Strategi Guru PAK Dalam Meningkatkan Hasil Belajar dengan Menggunakan Metode Student Teams Achievement Division di SMPN Satu Atap Basarani

Authors

  • Fransiska Astriana Woga Sekolah Tinggi Pastoral Reinha Larantuka
  • Henderika Hergeka Hayon Sekolah Tinggi Pastoral Reinha Larantuka

DOI:

https://doi.org/10.47134/ptk.v2i2.1419

Keywords:

Hasil Belajar, Metode Student Teams Achievement Division

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas Vlll B di SMPN Satu Atap Basarani melalui metode student  teams achievement division. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas  (PTK). PTK adalah penelitian yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan memperbaiki mutu. Lokasi penelitian di SMPN Satu Atap Basarani, Desa Nayubaya, Kecamatan Wotanulumado, Kabupaten Flores Timur. Subyek penelitian adalah siswa kelas Vlll B yang berjumalh 19 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan oktober 2024. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus l, aktivitas guru mendapat nilai rata-rata 2,3 dengan kategori cukup baik (C), sedangkan aktivitas siswa mendapat nilai rata-rata 2,35 dengan kategori cukup baik (C). Kemudian siklus ll, aktivitas guru memperoleh nilai rata-rata 3,9 dengan kategori sangat baik (A), sedangkan aktivitas siswa memperoleh nilai rata-rata 3,85 dengan kategori sangat baik (A). Hasil belajar pada siklus 1 memperoleh nilai ketuntasan 78,94 % dengan nilai tidak tuntas 21%. Sedangkan hasil belajar pada siklus ll memperoleh nilai 100%. Dengan  demikian dapat disimpulkan bahwa ada penigkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode student teams achievement division pada siskal kelas Vlll B di SMPN Satu Atap Basarani.

References

Dimyati & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta.

Dudung. A. (2018). Kompetensi Profesional guru. Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan, 5(1), 9–19. DOI: https://doi.org/10.21009/JKKP.051.02

Esminarto. (2016). Implementasi Model STAD Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Riset Dan Konseptua, 1(1), 16–23. DOI: https://doi.org/10.28926/briliant.v1i1.2

Hutajulu, L. A. & dkk. (2022). Peran Guru Pendidikan Agama Katolik dalam Pembinaan Iman Peserta Didik di SMP St. Thomas 3 Medan. Pendidikan Agama Dan Teologi, 2(7), 221–226. DOI: https://doi.org/10.56393/intheos.v2i7.1251

Linda, H. (2021). “ Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Type Stad (Student Teams Achievement Division) Pada Siswa Kelas XII IPA 1 SMA Negeri 4 Bengkulu Utara. Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 1(1), 137–146.

Manalu, A. (2024). Model Pembelajaran Kooperatif. Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia Anggota Ikapi Jawa Barat.

Nasution, S. (2003). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Tarsito.

Nasution, S. (2006). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar,. Bumi Aksara.

Purwanto, N. (2007). Psikologi Pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Rajagrafindo Persada.

Sudjada, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya.

Sudjada, N. & Ibrahim. (2009). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Sinar Baru Algesino.

Sutasti, E. (2021). Penerapan Model Student Teams- Achievement Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar. Kewarganegaraan, 2(2), 55–61. DOI: https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1280

Suyono, H. (2011). Belajar dan pembelajaran. Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, W. (2009). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Kencana.

Sitio, H. et al. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Team Achievement Division ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Ekonomi, Bisnis, Dan Teknologi, 1(2), 221–235. DOI: https://doi.org/10.51878/learning.v1i2.396

Solihatin, E. (2005). Cooperative Learning. Bumi Aksara.

Uno, H. B. (2016). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. PT Bumi Aksara.

Uno, H. B. & Mohamad. N. (2019). Belajar dengan pendekatan Paiken. PT. Bumi Aksara.

Wulandari, I. (2024). Model Pembelajaran Koopertaif Tipe STAD (STUDENT Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI)”,. Papeda, 4(5), 17–23. DOI: https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i1.1754

Downloads

Published

2025-02-18

How to Cite

Woga, F., & Hayon, H. (2025). Strategi Guru PAK Dalam Meningkatkan Hasil Belajar dengan Menggunakan Metode Student Teams Achievement Division di SMPN Satu Atap Basarani. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 2(2), 10. https://doi.org/10.47134/ptk.v2i2.1419

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.