Optimalisasi Prestasi Kerja terhadap Promosi Pendidik dan Tenaga Kependidikan SMA Sunan Giri Menganti

Authors

DOI:

https://doi.org/10.47134/ptk.v1i3.483

Keywords:

Prestasi Kerja, Promosi, Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Abstract

Sekolah menuntut warganya untuk unggul, baik dalam aspek agama, pendidikan, hingga kehidupan berbangsa dan bernegara. Faktanya, masih banyak permasalahan berupa prestasi baik guru maupun siswanya, seperti kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, serta staf tata usaha yang tidak profesional dalam melayani kebutuhan siswa. Sebagai salah satu kriteria dari promosi, prestasi kerja merupakan komponen yang selalu menyertai guru atau tenaga kependidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui optimalisasi prestasi kerja terhadap promosi guru di SMA Sunan Giri Menganti. Riset ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara. SMA Sunan Giri tercatat sudah melakukan promosi jabatan per hari ini. Prosesnya diawasi langsung oleh Kepala Sekolah dan Ketua Yayasan. Dengan kriteria utamanya adalah prestasi kerja yang baik. Berdasarkan informasi dan pengamatan penulis di SMA Sunan Giri Menganti, prestasi kerja yang optimal berpengaruh terhadap persyaratan promosi jabatan pendidik.

References

Adi, H. C., Zulvia, M., & Asyha, A. F. (2020). Studi Kompetensi Guru Dan Linieritas Pendidikan Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Di Sd Negeri 1 Gunung Tiga Dan Sd Negeri 1 Ngarip Lampung. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 245–255. https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i2.5140

Adi, H. C., Zulvia, M., & Asyha, A. F. (2020). Studi Kompetensi Guru Dan Linieritas Pendidikan Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Di Sd Negeri 1 Gunung Tiga Dan Sd Negeri 1 Ngarip Lampung. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 245–255. https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i2.5140 DOI: https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i2.5140

Akasah, H. (2023). Moh Huri Kembangkan Kreativitas Batik di Pelajar. Radar Gresik. https://radargresik.jawapos.com/moncer-seru/83941070/moh-huri-kembangkan-kreativitas-batik-di-pelajar

Akasah, H. (2023). Moh Huri Kembangkan Kreativitas Batik di Pelajar. Radar Gresik. https://radargresik.jawapos.com/moncer-seru/83941070/moh-huri-kembangkan-kreativitas-batik-di-pelajar

Aktaş, İ. (2020). Investigating the impact of TPACK development course on pre-service science teachers’ performances. Asia Pacific Education Review, 21(4), 667–682. https://doi.org/10.1007/s12564-020-09653-x DOI: https://doi.org/10.1007/s12564-020-09653-x

Aravena-Gaete, M. (2021). Evaluation of teacher performance: A look from the certification agencies. Profesorado, 25(1), 297–317. https://doi.org/10.30827/profesorado.v25i1.8302 DOI: https://doi.org/10.30827/profesorado.v25i1.8302

Aucejo, E. (2022). DOES EVALUATION CHANGE TEACHER EFFORT AND PERFORMANCE? QUASI-EXPERIMENTAL EVIDENCE FROM A POLICY OF RETESTING STUDENTS. Review of Economics and Statistics, 104(3), 417–430. https://doi.org/10.1162/rest_a_00962 DOI: https://doi.org/10.1162/rest_a_00962

Chamizo-Nieto, M. T. (2021). The Role of Emotional Intelligence, the Teacher-Student Relationship, and Flourishing on Academic Performance in Adolescents: A Moderated Mediation Study. Frontiers in Psychology, 12. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.695067 DOI: https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.695067

Coogle, C. G. (2020). Performance-Based Feedback to Enhance Preservice Teachers’ Practice and Preschool Children’s Expressive Communication. Journal of Teacher Education, 71(2), 188–202. https://doi.org/10.1177/0022487118803583 DOI: https://doi.org/10.1177/0022487118803583

Esthi, F. (2019). Analisis Gaya Hidup Imitasi Remaja dalam Komunitas Maranatha Youthteen di Ungaran, 28–34.

Esthi, F. (2019). Analisis Gaya Hidup Imitasi Remaja dalam Komunitas Maranatha Youthteen di Ungaran. 28–34.

Fischer, C. (2020). Identifying levers related to student performance on high-stakes science exams: Examining school, teaching, teacher, and professional development characteristics. Teachers College Record, 122(2). DOI: https://doi.org/10.1177/016146812012200202

Gunawan, Y. M., & Tarto. (2018). Pengaruh Budaya Kerja Dan Disiplin Kerja terhadap Loyalitas Guru (Survei Pada Guru di Sekolah Dasar Negeri Kota Tangerang). Prosiding Seminar Nasional Unimus, 1, 447–452.

Gunawan, Y. M., & Tarto. (2018). Pengaruh Budaya Kerja Dan Disiplin Kerja terhadap Loyalitas Guru (Survei Pada Guru di Sekolah Dasar Negeri Kota Tangerang). Prosiding Seminar Nasional Unimus, 1, 447–452.

Hanushek, E. A. (2020). The Value of Smarter Teachers International Evidence on Teacher Cognitive Skills and Student Performance. Journal of Human Resources, 54(4), 857–899. https://doi.org/10.3368/jhr.54.4.0317.8619R1 DOI: https://doi.org/10.3368/jhr.54.4.0317.8619R1

Hasibuan, M. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara.

Herdiana, E. P. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Sikap kerja Keras Siswa Menggunakan Problem Based Learning Kelas VIIF SMPN 2 Adipala, 8–30.

Herdiana, E. P. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Sikap kerja Keras Siswa Mengunakan Problem Based Leaning Kelas VIIF SMPN 2 Adipala. 8–30. DOI: https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol2no2.2017pp131-146

Imhangbe, O. (2019). Principals’ leadership styles and teachers’ job performance: Evidence from Edo State, Nigeria. Educational Management Administration and Leadership, 47(6), 909–924. https://doi.org/10.1177/1741143218764178 DOI: https://doi.org/10.1177/1741143218764178

Komputasi, K. K. M. O. dan. (2023). Rekam Jejak. Universitas Brawijaya. http://optimization.mipa.ub.ac.id/rekam-jejak/

Komputasi, K. K. M. O. dan. (2023). Rekam Jejak. Universitas Brawijaya. http://optimization.mipa.ub.ac.id/rekam-jejak/

Lono. (2023). SMA Sunan Giri Menganti Mewakili Gresik Pameran Tingkat Provinsi Jawa Timur. Dorronline. https://dorronlinenews.com/2023/05/sma-sunan-giri-menganti-mewakili-gresik-pameran-tingkat-provinsi-jawa-timur/

Lono. (2023). SMA Sunan Giri Menganti Mewakili Gresik Pameran Tingkat Provinsi Jawa Timur. Dorronline. https://dorronlinenews.com/2023/05/sma-sunan-giri-menganti-mewakili-gresik-pameran-tingkat-provinsi-jawa-timur/

Mukti, S. (2017). Pengaruh Kualifikasi Pendidikan dan Pengembangan Karir Terhadap Produktivitas Kerja Guru. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 81–90.

Obreque, A. (2019). Evaluation of teacher performance in chile: Perception of poorly evaluated teachers. Cadernos de Pesquisa, 49(172), 144–163. https://doi.org/10.1590/198053145792 DOI: https://doi.org/10.1590/198053145792

Pallas, A. M. (2023). The Rhetoric of Teacher Evaluation: New York City Teachers’ Responses to Performance Labels. Educational Policy, 37(3), 769–799. https://doi.org/10.1177/08959048211049432 DOI: https://doi.org/10.1177/08959048211049432

Parcerisa, L. (2022). Teacher Autonomy in the Age of Performance-based Accountability: A Review based on Teaching Profession Regulatory Models (2017-2020). Education Policy Analysis Archives, 30. https://doi.org/10.14507/EPAA.30.6204 DOI: https://doi.org/10.14507/epaa.30.6204

Patel. (2019). Pengaruh Disiplin Terhadap Sikap Belajar. Jurnal Kedisiplinan, 1(1), 8–25.

Patel. (2019). Pengaruh Disiplin Terhadap Sikap Belajar. Jurnal Kedisiplinan, 1(1), 8–25.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia, Pub. L. No. 16, 4 (2007).

Rodrigo, P. B. (2021). Teacher’s performance evaluation at a Mexican public university. Revista de La Educacion Superior, 50(200), 25–46. https://doi.org/10.36857/resu.2021.200.1888

Royer, D. J. (2019). A Systematic Review of Teacher-Delivered Behavior-Specific Praise on K–12 Student Performance. Remedial and Special Education, 40(2), 112–128. https://doi.org/10.1177/0741932517751054 DOI: https://doi.org/10.1177/0741932517751054

Shafira, C., Saptawan, A., Hidayat, T., & Marthalia, D. (2023). Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi Kerja, Dan Promosi Jabatan Terhadap Kinerja Guru Pada Sekolah Islam Terpadu (SIT) Bina Ilmi Palembang, 1(3), 250–260.

Shafira, C., Saptawan, A., Hidayat, T., & Marthalia, D. (2023). Pengaruh Kepemimpinan , Motivasi Kerja , Dan Promosi Jabatan Terhadap Kinerja Guru Pada Sekolah Islam Terpadu ( SIT ) Bina Ilmi Palembang. 1(3), 250–260.

Suhaimi. (2023). Dahsyatnya Kemauan Membuat Kita Gigih Mewujudkan Impian, Berani Menghadapi Tantangan dan Ketidakpastian. Melintas ID. https://www.melintas.id/opini/341356941/dahsyatnya-kemauan-membuat-kita-gigih-mewujudkan-impian-berani-menghadapi-tantangan-dan-ketidakpastian

Suhaimi. (2023). Dahsyatnya Kemauan Membuat Kita Gigih Mewujudkan Impian, Berani Menghadapi Tantangan dan Ketidakpastian. Melintas ID. https://www.melintas.id/opini/341356941/dahsyatnya-kemauan-membuat-kita-gigih-mewujudkan-impian-berani-menghadapi-tantangan-dan-ketidakpastian

Tamm, L. (2019). Concordance of teacher-rated and performance-based measures of executive functioning in preschoolers. Child Neuropsychology, 25(3), 410–424. https://doi.org/10.1080/09297049.2018.1484085 DOI: https://doi.org/10.1080/09297049.2018.1484085

Tsai, M. N. (2020). A brainstorming flipped classroom approach for improving students’ learning performance, motivation, teacher-student interaction and creativity in a civics education class. Thinking Skills and Creativity, 38. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100747 DOI: https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100747

Waeyenberg, T. Van. (2022). Performance management and teacher performance: the role of affective organizational commitment and exhaustion. International Journal of Human Resource Management, 33(4), 623–646. https://doi.org/10.1080/09585192.2020.1754881 DOI: https://doi.org/10.1080/09585192.2020.1754881

Zhang, L. (2019). Be your own teacher: Improve the performance of convolutional neural networks via self distillation. Proceedings of the IEEE International Conference on Computer Vision, 2019, 3712–3721. https://doi.org/10.1109/ICCV.2019.00381 DOI: https://doi.org/10.1109/ICCV.2019.00381

Downloads

Published

2024-05-28

How to Cite

Andini, S., Ramadhani, A., Chantika, D. R., & Trihantoyo, S. (2024). Optimalisasi Prestasi Kerja terhadap Promosi Pendidik dan Tenaga Kependidikan SMA Sunan Giri Menganti. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(3), 9. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i3.483

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 

You may also start an advanced similarity search for this article.