Penggunaan E-Modul Berbasis Pemecahan Masalah sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI AKL 3 SMK Negeri Jenawi

Authors

  • Royani Pujiastuti Pendidikan Akuntansi, FKIP, Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Sri Sumaryati Pendidikan Akuntansi, FKIP, Universitas Sebelas Maret Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.47134/ptk.v2i2.1395

Keywords:

E-modul berbasis Pemecahan Masalah, Kemampuan Berpikir Kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui penggunaan e-modul berbasis pemecahan masalah pada mata pelajaran Akuntansi kelas XI AKL 3 SMK Negeri Jenawi. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI AKL 3 SMK Negeri Jenawi berjumlah 36 peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes, dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan validitas isi dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan berpikir kritis melalui penggunaan e-modul berbasis pemecahan masalah. Penelitian ini menetapkan indikator capaian keberhasilan yaitu 75% dari peserta didik mampu mencapai kemampuan berpikir kritis pada kategori tinggi. Pada pra tindakan, ketercapaian kemampuan berpikir kritis peserta didik sebesar 33,33%, siklus I menjadi 52,78% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 80,56%.

References

Cojocariu, V.M., & Butnaru, C.E. (2014). Asking Questions- Critical Thinking Tools. Procedia Social and Behavioral Science. Elseviar DOI: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.03.112

Dores, O. J., Wibowo, D. C., & Susanti, S. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Matematika. J-PiMat: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 242-254. DOI: https://doi.org/10.31932/j-pimat.v2i2.889

Fajarini, Sahara. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Penerapan Model Think Talk Write Berbantuan Kartu Soal Pada Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan Di SMK Negeri 3 Surakarta. Jurnal “Tata Arta” FFFUNS, 6(3), 45–55.

Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan Modul Elektronik (E-modul) Interaktif pada Mata Pelajaran Kimia Kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191. DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424

Khairani. (2020). Pengembangan E-Modul Konservasi Gajah Sumatera di Taman Nasional Tesso Nilo Sebagai Pengayaan Materi Mata Kuliah Konservasi Sumber Daya Hayati. Jurnal Universitas Islam Riau Pekanbaru.

Oronce, J. P., & Manalo, D. A. O. (2021). Development and Validation of Flopbook in Earth and Life Science. IOER Internasional Multidiciplinary Resecch Journal, 3(2). DOI: https://doi.org/10.54476/iimrj273

Permana, I., Zulhijatiningsih, Z., & Kurniasih, S. (2021). Efektivitas E-modul Sistem Pencernaan Berbasis Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA), 5(1), 36-47. DOI: https://doi.org/10.24815/jipi.v5i1.18372

Purwati. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan Kuadrat pada Pembelajaran Model Creative Problem Solving. Jurnal Kadikma, 7(1).

Redhana, 1.W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad ke-21 dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. Vol 13. No. 1

Salim, H.A., Santosa, S., & Fatmawati, U. (2015) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa X MIPA 2 SMA Negeri 6 Surakarta. Jurnal Bio Pedagogi, 4(2), 15-19.

Saparuddin. (2022). Penggunaan E-Modul Sebagai Solusi untuk Meningkatkan Motivasi dan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Biologi FMIPA UNM.

Sari, D. K. (2021). Pengembangan E-modul Praktikum Fisika Dasar 1 dengan Pendekatan STEM untuk Menumbuhkan Kemandirian Belajar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(1). DOI: https://doi.org/10.20961/jdc.v5i1.50560

Sari, D.F. (2014). Pemecahan Masalah Berdasarkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi. Universitas Tanjungpura Pontianak.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). CV Alfabeta.

Sukendo, A. (2016). Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Dasar, Vol 7.

Sulistiarini, T., Marmoah, S., & Sriyanto, M. I. (2023) Faktor yang Mempengaruhi Kemandirian Belajar dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Didaktika Dwija Indria, 11(2). DOI: https://doi.org/10.20961/ddi.v11i2.75561

Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra (13-28).

Wahyuni, R., & Efuansyah. (2018). Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Menggunakan Strategi Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 2(1). DOI: https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.778

Yanuarta, L., Gofar, A., & Indriwati, E. (2016). Pemberdayaan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Implementasi Model Pembelajaran Think Talk Write Dipadu Problem Based Learning. Prosiding Pendidikan Biologi, 14(1).

Downloads

Published

2025-01-17

How to Cite

Pujiastuti, R., & Sumaryati, S. (2025). Penggunaan E-Modul Berbasis Pemecahan Masalah sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI AKL 3 SMK Negeri Jenawi. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 2(2), 11. https://doi.org/10.47134/ptk.v2i2.1395

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.