Pemetaan Keterampilan Kewarganegaraan pada Siswa Sekolah Dasar Studi Kasus: Pada Sekolah Inklusi untuk Mengidentifikasi Kebutuhan Pembelajaran yang Beragam

Authors

  • Destriani Universitas Muhammadiyah Pringsewu
  • Suwarsih Suwarsih Universitas Muhammadiyah Pringsewu
  • Yosita Destriani Universitas Muhammadiyah Pringsewu

DOI:

https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i4.680

Keywords:

Keterampilan kewarganegaraan, Sekolah Dasar, Pendidikan Inklusi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memetakan keterampilan kewarganegaraan pada siswa sekolah dasar di lingkungan sekolah inklusi, dengan fokus pada identifikasi kebutuhan pembelajaran yang beragam. Studi kasus dilakukan di sebuah sekolah dasar inklusi di Indonesia, melibatkan siswa dengan berbagai kemampuan dan latar belakang. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan guru dan siswa, serta analisis dokumen kurikulum dan hasil belajar. Analisis data dilakukan secara tematik untuk mengidentifikasi pola dan tren dalam keterampilan kewarganegaraan siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya variasi signifikan dalam penguasaan keterampilan kewarganegaraan di antara siswa, yang dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti kemampuan kognitif, latar belakang sosial-budaya, dan kebutuhan khusus. Pemetaan ini menghasilkan kategorisasi keterampilan kewarganegaraan berdasarkan tingkat penguasaan dan area pengembangan yang diperlukan. Temuan penelitian menyoroti pentingnya pendekatan pembelajaran yang fleksibel dan individual dalam pendidikan kewarganegaraan di sekolah inklusi. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan strategi pembelajaran yang inklusif dan adaptif untuk memenuhi kebutuhan belajar yang beragam dalam pendidikan kewarganegaraan di tingkat sekolah dasar.

References

Ainscow, M. (2020). Promoting inclusion and equity in education: Lessons from international experiences. Nordic Journal of Studies in Educational Policy, 6(1), 7-16. DOI: https://doi.org/10.1080/20020317.2020.1729587

Aisy, D. R., & Santoso, G. (2022). Pentingnya pendidikan kewarganegaraan dalam membangun jiwa kebangsaan bagi generasi muda milenial. Jurnal Pendidikan Transformatif. https://jupetra.org/index.php/jpt/article/view/421

Amanullah, M. A., Suryani, N., & Ardianto, D. T. (2019). Pendidikan Kewarganegaraan (Citizenship) sebagai Sarana Mewujudkan Warga Negara yang Beradab (Good Citizenship). publikasiilmiah.ums.ac.id. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/10763

Arliman, L. (2020). Tantangan pendidikan kewarganegaraan pada revolusi 4.0. Ensiklopedia Social Review. https://jurnal.ensiklopediaku.org/ojs-2.4.8-3/index.php/sosial/article/view/647 DOI: https://doi.org/10.33559/esr.v2i3.647

Bahrudin, F. A. (2019). Implementasi Kompetensi Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan Di Perguruan Tinggi Dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi. … , Kewarganegaraan, Hukum, Sosial, Dan …. https://www.ejournal.lppm-unbaja.ac.id/index.php/propatria/article/view/593 DOI: https://doi.org/10.47080/propatria.v2i2.593

Banks, J. A. (2017). Failed citizenship and transformative civic education. Educational Researcher, 46(7), 366-377. DOI: https://doi.org/10.3102/0013189X17726741

Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77-101. DOI: https://doi.org/10.1191/1478088706qp063oa

Cicilia, I., & Santoso, G. (2022). Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Upaya Membentuk Generasi Penerus Bangsa yang Berkarakter. Jurnal Pendidikan Transformatif.

https://jupetra.org/index.php/jpt/article/view/420

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (4th ed.). Sage Publications.

Florian, L., & Black-Hawkins, K. (2011). Exploring inclusive pedagogy. British Educational Research Journal, 37(5), 813-828. DOI: https://doi.org/10.1080/01411926.2010.501096

Hess, D. E. (2009). Controversy in the classroom: The democratic power of discussion. Routledge. DOI: https://doi.org/10.4324/9780203878880

Johnson, L., & Morris, P. (2010). Towards a framework for critical citizenship education. The Curriculum Journal, 21(1), 77-96. DOI: https://doi.org/10.1080/09585170903560444

Muhsinin, A. N., Parizal, F., Rohmatulloh, R., & ... (2023). Pengaruh pendidikan kewarganegaraan terhadap pembentukan karakter dan moral mahasiswa. Advances In Social …. http://www.adshr.org/index.php/vo/article/view/33

Nadya, A., & Adhari, N. R. (2022). Penguatan Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Upaya Diradikalisasi Generasi Muda. … Dan Kewarganegaraan).

http://oipas.sentraki.umpo.ac.id/index.php/JPK/article/view/4289/0

Nurhidayah, D., & Afifa, A. N. (2021). Penerapan Project Citizen Dalam Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21. … Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan. https://jurnal.unsur.ac.id/jpphk/article/view/1245 DOI: https://doi.org/10.35194/jpphk.v11i1.1245

Patrick, J. J., & Vontz, T. S. (2001). Components of education for democratic citizenship in the preparation of social studies teachers. In J. J. Patrick & R. S. Leming (Eds.), Principles and practices of democracy in the education of social studies teachers (pp. 39-64). ERIC Clearinghouse for Social Studies/Social Science Education.

Patton, M. Q. (2015). Qualitative research & evaluation methods: Integrating theory and practice (4th ed.). Sage Publications.

Putra, R. K. T., Saputro, F. R., Hakim, L., & ... (2023). Fenomena ChatGPT: Peningkatkan civic skill digital native generation. Nautical: Jurnal ….

https://jurnal.arkainstitute.co.id/index.php/nautical/article/view/744

Rachman, F., Haddad, R. S. M., & ... (2022). Implementasi nilai-nilai budaya sunda dalam pendidikan pancasila dan kewarganegaraan di madrasah aliyah negeri purwakarta. … Kewarganegaraan. http://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/2295

Rahmi, T. S. (2019). Keterampilan Dasar Mengajar Guru Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Di SMPN 1 IV Koto Kabupaten Agam. Journal of Civic Education. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=938527&val=14527&title=KETERAMPILAN%20DASAR%20MENGAJAR%20GURU%20PADA%20PEMBELAJARAN%20PENDIDIKAN%20KEWARGANEGARAAN%20PKn%20DI%20SMPN%201%20IV%20KOTO%20KABUPATEN%20AGAM

Ramadhaniar, N., Hidayat, M. T., & ... (2020). Harmoni Pengetahuan Dan Sikap Toleransi Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di SDI Saroja Surabaya. Bina Gogik: Jurnal …. http://repository.unusa.ac.id/6660/

Sartika, A., & Santoso, G. (2023). Analisis Konten Buku Mata Kuliah (Pkn) Berbasis Keterampilan Abad 21 Di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta. Jurnal Pendidikan Transformatif. https://jupetra.org/index.php/jpt/article/view/593

Smith, R., Latz, I., & Dymond, S. K. (2018). Assistive technology use and integration into the general education curriculum for students with intellectual disability. Journal of Special Education Technology, 33(4), 254-267.

Sofha, G. F., Nabila, I., Yusriyyah, M. Z., & Annisa, N. (2023). Peran Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Pembangunan Karakter Bangsa. Advances In Social …. http://adshr.org/index.php/vo/article/view/47

Sulkipani, S., Nurdiansyah, E., & ... (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Isu Kontroversial terhadap Pembentukan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa pada Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Untirta Civic Education …. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UCEJ/article/view/10512

Tomlinson, C. A. (2014). The differentiated classroom: Responding to the needs of all learners (2nd ed.). ASCD.

Tunggal, S. (2023). Membangun Kesadaran Politik Warga Negara Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. JOCER: Journal of Civic Education Research.

https://journal.tirtapustaka.com/index.php/jocer/article/view/9

UNESCO. (2009). Policy guidelines on inclusion in education. UNESCO.

Westheimer, J., & Kahne, J. (2004). What kind of citizen? The politics of educating for democracy. American Educational Research Journal, 41(2), 237-269. DOI: https://doi.org/10.3102/00028312041002237

Downloads

Published

2024-07-03

How to Cite

Valentino, B., Suwarsih, S., & Destriani, Y. (2024). Pemetaan Keterampilan Kewarganegaraan pada Siswa Sekolah Dasar Studi Kasus: Pada Sekolah Inklusi untuk Mengidentifikasi Kebutuhan Pembelajaran yang Beragam. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(4), 10. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i4.680

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.