Optimalisasi Prestasi Kerja terhadap Promosi Pendidik dan Tenaga Kependidikan SMA Sunan Giri Menganti
DOI:
https://doi.org/10.47134/ptk.v1i3.483Keywords:
Prestasi Kerja, Promosi, Manajemen Pendidik dan Tenaga KependidikanAbstract
Sekolah menuntut warganya untuk unggul, baik dalam aspek agama, pendidikan, hingga kehidupan berbangsa dan bernegara. Faktanya, masih banyak permasalahan berupa prestasi baik guru maupun siswanya, seperti kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, serta staf tata usaha yang tidak profesional dalam melayani kebutuhan siswa. Sebagai salah satu kriteria dari promosi, prestasi kerja merupakan komponen yang selalu menyertai guru atau tenaga kependidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui optimalisasi prestasi kerja terhadap promosi guru di SMA Sunan Giri Menganti. Riset ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara. SMA Sunan Giri tercatat sudah melakukan promosi jabatan per hari ini. Prosesnya diawasi langsung oleh Kepala Sekolah dan Ketua Yayasan. Dengan kriteria utamanya adalah prestasi kerja yang baik. Berdasarkan informasi dan pengamatan penulis di SMA Sunan Giri Menganti, prestasi kerja yang optimal berpengaruh terhadap persyaratan promosi jabatan pendidik.
References
Adi, H. C., Zulvia, M., & Asyha, A. F. (2020). Studi Kompetensi Guru Dan Linieritas Pendidikan Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Di Sd Negeri 1 Gunung Tiga Dan Sd Negeri 1 Ngarip Lampung. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 245–255. https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i2.5140
Adi, H. C., Zulvia, M., & Asyha, A. F. (2020). Studi Kompetensi Guru Dan Linieritas Pendidikan Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Di Sd Negeri 1 Gunung Tiga Dan Sd Negeri 1 Ngarip Lampung. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 245–255. https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i2.5140 DOI: https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i2.5140
Akasah, H. (2023). Moh Huri Kembangkan Kreativitas Batik di Pelajar. Radar Gresik. https://radargresik.jawapos.com/moncer-seru/83941070/moh-huri-kembangkan-kreativitas-batik-di-pelajar
Akasah, H. (2023). Moh Huri Kembangkan Kreativitas Batik di Pelajar. Radar Gresik. https://radargresik.jawapos.com/moncer-seru/83941070/moh-huri-kembangkan-kreativitas-batik-di-pelajar
Aktaş, İ. (2020). Investigating the impact of TPACK development course on pre-service science teachers’ performances. Asia Pacific Education Review, 21(4), 667–682. https://doi.org/10.1007/s12564-020-09653-x DOI: https://doi.org/10.1007/s12564-020-09653-x
Aravena-Gaete, M. (2021). Evaluation of teacher performance: A look from the certification agencies. Profesorado, 25(1), 297–317. https://doi.org/10.30827/profesorado.v25i1.8302 DOI: https://doi.org/10.30827/profesorado.v25i1.8302
Aucejo, E. (2022). DOES EVALUATION CHANGE TEACHER EFFORT AND PERFORMANCE? QUASI-EXPERIMENTAL EVIDENCE FROM A POLICY OF RETESTING STUDENTS. Review of Economics and Statistics, 104(3), 417–430. https://doi.org/10.1162/rest_a_00962 DOI: https://doi.org/10.1162/rest_a_00962
Chamizo-Nieto, M. T. (2021). The Role of Emotional Intelligence, the Teacher-Student Relationship, and Flourishing on Academic Performance in Adolescents: A Moderated Mediation Study. Frontiers in Psychology, 12. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.695067 DOI: https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.695067
Coogle, C. G. (2020). Performance-Based Feedback to Enhance Preservice Teachers’ Practice and Preschool Children’s Expressive Communication. Journal of Teacher Education, 71(2), 188–202. https://doi.org/10.1177/0022487118803583 DOI: https://doi.org/10.1177/0022487118803583
Esthi, F. (2019). Analisis Gaya Hidup Imitasi Remaja dalam Komunitas Maranatha Youthteen di Ungaran, 28–34.
Esthi, F. (2019). Analisis Gaya Hidup Imitasi Remaja dalam Komunitas Maranatha Youthteen di Ungaran. 28–34.
Fischer, C. (2020). Identifying levers related to student performance on high-stakes science exams: Examining school, teaching, teacher, and professional development characteristics. Teachers College Record, 122(2). DOI: https://doi.org/10.1177/016146812012200202
Gunawan, Y. M., & Tarto. (2018). Pengaruh Budaya Kerja Dan Disiplin Kerja terhadap Loyalitas Guru (Survei Pada Guru di Sekolah Dasar Negeri Kota Tangerang). Prosiding Seminar Nasional Unimus, 1, 447–452.
Gunawan, Y. M., & Tarto. (2018). Pengaruh Budaya Kerja Dan Disiplin Kerja terhadap Loyalitas Guru (Survei Pada Guru di Sekolah Dasar Negeri Kota Tangerang). Prosiding Seminar Nasional Unimus, 1, 447–452.
Hanushek, E. A. (2020). The Value of Smarter Teachers International Evidence on Teacher Cognitive Skills and Student Performance. Journal of Human Resources, 54(4), 857–899. https://doi.org/10.3368/jhr.54.4.0317.8619R1 DOI: https://doi.org/10.3368/jhr.54.4.0317.8619R1
Hasibuan, M. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara.
Herdiana, E. P. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Sikap kerja Keras Siswa Menggunakan Problem Based Learning Kelas VIIF SMPN 2 Adipala, 8–30.
Herdiana, E. P. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Sikap kerja Keras Siswa Mengunakan Problem Based Leaning Kelas VIIF SMPN 2 Adipala. 8–30. DOI: https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol2no2.2017pp131-146
Imhangbe, O. (2019). Principals’ leadership styles and teachers’ job performance: Evidence from Edo State, Nigeria. Educational Management Administration and Leadership, 47(6), 909–924. https://doi.org/10.1177/1741143218764178 DOI: https://doi.org/10.1177/1741143218764178
Komputasi, K. K. M. O. dan. (2023). Rekam Jejak. Universitas Brawijaya. http://optimization.mipa.ub.ac.id/rekam-jejak/
Komputasi, K. K. M. O. dan. (2023). Rekam Jejak. Universitas Brawijaya. http://optimization.mipa.ub.ac.id/rekam-jejak/
Lono. (2023). SMA Sunan Giri Menganti Mewakili Gresik Pameran Tingkat Provinsi Jawa Timur. Dorronline. https://dorronlinenews.com/2023/05/sma-sunan-giri-menganti-mewakili-gresik-pameran-tingkat-provinsi-jawa-timur/
Lono. (2023). SMA Sunan Giri Menganti Mewakili Gresik Pameran Tingkat Provinsi Jawa Timur. Dorronline. https://dorronlinenews.com/2023/05/sma-sunan-giri-menganti-mewakili-gresik-pameran-tingkat-provinsi-jawa-timur/
Mukti, S. (2017). Pengaruh Kualifikasi Pendidikan dan Pengembangan Karir Terhadap Produktivitas Kerja Guru. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 81–90.
Obreque, A. (2019). Evaluation of teacher performance in chile: Perception of poorly evaluated teachers. Cadernos de Pesquisa, 49(172), 144–163. https://doi.org/10.1590/198053145792 DOI: https://doi.org/10.1590/198053145792
Pallas, A. M. (2023). The Rhetoric of Teacher Evaluation: New York City Teachers’ Responses to Performance Labels. Educational Policy, 37(3), 769–799. https://doi.org/10.1177/08959048211049432 DOI: https://doi.org/10.1177/08959048211049432
Parcerisa, L. (2022). Teacher Autonomy in the Age of Performance-based Accountability: A Review based on Teaching Profession Regulatory Models (2017-2020). Education Policy Analysis Archives, 30. https://doi.org/10.14507/EPAA.30.6204 DOI: https://doi.org/10.14507/epaa.30.6204
Patel. (2019). Pengaruh Disiplin Terhadap Sikap Belajar. Jurnal Kedisiplinan, 1(1), 8–25.
Patel. (2019). Pengaruh Disiplin Terhadap Sikap Belajar. Jurnal Kedisiplinan, 1(1), 8–25.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia, Pub. L. No. 16, 4 (2007).
Rodrigo, P. B. (2021). Teacher’s performance evaluation at a Mexican public university. Revista de La Educacion Superior, 50(200), 25–46. https://doi.org/10.36857/resu.2021.200.1888
Royer, D. J. (2019). A Systematic Review of Teacher-Delivered Behavior-Specific Praise on K–12 Student Performance. Remedial and Special Education, 40(2), 112–128. https://doi.org/10.1177/0741932517751054 DOI: https://doi.org/10.1177/0741932517751054
Shafira, C., Saptawan, A., Hidayat, T., & Marthalia, D. (2023). Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi Kerja, Dan Promosi Jabatan Terhadap Kinerja Guru Pada Sekolah Islam Terpadu (SIT) Bina Ilmi Palembang, 1(3), 250–260.
Shafira, C., Saptawan, A., Hidayat, T., & Marthalia, D. (2023). Pengaruh Kepemimpinan , Motivasi Kerja , Dan Promosi Jabatan Terhadap Kinerja Guru Pada Sekolah Islam Terpadu ( SIT ) Bina Ilmi Palembang. 1(3), 250–260.
Suhaimi. (2023). Dahsyatnya Kemauan Membuat Kita Gigih Mewujudkan Impian, Berani Menghadapi Tantangan dan Ketidakpastian. Melintas ID. https://www.melintas.id/opini/341356941/dahsyatnya-kemauan-membuat-kita-gigih-mewujudkan-impian-berani-menghadapi-tantangan-dan-ketidakpastian
Suhaimi. (2023). Dahsyatnya Kemauan Membuat Kita Gigih Mewujudkan Impian, Berani Menghadapi Tantangan dan Ketidakpastian. Melintas ID. https://www.melintas.id/opini/341356941/dahsyatnya-kemauan-membuat-kita-gigih-mewujudkan-impian-berani-menghadapi-tantangan-dan-ketidakpastian
Tamm, L. (2019). Concordance of teacher-rated and performance-based measures of executive functioning in preschoolers. Child Neuropsychology, 25(3), 410–424. https://doi.org/10.1080/09297049.2018.1484085 DOI: https://doi.org/10.1080/09297049.2018.1484085
Tsai, M. N. (2020). A brainstorming flipped classroom approach for improving students’ learning performance, motivation, teacher-student interaction and creativity in a civics education class. Thinking Skills and Creativity, 38. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100747 DOI: https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100747
Waeyenberg, T. Van. (2022). Performance management and teacher performance: the role of affective organizational commitment and exhaustion. International Journal of Human Resource Management, 33(4), 623–646. https://doi.org/10.1080/09585192.2020.1754881 DOI: https://doi.org/10.1080/09585192.2020.1754881
Zhang, L. (2019). Be your own teacher: Improve the performance of convolutional neural networks via self distillation. Proceedings of the IEEE International Conference on Computer Vision, 2019, 3712–3721. https://doi.org/10.1109/ICCV.2019.00381 DOI: https://doi.org/10.1109/ICCV.2019.00381
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Salfiyah Andini, Aisyka Ramadhani, Dinda Ratna Chantika, Syunu Trihantoyo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.