: https://doi.org/10.20414/iek.v1i1.1814

Khadijah, K., & Amelia, N. (2020). Asesmen Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 69–82. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i1.6508 DOI: https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i1.6508

Marfu, S., Kusbiantari, D., Hikmawati, F., & Widyastuti, N. (2024). Evaluasi Hasil Belajar Anak Usia Dini dalam Menggambar Geometri pada TK BA Aisyiah Kalibanger Temanggung. 4, 1–6. DOI: https://doi.org/10.47134/paud.v1i4.676

Novitasari, Y. (2018). Analisis Permasalahan "Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini”. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01), 82–90. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v2i01.2007 DOI: https://doi.org/10.31849/paudlectura.v2i01.2007

Sari, D. Y., Nakita, I. T., & Rahma, F. (2022). Pemahaman Guru Dalam Proses Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 25–37. https://doi.org/10.31851/pernik.v5i2.7910 DOI: https://doi.org/10.31851/pernik.v5i2.7910

Syafi’i & Solichah. (2021). Asessmen Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di TK Ummul Quro Talun Kidul. Jurnal Golden Age, 5(02), 83–88.

Vina farhatunnisa haryono, V. (2022). Asesmen Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini. Smart Kids: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 63–75. https://doi.org/10.30631/smartkids.v4i2.114 DOI: https://doi.org/10.30631/smartkids.v4i2.114

Downloads

Published

2024-08-16

How to Cite

Dyah Lestari, B., Ika Tyas Mustika Sari, Sahrul, & Sri Marfu’ah. (2024). Assesmen Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini di KB Mutiara Sari Soneyan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(4). https://doi.org/10.47134/paud.v1i4.861

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.