Strategi Guru PAK Dalam Meningkatkan Hasil Belajar dengan Menggunakan Metode Student Teams Achievement Division di SMPN Satu Atap Basarani
DOI:
https://doi.org/10.47134/ptk.v2i2.1419Keywords:
Hasil Belajar, Metode Student Teams Achievement DivisionAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas Vlll B di SMPN Satu Atap Basarani melalui metode student teams achievement division. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). PTK adalah penelitian yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan memperbaiki mutu. Lokasi penelitian di SMPN Satu Atap Basarani, Desa Nayubaya, Kecamatan Wotanulumado, Kabupaten Flores Timur. Subyek penelitian adalah siswa kelas Vlll B yang berjumalh 19 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan oktober 2024. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus l, aktivitas guru mendapat nilai rata-rata 2,3 dengan kategori cukup baik (C), sedangkan aktivitas siswa mendapat nilai rata-rata 2,35 dengan kategori cukup baik (C). Kemudian siklus ll, aktivitas guru memperoleh nilai rata-rata 3,9 dengan kategori sangat baik (A), sedangkan aktivitas siswa memperoleh nilai rata-rata 3,85 dengan kategori sangat baik (A). Hasil belajar pada siklus 1 memperoleh nilai ketuntasan 78,94 % dengan nilai tidak tuntas 21%. Sedangkan hasil belajar pada siklus ll memperoleh nilai 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada penigkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode student teams achievement division pada siskal kelas Vlll B di SMPN Satu Atap Basarani.
References
Dimyati & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta.
Dudung. A. (2018). Kompetensi Profesional guru. Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan, 5(1), 9–19. DOI: https://doi.org/10.21009/JKKP.051.02
Esminarto. (2016). Implementasi Model STAD Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Riset Dan Konseptua, 1(1), 16–23. DOI: https://doi.org/10.28926/briliant.v1i1.2
Hutajulu, L. A. & dkk. (2022). Peran Guru Pendidikan Agama Katolik dalam Pembinaan Iman Peserta Didik di SMP St. Thomas 3 Medan. Pendidikan Agama Dan Teologi, 2(7), 221–226. DOI: https://doi.org/10.56393/intheos.v2i7.1251
Linda, H. (2021). “ Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Type Stad (Student Teams Achievement Division) Pada Siswa Kelas XII IPA 1 SMA Negeri 4 Bengkulu Utara. Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 1(1), 137–146.
Manalu, A. (2024). Model Pembelajaran Kooperatif. Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia Anggota Ikapi Jawa Barat.
Nasution, S. (2003). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Tarsito.
Nasution, S. (2006). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar,. Bumi Aksara.
Purwanto, N. (2007). Psikologi Pendidikan. Remaja Rosdakarya.
Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Rajagrafindo Persada.
Sudjada, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya.
Sudjada, N. & Ibrahim. (2009). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Sinar Baru Algesino.
Sutasti, E. (2021). Penerapan Model Student Teams- Achievement Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar. Kewarganegaraan, 2(2), 55–61. DOI: https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1280
Suyono, H. (2011). Belajar dan pembelajaran. Remaja Rosdakarya.
Sanjaya, W. (2009). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Kencana.
Sitio, H. et al. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Team Achievement Division ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Ekonomi, Bisnis, Dan Teknologi, 1(2), 221–235. DOI: https://doi.org/10.51878/learning.v1i2.396
Solihatin, E. (2005). Cooperative Learning. Bumi Aksara.
Uno, H. B. (2016). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. PT Bumi Aksara.
Uno, H. B. & Mohamad. N. (2019). Belajar dengan pendekatan Paiken. PT. Bumi Aksara.
Wulandari, I. (2024). Model Pembelajaran Koopertaif Tipe STAD (STUDENT Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI)”,. Papeda, 4(5), 17–23. DOI: https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i1.1754
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fransiska Astriana Woga, Henderika Hergeka Hayon

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.