Evaluasi Pembelajaran IPA di Sekolah: Kajian Literatur
DOI:
https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.474Keywords:
Evaluasi Pembelajaran, IPA, Kajian LiteraturAbstract
Evaluasi dalam proses pembelajaran IPA di sekolah sangatlah penting. Dengan evaluasi guru dapat mengetahui tingkat keberhasilan suatu proses pembelajaran. Evaluasi pembelajaran IPA di setiap sekolah menggunakan cara yang berbeda-beda. Sehingga hasil evaluasi pembelajaran IPA disetiap sekolah juga beragam. Kajian literatur ini bertujuan memberikan gambaran tentang pola evaluasi pembelajaran IPA di Sekolah. Kajian ini juga merupakan sebuah studi literatur (studi kepustakaan) yang bersifat kualitatif. Dengan teknik pengumpulan kajian literatur, membaca dan mencatat, serta mengolah bahan penelitian. Adapaun prolehan hasil dari kajian literatur yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa dalam proses evaluasi pembelajaran IPA di sekolah, perlu ada peningkatan perhatian, karena melalui evaluasi pembelajaran yang baik proses pembelajaran IPA bisa semakin meningkat menjadi lebih baik. Serta pendidik dapat didorong untuk memperbaiki kualitas pengajaran mereka, sekaligus memotivasi siswa untuk belajar lebih giat. dikarenakan besarnya manfaat dari evaluasi pada proses pembelajaran IPA di Sekolah, maka sebaiknya para pengajar mengoptimalkan pelaksanaan setiap tahapan yang dilakukan pada evaluasi pembelajaran IPA.
References
Ajjawi, R. (2020). Aligning assessment with the needs of work-integrated learning: the challenges of authentic assessment in a complex context. Assessment and Evaluation in Higher Education, 45(2), 304–316. https://doi.org/10.1080/02602938.2019.1639613 DOI: https://doi.org/10.1080/02602938.2019.1639613
Al-Ahdal, A. A. M. H. (2020). Overcoming pronunciation hurdles in EFL settings: An evaluation of podcasts as a learning tool at Qassim University Saudi Arabia. Asian EFL Journal, 27(1), 86–101.
Dyah Kusumawati, P. R. (2020). Evaluasi Pembelajaran IPA Model Discovery Learning Menggunakan Model Countenance Stake. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 11(1), 20. https://doi.org/10.21927/literasi.2020.11(1).20-31
Dyah Kusumawati, P. R. (2020). Evaluasi Pembelajaran IPA Model Discovery Learning Menggunakan Model Countenance Stake. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 11(1), 20. https://doi.org/10.21927/literasi.2020.11(1).20-31 DOI: https://doi.org/10.21927/literasi.2020.11(1).20-31
Idrus, S. W. Al. (2022). Analisis Problematika Evaluasi Pembelajaran IPA Pada Masa Pandemi: Kajian Literatur. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c), 1979–1983. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3c.880
Idrus, S. W. Al. (2022). Analisis Problematika Evaluasi Pembelajaran IPA Pada Masa Pandemi: Kajian Literatur. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c), 1979–1983. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3c.880 DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3c.880
Magdalena, I., Wahyuni, H., Imelda, M. I., & Tazki, N. N. (2020). Analisis Instrumen Evaluasi Formatif Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Iv Sdn Salembaran Iii. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1), 68–82. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang
Magdalena, I., Wahyuni, H., Imelda, M. I., & Tazki, N. N. (2020). Analisis Instrumen Evaluasi Formatif Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Iv Sdn Salembaran Iii. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1), 68–82.
Paratama, Y. (2001). Pengembangan Model Sosialisasi Inovasi dan Supervisi Pembebalajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Disertasikan Doktor. Universitas Pendidikan Indonesia. Hal 2.
Raikes, A. (2020). Measuring quality of preprimary education in sub-Saharan Africa: Evaluation of the Measuring Early Learning Environments scale. Early Childhood Research Quarterly, 53, 571–585. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2020.06.001 DOI: https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2020.06.001
Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Hadisaputra, S., & Zulkifli, L. (2019). Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Ipa Yang Mendukung Keterampilan Abad 21. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1). https://doi.org/10.29303/jppipa.v5i1.221
Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Hadisaputra, S., & Zulkifli, L. (2019). Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Ipa Yang Mendukung Keterampilan Abad 21. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1). https://doi.org/10.29303/jppipa.v5i1.221 DOI: https://doi.org/10.29303/jppipa.v5i1.221
Rughoobur-Seetah, S. (2021). An evaluation of the impact of confinement on the quality of e-learning in higher education institutions. Quality Assurance in Education, 29(4), 422–444. https://doi.org/10.1108/QAE-03-2021-0043 DOI: https://doi.org/10.1108/QAE-03-2021-0043
Sholihin, M. (2020). A new way of teaching business ethics: The evaluation of virtual reality-based learning media. International Journal of Management Education, 18(3). https://doi.org/10.1016/j.ijme.2020.100428 DOI: https://doi.org/10.1016/j.ijme.2020.100428
Ssemugenyi, F. (2023). Teaching and learning methods compared: A pedagogical evaluation of problem-based learning (PBL) and lecture methods in developing learners’ cognitive abilities. Cogent Education, 10(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2023.2187943 DOI: https://doi.org/10.1080/2331186X.2023.2187943
Sun, Y. (2020). Attention-based Deep Learning Model for Text Readability Evaluation. Proceedings of the International Joint Conference on Neural Networks. https://doi.org/10.1109/IJCNN48605.2020.9206633 DOI: https://doi.org/10.1109/IJCNN48605.2020.9206633
Tuc, Y. (2023). Program Evaluation In Open And Distance Learning: The Case Of Open Education System Call Center Services Associate Degree Program. Turkish Online Journal of Distance Education, 24(4), 113–133. https://doi.org/10.17718/tojde.1284932 DOI: https://doi.org/10.17718/tojde.1284932
Wang, C. (2022). Exploring Quality Evaluation of Innovation and Entrepreneurship Education in Higher Institutions Using Deep Learning Approach and Fuzzy Fault Tree Analysis. Frontiers in Psychology, 12. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.767310 DOI: https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.767310
Widiyawati, D., Putri, C. D., & Walid, A. (2021). Evaluasi Pembelajaran dan Pengaruhnya Terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pembelajaran IPA Kelas IX di SMPN 3 Tanjung Sakti Pumi Lahat Sumatra Selatan. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.18592/ptk.v6i2.4227
Widiyawati, D., Putri, C. D., & Walid, A. (2021). Evaluasi Pembelajaran dan Pengaruhnya Terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pembelajaran IPA Kelas IX di SMPN 3 Tanjung Sakti Pumi Lahat Sumatra Selatan. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.18592/ptk.v6i2.4227 DOI: https://doi.org/10.18592/ptk.v6i2.4227
Zeng, H. (2022). An Evaluation Model of English Normal Students’ Informatization Teaching Ability Based on Technical Pedagogical Content Knowledge and Few-Shot Learning. Computational Intelligence and Neuroscience, 2022. https://doi.org/10.1155/2022/8591303 DOI: https://doi.org/10.1155/2022/8591303
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sarah Pratiwi, Siti Marhamah Telaumbanua, Syahrial Syahrial

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.