Peningkatan Kemampuan Literasi melalui Metode Pembiasaan One Day One Book Anak Usia 5-6 Tahun di TK Islam Darul Muhibbin Wedi Klaten

Authors

  • Dian Pramita Universitas Ivet Semarang
  • Ririn Linawati Universitas Ivet Semarang
  • Nailil Muna Universitas Ivet Semarang
  • Ratno Universitas Ivet Semarang

Keywords:

Kemampuan, Literasi, Pembiasaan One Day One Book

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui apakah metode One Day One Book dapat meningkatkan kemampuan literasi anak usia 5-6 tahun di TK Islam Darul Muhibbin Wedi Klaten, dan (2) Mengukur peningkatan kemampuan literasi setelah penerapan metode tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dimulai dari refleksi, identifikasi masalah, perencanaan perbaikan, pelaksanaan perbaikan, observasi, hingga penarikan kesimpulan. Data diperoleh dari proses pembelajaran One Day One Book pada kelompok usia 3-4 tahun dan hasilnya diukur pada kelompok usia 5-6 tahun di TK Islam Darul Muhibbin selama semester satu tahun ajaran 2023/2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra siklus, sekitar 80% anak belum berkembang dalam literasi. Setelah penerapan metode ini, pada siklus I terdapat peningkatan sebesar 20%, dari 40% menjadi 60%. Pada siklus II, persentase anak yang berkembang meningkat sebesar 30%, hingga mencapai 90% pada akhir siklus. Peningkatan ini menunjukkan keberhasilan metode One Day One Book dalam meningkatkan kemampuan literasi anak.

References

Abidin, Y., & Yunansah, P. L. (2021) Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. Sains, Membaca, dan Menulis. Bumi Aksara. Jakarta.

Arleena A dkk. (2021) Buku panduan guru Belajar dan Bermain Berbasis Buku. Kemendikbud, Riset dan Teknologi. Jakarta

Ari P, dkk. (2018) Kisah Teladan Para Nabi Seri 2. Zain Penyejuk Hati. Solo

Basyiroh, Iis. "Program pengembangan kemampuan literasi anak usia dini." Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Paud Stkip Siliwangi Bandung 3.2 (2017): 120-134.

Budiarti, E., Farista, D., Palupi, D. I., Wonga Wara, L., Rubiah, S. A., & Harti, U. (2022). Storytelling One Day One Book Terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(12), 1091–1101. https://doi.org/10.59141/japendi.v3i12.1405

Dalimunthe, M. (2019). Pengelolaan literasi dalam meningkatkan mutu pendidikan. Sabilarrsyad, Iv, 1, 104-112.

Egić, B. (2023). Impact of school for future parents and first preventive examination in the first year of life on oral habits. Journal of Clinical Pediatric Dentistry, 47(6), 94–99. https://doi.org/10.22514/jocpd.2023.083

Elly Aditya, S & Muhammad A, Buku panduan guru capaian pembelajaran Elemen Dasar Dasar Literasi & STEAM, (Jakarta:Kemendikbud, Riset dan Teknologi, 2021)

Fadlah I. Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Anak Melalui Penggunaan Media Boneka Tangan (Bachelor's thesis, Jakarta: Institut Perguruan Tinggi ILmu Al Quran. 2019).

Fuadah, S. S. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Buku Ilustrasi di RA Nurul Falah Karawang.

Fuadah, S. S. Peningkatan Kemampuan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Buku Ilustrasi Di RA Nurul Falah Karawang (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Hsieh, T. Y. (2023). Positive influence: The first and last mile of leadership. Positive Influence: The First And Last Mile Of Leadership, 1–360. https://doi.org/10.1142/y0025

Koçak, Z. (2023). Tools Used By the Women of Manastir in Their Daily Lives (1700-1730). Osmanli Mirasi Arastirmalari Dergisi, 10(26), 199–223. https://doi.org/10.17822/omad.2023.240

Lisdy Rahayu. (2020) Seri kemandirian: Aku Mandi Sendiri, Gema Insani. Depok

Magu, S. M. (2022). Barakoa (Masks) during COVID-19: Malevolent pathogens and pandemic responses in Kenya after 600 days. Barakoa (Masks) During COVID-19: Malevolent Pathogens and Pandemic Responses in Kenya After 600 Days, 1–196. https://doi.org/10.52305/UEGU1362

Matore, D. (2023). The Graphics of Verse: Experimental Typography in Twentieth-Century Poetry. The Graphics of Verse: Experimental Typography in Twentieth-Century Poetry, 1–244. https://doi.org/10.1093/oso/9780192857217.001.0001

Maulana, A., Yunitasari, N., Hikmah, R. N., Rusmana, R., & Khomaeny, E. F. F. (2018). Bermain Ludo Untuk Meningkatkan Sosial Anak Usia Dini. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 2(2a), 36–45. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v2i2a.285

Messner, K. (2023). 59 Reasons to Write: Mini-Lessons, Prompts, and Inspiration for Teachers. 59 Reasons to Write: Mini-Lessons, Prompts, and Inspiration for Teachers, 1–208. https://doi.org/10.4324/9781032680446

Poldrack, R. A. (2021). Hard to Break: Why Our Brains Make Habits Stick. Hard to Break: Why Our Brains Make Habits Stick, 1–216.

Priyanto, A. (2014). Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain. Journal.Uny.Ac.Id, 02.

Rouse, W. B. (2023). Bigger Pictures for Innovation: Creating Solutions, Managing Enterprises, and Influencing Policies. Bigger Pictures for Innovation: Creating Solutions, Managing Enterprises, and Influencing Policies, 1–197. https://doi.org/10.4324/9781003365549

Sinopoulou, V. (2021). Interventions for the management of abdominal pain in Crohn’s disease and inflammatory bowel disease. Cochrane Database of Systematic Reviews, 2021(11). https://doi.org/10.1002/14651858.CD013531.pub2

Downloads

Published

2024-08-30

How to Cite

Pramita, D., Linawati, R., Muna, N., & Ratno. (2024). Peningkatan Kemampuan Literasi melalui Metode Pembiasaan One Day One Book Anak Usia 5-6 Tahun di TK Islam Darul Muhibbin Wedi Klaten. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(4), 8. Retrieved from https://edu.pubmedia.id/index.php/paud/article/view/878

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.