Analisis Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.591Keywords:
Pembelajaran Berbasis Masalah, Sekolah Dasar, PKnAbstract
Penelitian ini dibuat untuk mengkaji implementasi model pembelajaran berbasis masalah (PBM) dalam mata pelajaran PKn di Sekolah Dasar. Metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, data dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara mendalam dengan guru dan siswa. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBM dalam pembelajaran PKn di SD dilakukan dengan mengikuti tahapan yang sistematis, termasuk orientasi masalah, pengorganisasian siswa untuk belajar, bimbingan penyelidikan perorangan dan gabungan, pengembangan serta penyajian hasil karya, dan analisis serta ulasan proses pemecahan masalah. Namun, terdapat beberapa hambatan dalam pelaksanaannya, seperti keterbatasan waktu, kurangnya sumber belajar, dan kemampuan siswa yang beragam. Penelitian ini memberikan wawasan mengenai penerapan model PBM dalam pembelajaran PKn di SD dan menawarkan rekomendasi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran berbasis masalah di tingkat Sekolah Dasar.
References
Arends, R. I. (2012). Learning to teach (9th ed.). McGraw-Hill Education.
Ausubel, D. P. (1968). Educational psychology: A cognitive view. Holt, Rinehart and Winston.
Damhuri, D. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas V Sdn 021 Sitorajo Kiri. Jurnal Pajar, 1(1), 19-25. DOI: https://doi.org/10.33578/pjr.v2i1.4872
Johnson, E. B. (2019). Contextual teaching and learning: Menjadikan kegiatan belajar mengajar mengasyikkan dan bermakna. Kaifa.
Khoiriyah, N. (2021). Penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 117-126. https://doi.org/10.24235/jpd.v8i2.8153
Minawati, A. A., Suryana, Y., & Elan, E. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Sila III Pancasila Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 195-202.
Murti, J. K. (2010). Penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran PKn untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Tirtomarto IV Kecamatan Ampelgading Kabupaten Malang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).
Ormrod, J. E. (2012). Human learning (6th ed.). Pearson Education.
Putri, R. A. (2019). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap motivasi belajar siswa SD. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 5(1), 14-23. https://doi.org/10.30870/jpsd.v5i1.5832
Slavin, R. E. (2020). Cooperative learning: Teori, riset, dan praktik. Nusa Media.
Supriyadi, S. (2020). Fasilitas sekolah dan penerapan model pembelajaran berbasis masalah. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(2), 98-107. https://doi.org/10.24114/jip.v7i2.19435
Suryani, N. (2019). Metode diskusi dan debat dalam pembelajaran pendidikan moderasi beragama. Jurnal Pendidikan Multikulturalisme, 3(2), 54-67. https://doi.org/10.33477/jpm.v3i2.1289
Wijaya, E. Y. (2018). Kendala implementasi model pembelajaran berbasis masalah di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 19-29. https://doi.org/10.21009/JPD.061.03 DOI: https://doi.org/10.21009/JPD.061.03
Wulandari, S., & Supriyadi, S. (2021). Penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 10(2), 1-10. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/45327
Yuliati, Y. (2016). Peningkatan keterampilan proses sains siswa sekolah dasar melalui model pembelajaran berbasis masalah. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(2). DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v2i2.335
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Reno Bahari, Linda Nurmalasari, Yongki Deo Permana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.