Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) dengan Metode Talking Stick Berbantuan Flashcard untuk Meningkatkan Kesadaran Budaya Siswa Kelas IV SDN Kebondalem Mojosari Materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya

Authors

  • Adelia Faiza Firsty Universitas PGRI Adibuana Surabaya
  • Rosmiati Universitas PGRI Adibuana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i4.824

Keywords:

Metode Talking Stick, Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Flashcard, Meningkatkan Kesadaran Budaya

Abstract

Berdasarkan penelitian ini, diasumsikan bahwa salah satu faktor yang berdampak pada kurangnya hasil belajar siswa adalah banyak guru yang kurang atau tidak mau berinovasi dalam menggunakan metode pembelajaran dan pembuatan media pembelajaran, terutama pada mata pelajaran IPS tentang keragaman suku bangsa dan budaya. Penelitian ini mengkaji efek penggunaan metode Talking Stick dengan bantuan flashcard untuk meningkatkan kesadaran budaya siswa terhadap materi keragaman suku bangsa dan budaya di SDN Kebondalem Mojosari di SD Kelas IV. Rancangan dalam model penelitian ini kelompok tidak dipilih secara acak atau berpasangan, dan tidak ada kelompok pembanding. Namun, kelompok tersebut diberikan tes awal dan akhir. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Metode data dianalisis melalui uji normalitas, uji hipotesis, uji sampel berpasangan (paired samples test), dan perhitungan uji normalitas. Nilai untuk jumlah sampel pretest adalah 15, dengan nilai sig 0.41 untuk kelompok pretest dan nilai sig 0.56 untuk kelompok posttest. Jika Jika probabilitas atau bilangan signifikan dalam output bagian Shapiro-Wilk kurang dari 0,05, distribusi data adalah normal. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa temuan uji normalitas data penelitian menunjukkan nilai yang signifikan lebih tinggi dari nilai-p 0,05, juga disingkat sig. Akibatnya, hasil pra dan sesudah tes normal, sehingga data dapat dilanjutkan untuk uji-t. Sedangkan untuk uji hipotesis menyatakan H0 ditolak dan Ha diterima, menurut data pada tabel, karena nilai kelompok eksperimen 0.000 < 0.05. penggunaan metode talking stick yang berbantuan flashcard lebih efektif digunakan untuk mengajarkan keragaman suku dan budaya.

References

Aminah, S. (2022). Penggunaan Model Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Bumi Dan Alam Semesta Siswa. Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu, 2(1), 29-34. DOI: https://doi.org/10.54065/pelita.2.1.2022.210

Asiyah, N. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Produk Kreatif Dan Kewirausahaan Di Sekolah. Skripsi, UIN SUSKA RIAU.

Aulia, R., & Wandini, R. R. (2022). Karakteristik Mata Pelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(20), 1349–1358.

Budiarto, A. (2021). Model Pembelajaran Sejarah Berbasis Nilai-Nilai Cerita Wayang Beber Pacitan Dengan Contextual Teaching & Learning Untuk Meningkatkan Kesadaran Budaya Siswa SMA Negeri Tulakan (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)).

Chasanah, N. L. (2020). Nining Lailatul Chasanah Bab III PGSD. Nining Lilatul Chasanah, 5(3), 248–253.

Chayani, A. D., & Rachmadyanti, P. (2020). Pengembangan Media Permainan Jenga Keragaman Budaya Materi Keragaman Suku Bangsa Dan Budaya Untuk Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8, 302-312.

Er, C. O. (n.d.). Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SD IT) Al Huda Sidayu Kecamatan Binangun Kabupaten Cilacap. Jurnal Pendidikan Karakter.

Fauzi, F. (2020). Pengaruh Buku Cerita Bergambar Berbasis Scientific Approach Dengan Metode Project Based Learning Terhadap Keterampilan Observasi Dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas II SD. Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta.

Febriyanti, R. A., Putri, M. H. S., Husnia, F., Rusminati, S. H., & Rosidah, C. T. (n.d.). Penerapan Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Kontekstual Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Pancasila.

Fithriyah, N. N., & Qoriah, T. (2021). Metode Scramble Untuk Meningkatkan Memahami Keragaman Suku Bangsa Dan Budaya Di Indonesia Di Sekolah Dasar. Al-Makrifat: Jurnal Kajian Islam, 6(1), 45-69.

Fitriyah, Z., & Qibtiyah, L. (2021). Pengaruh Metode Talking Stick Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Kelas VIII MTs Al-Amien Putri 1. Al-Irfan: Journal of Arabic Literature and Islamic Studies, 4(1), 118-132. DOI: https://doi.org/10.36835/al-irfan.v4i1.4346

Gantini, H., & Fauziati, E. (2021). Penanaman Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembiasaan Harian Dalam Perspektif Behaviorisme. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 145–152. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1195 DOI: https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1195

Ginting, N. B., & Sitepu, R. W. B. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Game Based Learning Tipe Wordwall Terhadap Pemahaman IPS Materi Keragaman Suku Bangsa Dan Budaya Di SD 020254 Kota Binjai. Jurnal Curere, 7(2), 95-102.

Harys. (2020). Penelitian Kuantitatif. Jurnal Penelitian Kuantitatif, 34–46. https://www.jopglass.com/penelitian-kuantitatif/

Institut, P., Islam, A., Muhammad, S., & Sambas, S. (2020). Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Perbatasan Antarnegara, Diplomasi Dan Hubungan Internasional, 3(2), 96.

Judiani, S. (2010). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(9), 280–289. https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i9.519 DOI: https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i9.519

Laili, N. I., & Murni, A. W. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Problem Based Learning Dalam Pembelajaran IPS Materi Keragaman Suku Bangsa Dan Budaya Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas 4 SD. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 23-33. DOI: https://doi.org/10.30742/tpd.v3i1.1436

Nofziarni, A., Hadiyanto, H., Fitria, Y., & Bentri, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2016-2024. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.244

Novianti, A., Bentri, A., & Zikri, A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 194-202. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.323

Nurfadhillah, S., Utari, A. T., Cempaka, B., Kusminarti, S., & Salsabila, P. (2021). Pengembangan Media Poster Pada Mata Pelajaran Keragaman Suku Bangsa Dan Budaya Indonesia Siswa Kelas 4 SD Negeri Pinang 1. NUSANTARA, 3(2), 267-275.

Nursamsiyah, P., & Sujarwo, S. (2024). Systematic Literature Review: Penggunaan Metode Talking Stick Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Di SMP. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 22-28. DOI: https://doi.org/10.54259/diajar.v3i1.2166

Pratama, R. B. (2019). Metodologi Penelitian. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952, 28–55.

Pratiwi, D. E. (2020). Pengembangan Buku Ajar IPA SD Melalui Pendekatan Konsep Cinta Keberagaman Suku Bangsa Dan Budaya Indonesia. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 8(1), 35-50. DOI: https://doi.org/10.22219/jp2sd.v8i1.11903

Program, P., Pendidikan, S., & Madrasah, G. (2023). Oleh: YUSSI RESTU SAFIRA Program Studi: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) RADEN INTAN LAMPUNG Program Studi: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Pembimbing I Pembimbing II: Dr. Baharudin, M. Pd: Yudesta Erfayliana, M. Pd.

Purwanto, A., Soedarmo, R., & Aan, S. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Karakter Siswa Di Kelas X SMA Negeri 3 Banjar. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(2). https://prosiding.biounwir.ac.id/article/view/189 DOI: https://doi.org/10.25157/j-kip.v2i2.5288

Putri, H., Maison, A. K. D., & Simanjuntak, E. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) Terhadap Karakter Bersahabat/Komunikatif Siswa Pada Pelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 267-275. https://prosiding.biounwir.ac.id/article/view/189

Rafida, I., Widoyoko, S. E. P., & Anjarini, T. (2021). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Metode Talking Stick Pada Siswa Kelas III SDN Karanggedang. Jurnal Kualita Pendidikan, 2(2), 178-180. DOI: https://doi.org/10.51651/jkp.v2i2.93

Rais, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Kemampuan Menyimak Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Islamiyah Al Amin. Skripsi, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

Ratnawati, D., Handayani, I., & Windia, H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantu Question Card Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Jurnal Edu Matica, 2(2). https://www.onlinejournal.unja.ac.id/edumatica/article/view/7683 DOI: https://doi.org/10.22437/edumatica.v10i01.7683

Reda, I. G. (n.d.). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Pada Materi Himpunan Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VII SMP Katolik Christo Regi. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1).

Rimbawati. (2020). Metode Penelitian. Jurnal Metode Penelitian.

Sari, I. A. P. P. (2023). Penerapan Metode Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), 31–38.

Satriawan, M., & Murtalib, W. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Karakter Maja Labo Dahu Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika.

Shinta, M., & Ain, S. Q. (2021). Strategi Sekolah Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4045–4052. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1507 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1507

Siallagan, J. (2015). Melestarikan Kearifan Lokal Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kesadaran Budaya Di Era Globalisasi. TE DEUM (Jurnal Teologi Dan Pengembangan Pelayanan), 5(1), 41-61.

Sukron, M. B. I., & Tyastuti, H. D. (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPAS Materi Membangun Masyarakat Yang Beradab Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Kartu Bergambar Pada Peserta Didik Kelas IVA SDN Sampangan 02 Semarang. Jurnal Pendidikan IPS, 2(1). https://doi.org/10.5281/ZENODO.812133

Tanjung, R. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Scramble Siswa Kelas V SD Pudun Jae Pada Materi Keanekaragaman Suku Bangsa Dan Budaya Indonesia. Forum Paedagogik, 8(1), 132-148. DOI: https://doi.org/10.24952/paedagogik.v12i1.2606

Wicaksana, A., & Rachman, T. (2018). 済無No Title No Title No Title. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952, 3(1), 10–27. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6b

Widhyalestari, N. N. T. A., Putra, D. B. K. N. S., & Darsana, I. W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Question Card Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(1), 48. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.25011 DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.25011

Yanti, F., Batubara, N., & Pane, P. E. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Dengan Berbantuan Media Question Card Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Periodik Unsur Di Kelas. Journal Of Social Science Research, 3(6), 9158-9171. https://j-innovative.org/index.php/Innovative

Zaiyar, K., Siti, F., Hidayatul, J., & Raihanil, J. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 7(3). DOI: https://doi.org/10.17977/um063v3i10p1128-1138

Downloads

Published

2024-08-02

How to Cite

Firsty, A. F., & Rosmiati, R. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) dengan Metode Talking Stick Berbantuan Flashcard untuk Meningkatkan Kesadaran Budaya Siswa Kelas IV SDN Kebondalem Mojosari Materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(4), 1–15. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i4.824

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.