Studi Literatur: Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar

Authors

  • Eva Sagita Universitas Pendidikan Indonesia
  • Vivi Amalia Universitas Pendidikan Indonesia
  • Non Dwishiera C.A. Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i2.242

Keywords:

Problem Based Learning, IPA, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya penerapan model Problem Based Learning dalam pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan model Problem Based Learning dalam pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode literature review atau studi kepustakaan dengan melakukan kajian dari berbagai artikel penelitian. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa kajian tentang model Problem Based Learning dalam pembelajaran IPA di Sekolah Dasar dihubungkan dengan variabel-variabel yang berbeda. Topik Problem Based Learning  paling banyak dikaitkan dengan hasil belajar, kemampuan berpikir kritis, kemampuan memecahkan masalah, kemampuan kognitif siswa dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep materi, dan keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Serta paling sedikit dikaitkan dengan kemampuan literasi sains, kemampuan berpikir kreatif, analisis penerapan, dan implementasi Computational Thinking. Dari artikel-artikel tersebut menyatakan bahwa penerapan model Problem Based Learning memberikan hasil/pengaruh yang baik serta positif dan baik bagi pembelajaran IPA di sekolah dasar.

References

Andriyani, A., Purwandari, S., & Hisnan Hajron, K. (2021). Pengaruh Model Problem Based LearningBerbantuan Media Ludo Tematik terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA. Borobudur Educational Review, 1(1). https://journal.unimma.ac.id/index.php/bedr/article/view/4790/2308 DOI: https://doi.org/10.31603/bedr.4790

Aprilia Pangestu Putri, A., Rahardjo, B., Fauzi, C., Guru Pendidikan Anak Usia Dini, P., Mulawarman, U., Gunung Kelua, J., Konseling, B., Tanjungpura, U., & Hadari Nawawi, J. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Mengenal Geometri Anak Usia Dini. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Mengenal Geometri Anak Usia Dini, VOL 15(April), 204–212. https://doi.org/10.26418/jvip.v15i2.60167

Ariana, S. D., Putri, H. E., & Rahayu, P. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa dalam Pembelajaran IPA di Kelas V SD. As-Sabiqun, 5(5), 1359–1370. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v5i5.3882 DOI: https://doi.org/10.36088/assabiqun.v5i5.3882

Astimar, N., & Indrawati, T. (2019). Penggunaan Model PBL dalam Pembelajaran IPA di Kelas IV Sekolah Dasar X Tanah Datar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(2). https://doi.org/https://doi.org/10.24036/pedagogi.v14i2.4318 DOI: https://doi.org/10.24036/pedagogi.v14i2.4318

Astuti, D. E. W., Aniq KHB, M., & Budiman, M. A. (2019). Analisis Keaktifan Belajar Siswa Terhadap Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas V SD Kanisius Hasanudin Semarang. Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 51. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/pn.v5i1.13732

Chandra, A., Firman, F., & Desyandri. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Organ Pernapasan Manusia Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas V SD Negeri 08 Puncak Lawang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 120–126.

da Silva, D. H., & Koroh, T. R. (2023). Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Peredaran Darahku Sehat di Kelas V SD GMIT Kapan 1 Kabupaten TTS. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v4i1.239 DOI: https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v4i1.239

Dara Gia, A. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di SD Negeri 101800 Deli Tua T.A 2017/2018.

Dirneti, Dewi, T. M., & Meilina, F. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Pokok Bahasan Organ Pencernaan Hewan dan Fungsinya dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas V SD Negeri 003 Meral TA 2022-2023. Jurnal Minda, 4(2). http://www.ejurnal.universitaskarimun.ac.id/index.php/mindafkip/article/view/976

Fahrunisa, A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran PBL dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. 881–890. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwiZ04mv9auCAxXLzDgGHXJ6AdYQFnoECB0QAQ&url=https%3A%2F%2Fjournal.student.uny.ac.id%2Fojs%2Findex.php%2Fpgsd%2Farticle%2Fdownload%2F15039%2F14576&usg=AOvVaw3YIlc7Il11CZUFB92hzQVI&opi=89978449

Fian, A. (2022). Implementasi Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Journal of Teacher Proffesional, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.26858/tpj.v3i1.26973

Handayani, M., Puryatmi, H., & Hanafi, H. (2021). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis melalui Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 548–555. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1829 DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1829

Hardiani Utama, K., & Kristin, F. (2020). Meta-Analysis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Vol 4(4). DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.482

Hardiyanti, D. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5998 DOI: https://doi.org/10.58660/periskop.v3i2.26

Hatijah, S. (2021). Application of Problem Based Learning Model in Improving Students’ Critical Thinking Skills in Science Subjects in Class V SD Negeri 72 Kendari. Amanah, 2 No. 3.

Jannah, A. U., Hasthiolivia, C., Azis, M. N., & Aprinastuti, C. (2023). Implementasi Computational Thinking Melalui Model Pembelajaran Problem-Based Learning pada Mata Pelajaran IPA di SD. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 6(3). https://doi.org/https://doi.org/10.22460/collase.v6i3.17454

Kamal, A. R., Mustamiroh, & Haerani, R. P. R. (2022). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Organ Gerak Manusia melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(4). https://doi.org/https://doi.org/10.37630/jpm.v12i4.728 DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v12i4.728

Kurniawan, I. K., Parmiti, D., & Kusmariyatni, N. (2020). Pembelajaran IPA dengan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28959 DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28959

Mardhotillah, Novallyan, D., & Putra, D. (2022). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Dengan Menganalisis Kesulitan Siswa Dalam Di Masa Pandemi. EDU-BIO: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(1), 1–18. https://doi.org/10.30631/edubio.v6i1.23 DOI: https://doi.org/10.30631/edubio.v6i1.23

Mariskhantari, M., Karma, I. N., & Nisa, K. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas IV SDN 1 Beleka Tahun 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b). DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2b.613

Mila, Amiruddin, & Hamid, R. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Flashcard dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajara IPA di Kelas V SD Negeri 66 Kendari. Journal of Basication(JOB): Jurnal Pendidikan Dasar, 6. http://ojs.uho.ac.id/index.php/PGSD

Noviati, W. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA di SD. Jurnal Kependidikan, 7(2). http://www.e-journallppmunsa.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/1097

Nufus, K., Nurkholis, & Asyah, N. (2023). Penerapan Model Problem Based dengan MEDIA Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Siklus Air pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 3 Panguragan Wetan. Didaktik: Jurnal Ilmiah STKIP Subang, 9(3). https://doi.org/https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.926 DOI: https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.926

Pahlevi, A., Purnamasari, V., & Darsimah, D. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasol Belajar Tema 8 Muatan IPA Siswa Kelas V. Jurnal Handayani, 12(1), 156–166. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jh.v12i1.26562 DOI: https://doi.org/10.24114/jh.v12i1.26562

Ramadhani, H. P. (2021). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Pembelajaran IPA tentang Siklus Air melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1). https://doi.org/https://doi.org/10.20961/jkc.v9i1.53803 DOI: https://doi.org/10.20961/jkc.v9i1.53803

Rokmanah, & Ikrom, F. D. (2022). Penerapan Model Pembelajaran PBL Dalam Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Siswa Melalui Media Video Animasi Pembelajaran IPA Siswa SD. Jurnal PGSD, PJKR, PPKN Dan Matematika (JP3M), 3(2). https://jurnal.upg.ac.id/index.php/jp3m/article/view/339

Safitri, R., Sukamto, S., & Subekti, E. E. (2023). Analisis Penerapan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran IPAS Kelas IV Di SD Supriyadi Semarang. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.311

Sarimuddin, S., Muhiddin, M., & Ristiana, E. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Kognitif dan Keterampilan Berpikir Kritis Materi IPA Siswa Kelas V SD di Kecamatan Herlang Kabupaten Bulukumba. JPP Guseda, 4(3). https://journal.unpak.ac.id/index.php/JPPGuseda/article/view/4864 DOI: https://doi.org/10.55215/jppguseda.v4i3.4864

Sujana, D. M. A., Japa, I. G. N., & Yasa, L. P. Y. (2021). Meningkatnya Hasil Belajar IPA Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.36865 DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.36865

Sulastri, E., Supeno, S., & Sulistyowati, L. (2022). Implementasi Model Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Ilmiah Dosen. https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116243 DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3400

Sustrisna, N., & Gusnidar. (2022). Pengembangan Buku Siswa Berbasis Inkuiri Pada Materi IPA Untuk Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2859–2868.

Syafriana, D. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V SDN 63 Surabayo. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar (JIPPSD), 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jippsd.v1i1.7932 DOI: https://doi.org/10.24036/02017117932-0-00

Taupik, R. P., & Fitria, Y. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Pencapaian Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1111–1682. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.958 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.958

Un Lala, S. G., Lehan, A. A. D., & Sampe, M. (2022). Penerapan Model Probem Based Learning dalam Pembelajaran Tentang Peredaran Darahku Sehat Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V di SD Inpres Nefotes Kabupaten Tengah Selatan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(4). https://doi.org/https://doi.org/10.37081/jipdas.v2i4.1274 DOI: https://doi.org/10.37081/jipdas.v2i4.1274

Utami, P. D. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Dengan Model Problem Based Learning Di Kelas IV SD Negeri 05 Bandar Buat Kota Padang.

Walfajri, R. U., & Harjono, N. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Tematik Muatan IPA melalui Model Problem Based Learning Kelas 5 SD. Basicedu, 3(1), 16–20. https://www.neliti.com/publications/278055/peningkatan-kemampuan-berpikir-kritis-dan-hasil-belajar-tematik-muatan-ipa-melal#cite DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.54

Wuda, H. L., & Anugraheni, I. (2021). Efektifitas Model Discovery Learning dan Model Problem Based Learning di Tinjau dari Berfikir Kritis pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas 5 SD Masehi Gugus Kalimbukuni. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.30605/jsgp.4.2.2021.1327 DOI: https://doi.org/10.30605/jsgp.4.2.2021.1327

Zulfa, N. A. (2023). Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV Materi Bunyi Semester Gasal Tahun Pelajaran 2022/2023 di SD Negeri 012 Pasir Emas. Jurnal Wawasan Pendidikan, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.26877/wp.v3i1.13459 DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v3i1.13459

Downloads

Published

2023-12-29

How to Cite

Sagita, E., Amalia, V., & Dwishiera C.A., N. (2023). Studi Literatur: Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 14. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i2.242

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.