Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SD: Studi Pustaka

Authors

  • Ani Rosidah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Majalengka
  • Dhea Syfa Ananda Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Majalengka
  • Silvi Samrotul Fuadah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Majalengka
  • Melisa Andriani Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Majalengka
  • Galih Laksana Putra Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Majalengka
  • Muhamad Fahri Rizqi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Majalengka

DOI:

https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i4.1860

Keywords:

Pembelajaran Kooperatif, Hasil Belajar, IPS, Sekolah Dasar, Studi Pustaka

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak penerapan model pembelajaran kooperatif terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di jenjang sekolah dasar melalui metode studi literatur. Model kooperatif yang dikaji meliputi pendekatan Jigsaw, Student Teams Achievement Division (STAD), serta Teams Games Tournament (TGT). Berdasarkan hasil telaah dari berbagai sumber, ditemukan bahwa pendekatan pembelajaran kooperatif mampu memberikan peningkatan yang berarti pada pencapaian belajar siswa, mencakup ranah kognitif, afektif, maupun sosial. Strategi TGT dinilai efektif dalam menciptakan atmosfer belajar yang menyenangkan melalui integrasi elemen permainan edukatif dan kompetisi. STAD berkontribusi dalam membentuk rasa tanggung jawab individu dan kemampuan kerja sama tim. Sementara itu, model Jigsaw mendorong partisipasi aktif serta pemahaman mendalam terhadap materi pembelajaran. Sejumlah studi melaporkan adanya peningkatan signifikan dalam nilai akademik, tingkat ketuntasan belajar, serta keterampilan sosial peserta didik. Oleh karena itu, penggunaan model pembelajaran kooperatif layak dipertimbangkan sebagai pendekatan inovatif dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran IPS di tingkat sekolah dasar.

References

Amelia, D., & Gultom, I. (2023). Pengaruh model pembelajaran cooperative learning terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS kelas V SDN 104204 Sambirejo Timur. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa, 2(4), 1–15.

Efendi, N., Fitria, Y., Padang, U. N., Padang, U. N., Padang, U. N., Education, C. G., & Padang, U. N. (2019). Improved student participation of mind to learning thematic using community technology science (STM) science approach class IV in primary. [Jurnal], 1(2), 178–187.

Ghufron, M. A., Nafiah, U., & Syahruddin, S. (2023). Enhancing students' critical thinking skills through STAD cooperative learning model integrated with learning media. International Journal of Instruction, 16(1), 55–72.

Hasanah, C., Magdalena, I., & Rahmawati, E. T. (2023). Pengaruh metode pembelajaran cooperative tipe Jigsaw terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS kelas V SDN Jagabaya 05 Kabupaten Bogor. INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 3(4), 7670–7679.

Hidayat, D., Tanjung, S., & Sutopo, A. (2022). Pengaruh model pembelajaran kooperatif dan kreativitas terhadap hasil belajar IPS di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 7735–7742.

Jesmita, J. (2019). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2137–2143.

Jogezai, N. A., & Bibi, A. (2022). Effect of Jigsaw cooperative learning technique on academic achievement of primary school students. Journal of Educational Endeavors, 3(1), 1–10.

Junistira, D. D. (2022). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran IPS. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 533–540.

Mertayasa, I. W. (2022). Model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media mice target board untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V. Journal of Education Action Research, 6(1), 48–57.

Nureva, A., Rahmawati, R., & Yulianingsih, A. (2022). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa sekolah dasar. IJoASER: International Journal of Academic Studies in Education and Religion, 2(2), 101–108.

Pasaribu, C. P. H., Lumban Raja, B., Sitepu, A., Tanjung, D. S., & Sari, D. W. H. S. (2024). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPAS di SD. Journal on Education, 7(1), 1833–1843.

Rehman, A., & Khalid, R. (2021). Jigsaw strategy's impact on student achievement and social skills across educational levels: A meta-analytic review. Journal of Educational Research and Practice, 11(3), 45–59.

Sanaie, N., Vasli, P., Sedighi, L., & Sadeghi, B. (2019). Comparing the effect of lecture and Jigsaw teaching strategies on the nursing students’ self-regulated learning and academic motivation: A quasi-experimental study. Nurse Education Today, 79, 35–40. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2019.05.022

Utari, W., Hetilaniar, & Amiruddin. (2024). Pengaruh model pembelajaran Jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS kelas IV SDN 72 Palembang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 28279–28285.

Widyaningrum, M. D., & Harjono, N. (2019). Pengaruh model pembelajaran Jigsaw terhadap hasil belajar IPS siswa kelas 4 sekolah dasar: Meta-analisis. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 2(2), 57–60.

Wulandari, A., & Rosdiana, R. (2024). Improving students' social skills through cooperative learning: The effectiveness of the Teams Games Tournament (TGT) model. Indonesian Journal of Educational Studies, 8(1), 25–34.

Downloads

Published

2025-07-02

How to Cite

Rosidah, A., Ananda, D. S., Fuadah, S. S., Andriani, M., Putra, G. L., & Rizqi, M. F. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SD: Studi Pustaka. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(4), 10. https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i4.1860

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 13 14 15 16 17 18 19 20 21 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.