Pengaruh Penerapan Media Videoscribe pada Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Ranah Kognitif Peserta Didik Kelas X Akuntansi

Authors

  • Agelina Rahmalia Pramesti Pendidikan Akuntansi, FKIP, Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Nurhasan Hamidi Pendidikan Akuntansi, FKIP, Universitas Sebelas Maret Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.47134/jtp.v2i3.1397

Keywords:

Discovery Learning, Videoscribe, Hasil Belajar, Akuntansi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan media Videoscribe pada model Discovery Learning terhadap hasil belajar ranah kognitif peserta didik kelas X Akuntansi. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan non-equivalent control group design. Populasi untuk penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X AKL di salah satu SMK di Karanganyar. Sampel yang digunakan adalah peserta didik kelas X AKL 2 yang beranggotakan 36 orang sebagai kelompok kontrol dan kelas X AKL 3 berjumlah 36 peserta didik sebagai kelompok eksperimen dengan teknik cluster random sampling. Pengambilan data dengan cara pemberian tes sebanyak 25 nomor jenis pilihan ganda yaitu pretest dan posttest yang telah divalidasi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan uji Independent Sample T-Test dengan bantuan SPSS 25 serta uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh penerapan media Videoscribe pada model Discovery Learning terhadap hasil belajar ranah kognitif peserta didik kelas X Akuntansi. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji Independent Sample T-Test dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05.

References

Akbar, M. R., Hakim, A. R., & Haris, A. (2020). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Video Dengan Videoscribe Untuk Mengoptimalisasi Pembelajaran Berbasis 4.0. Darmabakti: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 51-57. DOI: https://doi.org/10.31102/darmabakti.2020.1.2.51-57

Alfriani, N., Natsir, R.Y., Yustina. (2022). Model Pembelajaran Discovery Learning Dapat Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Seni Budaya Pada Peserta didik Kelas Vii.Ii Uptd Smpn 19 Barru. Guru Pencerah Semesta, Volume1. No. 1, Juli 2022, pp. 21-29. DOI: https://doi.org/10.56983/gps.v1i1.445

Alwi, M. (2021). Upaya Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Kimia Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Peserta didik Sman 9 Kota Jambi Tahun Pelajararan 2018/2019. Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 1. DOI: https://doi.org/10.51878/learning.v1i2.591

Annisa Q. N et al. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Videoscribe Berbasis Model Discovery Learning pada Materi Pengukuran Sudut Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Volume 9 Nomor 01, 2548-6950

Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Ariyati, Y., Nadiar, F. (2021). Sparkol Videoscribe Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Konstruksi Jalan Jembatan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan (JKPTB), Volume 7 Nomor 1.

Badariah, S., Muskania, R.T., Mansur. (2019). Pembelajaran Tematik Menggunakan Media Video Scribe Pada Peserta didik Kelas Iv Sekolah Dasar. Elementary , Vol. 7 No.1 Januari-Juni 2019. DOI: https://doi.org/10.21043/elementary.v7i1.4927

Bahir, F.A., dkk. (2020). Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Indonesian Journal of Social and Educational Studies, Vol.1, No.1.

Budiharto, S., & Basuki, I. (2021). Pengembangan Student Worksheet Model MORE Berbasis Teori Konstruktivistik Sosial Vygotsky di MAN 1 Pontianak. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 21(2), 90-98. DOI: https://doi.org/10.24036/pedagogi.v21i2.1071

Cahyaningtyas, D., Wardani, N. S., & Yudarasa, N. S. (2023). Upaya peningkatan hasil belajar dan sikap kerjasama peserta didik melalui penerapan Discovery Learning. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, Vol.13, No.1, 59-67. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i1.p59-67

Dehong, R., Kaleka, M., dan Rahmawati, A. (2020). Analisis Langkah-Langkah Penerapan Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Fisika. Edufisika: JurnalPendidikanFisika, Volume 5 Nomor 2. DOI: https://doi.org/10.22437/edufisika.v5i02.10533

Dewi, C.S., Suprapto, P.K., dan Badriah, L. (2019). Peranan Media Sparkol Videoscribe Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta didik Lintas Minat Biologi. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), Vol. 4, No. 2, 93 – 100. DOI: https://doi.org/10.31932/jpbio.v4i2.456

Dewi, L. & Fauziati, E. (2021). Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar dalam Pandangan Teori Konstruktivisme Vygotsky. Jurnal Papeda, Vol 3, No 2. DOI: https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1207

Etikamurni, D.P., Istyowati, A., & Ayu, H.D. (2023). Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Fisika Melalui Discovery Learning - Berdiferensiasi di Era Kurikulum Merdeka. RAINSTEK (Jurnal Terapan Sains & Teknologi), Vol.5, No. 2.

Fatimah, L.U., Alfath, K. (2019). Analisis Kesukaran Soal, Daya Pembeda Dan Fungsi Distraktor. Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, Volume 8, Nomor 2. DOI: https://doi.org/10.36668/jal.v8i2.115

Fauziyah, A., dkk. (2023). Instrumen Tes Dan Non Tes Pada Penelitian. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Volume 08 Nomor 03.

Fitriani, Nani. (2021). Analisis Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda, dan Efektivitas Pengecoh Soal Pelatihan Kewaspadaan Kegawatdaruratan Maternal dan Neonatal, Vol 12, No. 2. DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v12i2.4956

Haeruman, L.D., Wardani Rahayu, W., dan Ambarwati, L. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Self-Confidence Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematis Peserta didik Sma Di Bogor Timur. JPPM, Vol. 10 No. 2. DOI: https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2040

Hanifah, L.N., Suprijono, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Pembelajaran Sejarah Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Di Kelas X Ips 2 Sma Negeri 1 Bangil. AVATARA, e-Journal Pendidikan Sejarah, Volume 9, No. 1.

Hanifah, L.N., Suprijono, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Pembelajaran Sejarah Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Di Kelas X Ips 2 Sma Negeri 1 Bangil. AVATARA, e-Journal Pendidikan Sejarah, Volume 9, No. 1.

Hasiru, D., Badu, S.Q., Uno H.B. (2021). Media-Media Pembelajaran Efektif dalam Membantu Pembelajaran Matematika Jarak Jauh. Jambura J. Math. Educ., Vol. 2, No. 2, pp. 59-69. DOI: https://doi.org/10.34312/jmathedu.v2i2.10587

Hidayati, S., dkk. (2023). Pengembangan Modul Ipa Berbasis Model Experiential Learning. Jurnal Natural Science Educational Research 6 (2).

Juniarti, P. , Mellisa. (2023). Analisis kesulitan belajar daring pada mata pelajaran biologi peserta didik kelas xi sman 2 mandau tahun ajaran 2021/2022. Bio- Pedagogi: Jurnal Pembelajaran Biologi, 12(1), 1-8 April. DOI: https://doi.org/10.30631/edubio.v2i1.74

Kausar, A. , Salasi, R., dan Hidayat, M. (2020). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Videoscribe terhadap Hasil Belajar Peserta didik pada Materi Koordinat Kartesius di SMPN 7 Banda Aceh . Jurnal Ilmiah Mahapeserta didik Pendidikan Marematika, Vol. 5 (1), 62-69.

Khasinah, S. (2021). Discovery Learning: Definisi, Sintaksis, Keunggulan Dan Kelemahan. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, Vol. 11 No. 3, DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jm.v11i3.5821. DOI: https://doi.org/10.22373/jm.v11i3.5821

Khikmiyah, F., Huda, S., & Yunita, N. (2022). Pendampingan Penyusunan Modul Ajar Untuk Guru Paud Di Kabupaten Gresik. MARTABE : Jurnal Pengabdian Masyarakat, Volume 5 Nomor 6.

Latifah, N., Hasan, N., & Fitria, Y.A. (2020 ). Pengembangan Media Pembelajaran Sparkol Videoscribe Terhadap Keterampilan Menulis Peserta didik Kelas Vi Sekolah Dasar Negri Sukamurni 1 Kabupaten Tengerang. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, Vol. 6, No. 1, Halaman: 40-48. DOI: https://doi.org/10.31602/muallimuna.v6i1.3463

Lestari, H.L., Parmiti, D.P. (n.d.). Pengembangan E-Modul IPA Bermuatan Tes Online untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Journal of Education Technology, Vol. 4 (1) pp. 73-79. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24095

Mariah. (2022 ). Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Dan Minat Belajar Peserta didik Terhadap Hasil Belajar Sejarah. HISTORIA VITAE, Vol. 02, No.02.

Marisya, A., Sukma, E. (2020). Konsep Model Discovery Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli. Jurnal Pendidikan Tambusai, Hlm. 2189-2198, Vol. 4, No. 3.

Marlina, L., Sholehun. (n.d.). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Peserta didik Kelas Iv Sd Muhammadiyah Majaran Kabupaten Sorong.

Muhibbin, Hidayatullah, M.A. (2020). Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme Vygotsky Pada Mata Pelajaran Pai Di SMA Sains Qur`An Yogyakata. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 5, No 01, DOI:10.29240/belajea.v5. DOI: https://doi.org/10.29240/belajea.v5i1.1423

Mukaramah, M., Kustina, R., dan Rismawati. (2020). Menganalisis Kelebihan Dan Kekurangan Model Discovery Learning Berbasis Audiovisual Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahapeserta didik Pendidikan, Volume 1, Nomor 1.

Mulyono, M., Yuanita, A., & Indrawati, D. (2021, December). Development of Learning Media Based on Videoscribe to Improve Learning Outcomes of Morphology Course. In International Joint Conference on Arts and Humanities 2021 (IJCAH 2021) (pp. 79-85). Atlantis Press. DOI: https://doi.org/10.2991/assehr.k.211223.015

Musdalifah, dkk. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Microsoft Excel Terhadap Pengolahan Data Penelitian Mahapeserta didik UIN Alauddin Makassar. edu-Leadership, Volume 1, Nomor 2. DOI: https://doi.org/10.24252/edu.v1i2.26713

Nada, A.Q., Firman, Desyandri. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Videoscribe Berbasis Model Discovery Learning Pada Materi Pengukuran Sudut Di Kelas V Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Volume 09 Nomor 01, Maret 2024. Nafiati, D.A. (2021). Revisi taksonomi Bloom: Kognitif, afektif, dan psikomotorik. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, Vol. 21. No. 2. (2021). pp. 151-172 doi: 10.21831/hum.v21i2.29252. 151-172. DOI: https://doi.org/10.21831/hum.v21i2.29252

Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian, Yogyakarta: Sibuku Media.

Pamungkas, A.S., dkk. (2018). Video Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe: Inovasi Pada Perkuliahan Sejarah Matematika. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 2, No. 2, Juli 2018, hal. 127 - 135. DOI: https://doi.org/10.31000/prima.v2i2.705

Pham, T.T., Le, H.A., and Do, D.T. (2021). The Factors Affecting Students’ Online Learning Outcomes during the COVID-19 Pandemic: A Bayesian Exploratory Factor Analysis. Hindawi Education Research International, Volume 2021, Article ID 2669098. https://doi.org/10.1155/2021/2669098. DOI: https://doi.org/10.1155/2021/2669098

Putri, Y.S., Arsanti, M. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Sebagai Pemulihan Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Sultan Agung ke-4, 21-26.

Rini & Desyandri. (2020). Analisis Langkah Model Discovery Learning dan Hasil Belajar Peserta didik di Sekolah Dasar. E-Journal UNP : Inovasi Pembelajaran SD, Volume 8, Nomor 6.

Safitri, A. O., Handayani, P. A., Yunianti, V. D., & Prihantini, P. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta didik SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9106-9114.

Sari, D. A. (2020). Aplikasi Pengolah Angka/Spreadsheet. Surabaya: PT DINAMIKA .

Sartono, B. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Lembar Kerja Peserta didik Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika Materi Fluida Pada Peserta didik Kelas Xi Mipa 3 SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya). DOI: https://doi.org/10.20961/prosidingsnfa.v3i0.28510

Sastroatmodjo, S. & Purnairawan, E. (2021). Pengantar Akuntansi. Bandung : CV. Media Sains Indonesia.

Serevina, V., & Luthfi, K. (2021, April). Development of Discovery Learning-based on online learning tools on momentum and impulse. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1876, No. 1, p. 012076). IOP Publishing. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1876/1/012076

Setiyowati, P. dan Panggayuh, V. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Video Scribe Sparkol Terhadap Hasil Belajar SMK Perwari Tulungagung Kelas X Tahun Ajaran 2017/2018. JOEICT (Jurnalof Education and Information Communication Technology), Volume 3, Nomor 1, Maret 2019: 12 – 21.

Setyaningrum, W., Riani, A. L., & Wardani, D. K. (2020). Comparison of Problem- Based Learning and Discovery Learning Model. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(3), 305-313.

Siregar, G.H., Hamonangan. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Kelas X Instalasi Tenaga Listrik. JEVTE: Journal of Electrical Vocational Teacher Education, Vol. 1, No. 2, Nopember 2021. DOI: https://doi.org/10.24114/jevte.v1i2.29249

Sudarsana, I. (2018). Optimalisasi Penggunaan Teknologi Dalam Implementasi Kurikulum Di Sekolah (Persepektif Teori Konstruktivisme). Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 1 Nomor 1.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif). Bandung: Alfabeta.

Sulistiarti. (2018). Pengaruh Motivasi, Tipe Belajar, Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Masyarakat Terhadap Hasil Belajar Peserta didik . Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan , Vol. 2 No. 1 Mei 2018 Hal. 57 – 70 DOI: https://doi.org/10.26740/jpeka.v2n1.p57-70

Varera, L., Jarusalem, M.A. (2018). Pengaruh Faktor Internal Dan Peserta didik Terhadap Prestasi Belajar Pengetahuan Bahan Tekstil.

Wartoni, Benyamin, P.I. (n.d.). Strategi Pengembangan Tes Objektif (Pilihan Ganda). STT Bethel Indonesia.

Wiana, W. (2018). Interactive Multimedia-Based Animation: A Study of Effectiveness on Fashion Design Technology Learning. IOP Conf. Series: Journal of Physics, Conf. Series 953 (2018) 012024. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/953/1/012024

Downloads

Published

2025-01-17

How to Cite

Pramesti, A. R., & Hamidi, N. (2025). Pengaruh Penerapan Media Videoscribe pada Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Ranah Kognitif Peserta Didik Kelas X Akuntansi . Jurnal Teknologi Pendidikan, 2(3), 19. https://doi.org/10.47134/jtp.v2i3.1397

Issue

Section

Articles