Pentingnya Peran Orang Tua dalam Memajukan Keterampilan Berbahasa Anak Usia Dini melalui Komunikasi

Authors

  • Dhea Alfira Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Mhd. Fuad Zaini Siregar Universitas Dharmawangsa

DOI:

https://doi.org/10.47134/paud.v1i4.641

Keywords:

Orang Tua, Anak Usia Dini, Komunikasi, Kecerdasan Bahasa, pendekatan deskriptif, Studi Kualitatif

Abstract

Dalam era globalisasi, kemampuan berkomunikasi secara efektif dalam berbagai bahasa menjadi semakin penting dalam menghadapi tantangan di bidang pendidikan dan karier. Masa prasekolah memainkan peran krusial dalam perkembangan bahasa anak, yang menjadi dasar bagi kemampuan komunikasi dan pembelajaran di masa depan. Peran orang tua dalam mendukung dan meningkatkan kecerdasan bahasa anak memiliki signifikansi yang besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap peran orang tua dalam membentuk kemampuan berkomunikasi dan meningkatkan kecerdasan bahasa anak usia dini. Metode penelitian ini adalah studi kualitatif dengan pendekatan deskriptif, mengumpulkan data melalui wawancara dan observasi terhadap tiga partisipan anak usia dini berusia 4-6 tahun dan para orang tua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi orang tua dengan anak memiliki dampak signifikan pada perkembangan karakter dan pandangan anak terhadap kehidupan sekolah mereka. Orang tua memainkan peran ganda sebagai sumber informasi dan teman bicara bagi anak-anak mereka, menciptakan suasana yang aman bagi mereka untuk berbicara tentang masalah dan perasaan mereka. Komunikasi yang mendalam antara orang tua dan anak sangat penting dalam membentuk keterampilan berbahasa anak. Selain itu, orang tua juga berperan dalam meningkatkan kecerdasan bahasa anak melalui praktik mendengarkan, membaca bersama, bermain bersama, dan metode bercerita. Praktik mendengarkan membantu anak-anak melatih fokus dan kemampuan mendengar dengan cermat, sementara membaca bersama dan bermain bersama memberikan stimulus penting bagi perkembangan bahasa anak. Metode bercerita merupakan cara efektif untuk merangsang imajinasi, kreativitas, dan keterampilan berbicara anak. Kesimpulannya, peran orang tua sangatlah penting dalam membina keterampilan berkomunikasi dan meningkatkan kecerdasan bahasa pada anak usia dini. Dengan memberikan dukungan aktif dan lingkungan yang mendukung, orang tua dapat menciptakan fondasi yang kuat bagi perkembangan anak-anak mereka di masa depan.

References

Aini, D. N., & Kirana, A. P. K. (2023). Interaktivitas game animasi penunjang keterampilan berbahasa asing. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/5011 DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i3.5011

Akhyar, F. (2019). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dalam Kurikulum 2013 Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional STKIP PGRI …. https://proceeding.stkippgribl.ac.id/index.php/semnas/article/view/7

Asiah, A., Zamroni, Z., & Rijal, M. K. (2022). Problematika Pembelajaran Nahwu Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Arab di Lembaga Pendidikan Indonesia. Borneo Journal of Language and Education. DOI: https://doi.org/10.21093/benjole.v2i2.6104

Damayanti, L. S. (2019). Peranan keterampilan berbahasa Inggris dalam industri pariwisata. Journey: Journal of Tourismpreneurship …. http://ojs-journey.pib.ac.id/index.php/art/article/view/42

Destiana, D. (2019). Keterampilan Berbahasa Menulis Karangan Deskripsi. osf.io. https://osf.io/preprints/inarxiv/2uhvp/

Dwitia, A. (2022). Pengembangan Media Gambar Berseri untuk meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia Peserta Didik Kelas II SD/MI. repository.radenintan.ac.id. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17762

Fadhlurrahma, F. (2019). Keterampilan Berbahasa: Menyimak Berita. osf.io. https://osf.io/preprints/inarxiv/9xdvg/ DOI: https://doi.org/10.31227/osf.io/9xdvg

Faturohman, O., Sudrajat, A., & ... (2022). Manajemen Kurikulum Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Daerah untuk Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Sunda. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu …. http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/551 DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v5i4.551

Febiola, S., & Yulsyofriend, Y. (2020). Penggunaan Media Flash Card terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1026-1036. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.460

Febriyanti, N. E. (2019). Keterampilan Berbahasa: Membaca Nyaring. osf.io. https://osf.io/preprints/inarxiv/7an6y/ DOI: https://doi.org/10.31227/osf.io/7an6y

Fitriani, R. D., Hendrawijaya, A. T., & ... (2019). Peran Metode Praktek dalam Penguasaan Keterampilan Berbahasa Inggris Peserta Pelatihan di LKP Andi’s English Course Buduan Kabupaten Situbondo. … : Jurnal Pendidikan Luar …. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JLC/article/view/13573 DOI: https://doi.org/10.19184/jlc.v3i1.13573

Gea, M. A., & Malelak, D. P. (2023). Manajemen komunikasi orang tua dalam meningkatkan prestasi anak usia dini (AUD). Khirani: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(4), 217-230.

Hairina, Y., & Magfiroh, A. (2019). Story Telling Sebagai Metode dalam Menanamkan Akhlak Mulia pada Anak Usia Dini. Yogyakarta: Komferensi nasional psikologi islam.

Haniefa, R. (2022). Implementasi Model Penilaian Hots (Higher Order Thinking Skills) Pada Penilaian Empat Keterampilan Berbahasa Arab. Ta’limi| Journal of Arabic Education and …. https://journal.stai-nuruliman.ac.id/index.php/tlmi/article/view/11 DOI: https://doi.org/10.53038/tlmi.v1i1.11

Hidayanah, L. M., Arkam, R., & ... (2023). Pengaruh Metode Suggestopedia terhadap Keterampilan Berbahasa AUD. … Anak Usia Dini. https://jurnal.stkippgriponorogo.ac.id/index.php/Mentari/article/view/368 DOI: https://doi.org/10.60155/mentari.v3i2.368

Ilham, M., & Wijiati, I. A. (2020). Keterampilan berbicara: Pengantar keterampilan berbahasa. books.google.com. https://books.google.com/books?

hl=en&lr=&id=WUTZDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=keterampilan+berbahasa&ots=RtNk4mGr9s&sig=LkMzsF53L0RWcbMW-h3UHDXrGQY

Khuluq, M. (2019). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Arab. repository.iainmadura.ac.id. http://repository.iainmadura.ac.id/311/

Lazulfa, I. (2019). Keterampilan Berbahasa: Menulis Karangan Eksposisi. osf.io. https://osf.io/preprints/inarxiv/3rgyk/ DOI: https://doi.org/10.31227/osf.io/3rgyk

Menge, T. (2022). Penerapan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Lisan Bagi Siswa Kelas II SDI Ende 10. Jurnal Literasi: Pendidikan Dan Humaniora. http://uniflor.ac.id/e-journal/index.php/literasi/article/view/1770

Merdiyatna, Y. Y. (2022). Pemanfaatan Cerita Rakyat Dalam Keterampilan Berbahasa. … Jurnal Keilmuan Pendidikan Bahasa Dan Sastra …. https://jurnal.ppjb-sip.org/index.php/bahasa/article/view/292 DOI: https://doi.org/10.26499/bahasa.v4i2.292

Muftianti, A. (2019). Penyusunan bahan ajar interaktif berbasis teknologi informasi untuk meningkatkan kemampuan mengajar keterampilan berbahasa siswa sekolah dasar. P2M STKIP Siliwangi. http://www.e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/p2m/article/view/1422

Muhsyanur, S. P. (2019). Pengembangan Keterampilan Membaca: Suatu Keterampilan Berbahasa Reseptif. Uniprima Press.

Mulyadi, Y., & Wikanengsih, W. (2022). Implementasi Keterampilan Berbahasa Memirsa dalam Capaian Pembelajaran Kurikulum Prototipe Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X pada Program …. Semantik. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/semantik/article/view/2925 DOI: https://doi.org/10.22460/semantik.v11i1.p47-60

Musaddat, S., Suarni, N. K., Dantes, N., & ... (2021). … digital berkearifan lokal sebagai bahan literasi bahasa berbasis kelas serta pengaruhnya terhadap karakter sosial dan keterampilan berbahasa siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah …. https://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/view/2123 DOI: https://doi.org/10.36312/jime.v7i3.2123

Nazihah, W., & Mujiyanto, G. (2020). Relevansi Faktor Psikolinguistik dengan Keterampilan Berbicara pada Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Produktif. Logat: Jurnal Bahasa Indonesia …. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/1735911

Nirmala, A. P. (2021). Pentingnya Peran Orangtua Dalam Mendampingi Anak Usia Dini di Awal Era New Normal. Jurnal Psimawa, 4(2), 87-93. DOI: https://doi.org/10.36761/jp.v4i2.1432

Pamuji, S. S., & Setyami, S. S. I. (2021). Keterampilan berbahasa. books.google.com. https://books.google.com/books?

hl=en&lr=&id=WrNMEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA3&dq=keterampilan+berbahasa&ots=GJrMn5FDAr&sig=WM7ClWBignaryoVzj4eROAg64Hc

Parapat, A., Munisa, M., & Nofianti, R. (2023). Peran Komunikasi Orang Tua Dalam Meningkatkan Kecerdasan Bahasa Anak Di TK Negeri Pembina I Medan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 9909-9918. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i3.3327

Pratikno, H., Dewi, A. N., & Silviany, I. Y. (2023). PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBAHASA MAHASISWA UNISBA DALAM MENGANALISIS DAN MENULIS TEKS BERDASARKAN KAIDAH KETATABAHASAAN …. Jurnal Bastrindo. http://bastrindo.jurnal.unram.ac.id/index.php/jb/article/view/948 DOI: https://doi.org/10.29303/jb.v4i1.948

Putri, D. R. (2019). Keterampilan Berbahasa" membaca Intensif". osf.io. https://osf.io/preprints/inarxiv/m5p64/ DOI: https://doi.org/10.31227/osf.io/m5p64

Rahim, A. R., Tajuddin, A. S., & Arsyad, W. (2022). Inovasi Pembelajaran Keterampilan Berbahasa di Kelas Awal Sekolah Dasar. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=fZ-

LEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=keterampilan+berbahasa&ots=g_Z56KlXLL&sig=ixY5kIGW_KcBcdD9d350BFZMQB8

Rita, D. (2022). Peningkatan Keterampilan Berbahasa Inggris Menggunakan Gallery Exhibition Project dalam Pembelajaran Bahasa Inggris pada Topik Report Text. Journal of Educational Learning and Innovation …. https://journal.shantibhuana.ac.id/index.php/elia/article/view/397 DOI: https://doi.org/10.46229/elia.v2i1.397

Rizal, M., Suyono, S., & Harsiati, T. (2021). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dan Bersastra pada Masa Pandemi Covid-19: Analisis Metasintesis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan …. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i12.15153

Sopiah, A., & Nursyahbani, R. (2024). Peran Komunikasi Orang Tua dalam Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. al-muhadzab: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 56-65.

Syofiani, S., Zaim, M., Ramadhan, S., & Agustina, A. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbahasa Siswa Melalui Pemanfaatan Media Teka-Teki Silang: Menciptakan Kelas Yang Menyenangkan. Ta’dib. https://core.ac.uk/download/pdf/236391071.pdf DOI: https://doi.org/10.31958/jt.v21i2.1232

Yana, M. (2022). Kemampuan Aspek Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Implementasi Metode Bercerita.

Yanna, R., & Restuadhi, H. (2022). Pola interaksi orang tua dengan anak dalam membentuk pemahaman seksualitas. Jurnal Interaksi Sosiologi, 1(1), 136-156.

Downloads

Published

2024-06-23

How to Cite

Dhea Alfira, & Siregar, M. F. Z. (2024). Pentingnya Peran Orang Tua dalam Memajukan Keterampilan Berbahasa Anak Usia Dini melalui Komunikasi. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(4), 15. https://doi.org/10.47134/paud.v1i4.641

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.