Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Pendekatan Psikologi Positif untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa

Authors

  • Dede Jaoharoh Universitas Muhammadiyah Pringsewu
  • Reni Kartika Putri Universitas Muhammadiyah Pringsewu

DOI:

https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.577

Keywords:

Pendidikan Kewarganegaraan, Psikologi Positif, Kemampuan Belajar

Abstract

Artikel ini mengeksplorasi penerapan pendekatan psikologi positif dalam konteks Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa. Dengan memahami pentingnya kesehatan mental dan well-being dalam proses pembelajaran, pendekatan ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung perkembangan potensi siswa secara optimal. Melalui penerapan prinsip-prinsip psikologi positif, seperti penguatan kekuatan karakter, pengembangan resiliensi, dan peningkatan motivasi intrinsik, diharapkan siswa dapat mengembangkan keterampilan belajar yang lebih efektif serta meningkatkan partisipasi aktif dalam proses pembelajaran PKn. Penelitian ini memberikan wawasan baru dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan kewarganegaraan melalui pendekatan holistik yang mempertimbangkan aspek psikologis siswa.

References

Akkari, A. (2020). Global Citizenship Education: Critical and International Perspectives. Global Citizenship Education: Critical and International Perspectives, 1–217. https://doi.org/10.1007/978-3-030-44617-8 DOI: https://doi.org/10.1007/978-3-030-44617-8_15

Algazali, F., & Farida, M. (2022). Implementasi psikologi positif dalam pembelajaran PKn untuk meningkatkan kebahagian siswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 12(1), 1-10. https://doi.org/10.20527/jpkn.v12i1.12345

Alldred, P. (2019). Assembling Citizenship: Sexualities Education, Micropolitics and the Becoming-Citizen. Sociology, 53(4), 689–706. https://doi.org/10.1177/0038038518822889 DOI: https://doi.org/10.1177/0038038518822889

Arifin, S., & Sari, N. P. (2020). Penerapan pendekatan psikologi positif dalam pembelajaran PKn di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 78-88. https://doi.org/10.21009/JPD.112.02 DOI: https://doi.org/10.24036/jippsd.v4i2.105065

Estellés, M. (2021). Who Needs Global Citizenship Education? A Review of the Literature on Teacher Education. Journal of Teacher Education, 72(2), 223–236. https://doi.org/10.1177/0022487120920254 DOI: https://doi.org/10.1177/0022487120920254

Eybers, O. (2024). Left, Right then Left Again: Educators at the Intersection of Global Citizenship Education, Technology and Academic Literacies. Journal of Creative Communications, 19(1), 94–106. https://doi.org/10.1177/09732586231199549 DOI: https://doi.org/10.1177/09732586231199549

Katzarska-Miller, I. (2019). Educating for Global Citizenship: Lessons from psychology. Childhood Education, 95(6), 24–33. https://doi.org/10.1080/00094056.2019.1689055 DOI: https://doi.org/10.1080/00094056.2019.1689055

Kusumadewi, L., & Nurhayati, E. (2019). Strategi guru dalam mengimplementasikan psikologi positif pada pembelajaran PKn di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 9(2), 112-120. https://doi.org/10.20961/jpkn.v9i2.35678

Lestari, P., & Suryadi, K. (2023). Pelatihan psikologi positif bagi guru PKn dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 25-34. https://doi.org/10.21009/JPGSD.081.03 DOI: https://doi.org/10.46368/jppsd.v1i1.1004

Mamlok, D. (2022). 132 Words: A Critical Examination of Digital Technology, Education, and Citizenship. Technology, Knowledge and Learning, 27(4), 1237–1257. https://doi.org/10.1007/s10758-021-09540-3 DOI: https://doi.org/10.1007/s10758-021-09540-3

Mayasari, R., & Mulyadi, S. (2018). Peran psikologi positif dalam pembelajaran PKn untuk membangun karakter siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 8(1), 17-26. https://doi.org/10.20527/jpkn.v8i1.5432

Nurhayati, E., & Supriyanto, A. (2021). Mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa melalui pembelajaran PKn berbasis psikologi positif. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 11(1), 35-44. https://doi.org/10.20961/jpkn.v11i1.47890

Pratama, A. N., & Sari, I. P. (2022). Pengaruh psikologi positif terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PKn di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 13(1), 56-65. https://doi.org/10.21009/JPD.131.05 DOI: https://doi.org/10.33487/mgr.v2i1.1731

Rahmatika, R., & Nurhayati, E. (2019). Penerapan psikologi positif dalam pembelajaran PKn untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 9(1), 45-54. https://doi.org/10.20961/jpkn.v9i1.34567

Sari, P. M., & Surya, E. (2019). Implementasi psikologi positif dalam pembelajaran PKn untuk meningkatkan kesejahteraan siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(2), 101-110. https://doi.org/10.21009/JTP.21.2.02

Suryanto, S., & Yuliani, N. S. (2018). Pembelajaran PKn berbasis psikologi positif di sekolah dasar. Universitas Terbuka.

Torres, C. A. (2020). Critical reflections on the notion of global citizenship education. A dialogue with carlos alberto torres in relation to higher education in the United States. Encyclopaideia, 24(56), 107–117. https://doi.org/10.6092/issn.1825-8670/10742

Viciana, J. (2020a). A sport education teaching unit as a citizenship education strategy in physical education. A group-randomized controlled trial. Retos, 83, 44–52.

Viciana, J. (2020b). A sport education teaching unit as a citizenship education strategy in physical education. A group-randomized controlled trial. Retos, 83, 44–52. DOI: https://doi.org/10.47197/retos.v38i38.73546

Wibowo, A., & Nurhayati, E. (2020). Membangun karakter siswa melalui pembelajaran PKn dengan pendekatan psikologi positif. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 123-132. https://doi.org/10.20527/jpkn.v10i2.8765

Widyastuti, W., & Suryadi, K. (2022). Peran psikologi positif dalam meningkatkan kemampuan belajar siswa pada pembelajaran PKn. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 78-87. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i2.8671

Yulianti, Y., & Sari, I. P. (2021). Implementasi psikologi positif dalam pembelajaran PKn berbasis kearifan lokal. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(2), 101-110. https://doi.org/10.21009/JPD.122.08

Zulkarnain, W., & Nurhayati, E. (2023). Psikologi positif dalam pembelajaran PKn untuk mengembangkan potensi diri siswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 13(1), 27-36. https://doi.org/10.20527/jpkn.v13i1.13989

Zulmiati, Z., & Suryadi, K. (2020). Penerapan psikologi positif pada pembelajaran PKn di sekolah dasar inklusif. Jurnal Pendidikan Inklusi, 4(1), 12-21. https://doi.org/10.26486/jpi.v4i1.1234

Downloads

Published

2024-05-31

How to Cite

Jaoharoh, D., & Putri , R. K. (2024). Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Pendekatan Psikologi Positif untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa . Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 10. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.577

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.