Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Pendekatan Psikologi Positif untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.577Keywords:
Pendidikan Kewarganegaraan, Psikologi Positif, Kemampuan BelajarAbstract
Artikel ini mengeksplorasi penerapan pendekatan psikologi positif dalam konteks Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa. Dengan memahami pentingnya kesehatan mental dan well-being dalam proses pembelajaran, pendekatan ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung perkembangan potensi siswa secara optimal. Melalui penerapan prinsip-prinsip psikologi positif, seperti penguatan kekuatan karakter, pengembangan resiliensi, dan peningkatan motivasi intrinsik, diharapkan siswa dapat mengembangkan keterampilan belajar yang lebih efektif serta meningkatkan partisipasi aktif dalam proses pembelajaran PKn. Penelitian ini memberikan wawasan baru dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan kewarganegaraan melalui pendekatan holistik yang mempertimbangkan aspek psikologis siswa.
References
Akkari, A. (2020). Global Citizenship Education: Critical and International Perspectives. Global Citizenship Education: Critical and International Perspectives, 1–217. https://doi.org/10.1007/978-3-030-44617-8 DOI: https://doi.org/10.1007/978-3-030-44617-8_15
Algazali, F., & Farida, M. (2022). Implementasi psikologi positif dalam pembelajaran PKn untuk meningkatkan kebahagian siswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 12(1), 1-10. https://doi.org/10.20527/jpkn.v12i1.12345
Alldred, P. (2019). Assembling Citizenship: Sexualities Education, Micropolitics and the Becoming-Citizen. Sociology, 53(4), 689–706. https://doi.org/10.1177/0038038518822889 DOI: https://doi.org/10.1177/0038038518822889
Arifin, S., & Sari, N. P. (2020). Penerapan pendekatan psikologi positif dalam pembelajaran PKn di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 78-88. https://doi.org/10.21009/JPD.112.02 DOI: https://doi.org/10.24036/jippsd.v4i2.105065
Estellés, M. (2021). Who Needs Global Citizenship Education? A Review of the Literature on Teacher Education. Journal of Teacher Education, 72(2), 223–236. https://doi.org/10.1177/0022487120920254 DOI: https://doi.org/10.1177/0022487120920254
Eybers, O. (2024). Left, Right then Left Again: Educators at the Intersection of Global Citizenship Education, Technology and Academic Literacies. Journal of Creative Communications, 19(1), 94–106. https://doi.org/10.1177/09732586231199549 DOI: https://doi.org/10.1177/09732586231199549
Katzarska-Miller, I. (2019). Educating for Global Citizenship: Lessons from psychology. Childhood Education, 95(6), 24–33. https://doi.org/10.1080/00094056.2019.1689055 DOI: https://doi.org/10.1080/00094056.2019.1689055
Kusumadewi, L., & Nurhayati, E. (2019). Strategi guru dalam mengimplementasikan psikologi positif pada pembelajaran PKn di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 9(2), 112-120. https://doi.org/10.20961/jpkn.v9i2.35678
Lestari, P., & Suryadi, K. (2023). Pelatihan psikologi positif bagi guru PKn dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 25-34. https://doi.org/10.21009/JPGSD.081.03 DOI: https://doi.org/10.46368/jppsd.v1i1.1004
Mamlok, D. (2022). 132 Words: A Critical Examination of Digital Technology, Education, and Citizenship. Technology, Knowledge and Learning, 27(4), 1237–1257. https://doi.org/10.1007/s10758-021-09540-3 DOI: https://doi.org/10.1007/s10758-021-09540-3
Mayasari, R., & Mulyadi, S. (2018). Peran psikologi positif dalam pembelajaran PKn untuk membangun karakter siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 8(1), 17-26. https://doi.org/10.20527/jpkn.v8i1.5432
Nurhayati, E., & Supriyanto, A. (2021). Mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa melalui pembelajaran PKn berbasis psikologi positif. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 11(1), 35-44. https://doi.org/10.20961/jpkn.v11i1.47890
Pratama, A. N., & Sari, I. P. (2022). Pengaruh psikologi positif terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PKn di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 13(1), 56-65. https://doi.org/10.21009/JPD.131.05 DOI: https://doi.org/10.33487/mgr.v2i1.1731
Rahmatika, R., & Nurhayati, E. (2019). Penerapan psikologi positif dalam pembelajaran PKn untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 9(1), 45-54. https://doi.org/10.20961/jpkn.v9i1.34567
Sari, P. M., & Surya, E. (2019). Implementasi psikologi positif dalam pembelajaran PKn untuk meningkatkan kesejahteraan siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(2), 101-110. https://doi.org/10.21009/JTP.21.2.02
Suryanto, S., & Yuliani, N. S. (2018). Pembelajaran PKn berbasis psikologi positif di sekolah dasar. Universitas Terbuka.
Torres, C. A. (2020). Critical reflections on the notion of global citizenship education. A dialogue with carlos alberto torres in relation to higher education in the United States. Encyclopaideia, 24(56), 107–117. https://doi.org/10.6092/issn.1825-8670/10742
Viciana, J. (2020a). A sport education teaching unit as a citizenship education strategy in physical education. A group-randomized controlled trial. Retos, 83, 44–52.
Viciana, J. (2020b). A sport education teaching unit as a citizenship education strategy in physical education. A group-randomized controlled trial. Retos, 83, 44–52. DOI: https://doi.org/10.47197/retos.v38i38.73546
Wibowo, A., & Nurhayati, E. (2020). Membangun karakter siswa melalui pembelajaran PKn dengan pendekatan psikologi positif. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 123-132. https://doi.org/10.20527/jpkn.v10i2.8765
Widyastuti, W., & Suryadi, K. (2022). Peran psikologi positif dalam meningkatkan kemampuan belajar siswa pada pembelajaran PKn. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 78-87. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i2.8671
Yulianti, Y., & Sari, I. P. (2021). Implementasi psikologi positif dalam pembelajaran PKn berbasis kearifan lokal. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(2), 101-110. https://doi.org/10.21009/JPD.122.08
Zulkarnain, W., & Nurhayati, E. (2023). Psikologi positif dalam pembelajaran PKn untuk mengembangkan potensi diri siswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 13(1), 27-36. https://doi.org/10.20527/jpkn.v13i1.13989
Zulmiati, Z., & Suryadi, K. (2020). Penerapan psikologi positif pada pembelajaran PKn di sekolah dasar inklusif. Jurnal Pendidikan Inklusi, 4(1), 12-21. https://doi.org/10.26486/jpi.v4i1.1234
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dede Jaoharoh, Reni Kartika Putri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.