Kesulitan Mahasiswa pada Kalkulus Diferensial dengan Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis
DOI:
https://doi.org/10.47134/ppm.v2i2.1187Keywords:
Kalkulus Diferensial, Kesulitan Belajar, Berpikir Kritis, Strategi PembelajaranAbstract
Kalkulus Diferensial, sebagai salah satu mata kuliah dasar dalam program studi matematika, seringkali menjadi tantangan bagi siswa. Kalkulus Diferensial cukup memberikan kontribusi terhadap peningkatan kemampuan analisis siswa. Penelitian ini mengidentifikasi berbagai kesulitan yang menghadang mahasiswa dalam mempelajari kalkulus, seperti kesulitan memahami konsep-konsep abstrak, kesulitan dalam memecahkan masalah, dan rendahnya kemampuan berpikir kritis. Keberhasilan belajar ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, baik internal, seperti aspek psikologis dan biologi siswa, maupun eksternal yang berasal dari lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Untuk mengatasi masalah ini perlu merancang dan menerapkan beberapa strategi pembelajaran yang efektif, yang mencakup seperti pemilihan metode yang sesuai, pengelolaan kelas yang baik, serta pemberian soal-soal yang dapat merangsang dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Proses pembelajaran yang efektif dalam mengurangi kesulitan belajar dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis dapat dilakukan secara dinamis, baik secara berurutan maupun simultan. Diharapkan, dengan pendekatan yang tepat, siswa dapat lebih mudah mengatasi kesulitan dalam mempelajari kalkulus dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis yang sangat diperlukan dalam pendidikan matematika misalnya dalam menghadapi tantangan di dunia kerja.
References
Ario, M., Annajmi, A., & Isharyadi, R. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Kalkulus Diferensial Berbasis Pen Tablet. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1129–1142. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.363 DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.363
Cahyono, B. (2017). Analisis Ketrampilan Berfikir Kritis dalam Memecahkan Masalah Ditinjau Perbedaan Gender. Aksioma, 8(1), 50. https://doi.org/10.26877/aks.v8i1.1510 DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v8i1.1510
Cipta, E. S. (2021). Analisis pembelajaran persamaan diferensial berdasarkan artikel-artikel penelitian. Jurnal Analisa.
Imelda, I. (2018). Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah pada Mata Kuliah Aljabar dan Trigonometri. MES: Journal of Mathematics Education and Science. DOI: https://doi.org/10.30743/mes.v4i1.868
Kaliky, S., & Juhaevah, F. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA dalam Menyelesaikan Masalah Identitas Trigonometri Ditinjau dari Gender. Matematika dan Pembelajaran, 6(2), 111–126. https://doi.org/10.33477/mp.v6i2.663 DOI: https://doi.org/10.33477/mp.v6i2.663
Khasanah, N. D. M., & Febriana, R. (2024). Filosofi Kalkulus dalam Sejarah Matematika. Absis: Mathematics Education Journal, 6(1), 43–51. https://doi.org/10.32585/absis.v6i1.4902 DOI: https://doi.org/10.32585/absis.v6i1.4902
Mutakin, T. Z. (2015). Analisis Kesulitan Belajar Kalkulus 1 Mahasiswa Teknik Informatika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(1). https://doi.org/10.30998/formatif.v3i1.113 DOI: https://doi.org/10.30998/formatif.v3i1.113
Nisa, H., & Suyadi, S. (2020). Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Anak Usia Sekolah Dasar dengan Pendekatan Psikologi Kognitif. Metodik Didaktik, 16(1). https://doi.org/10.17509/md.v16i1.25277 DOI: https://doi.org/10.17509/md.v16i1.25277
Ramadanti, F., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Matematika Menyelesaikan Soal Pada Mata Kuliah Kalkulus I. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 487–494. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.248 DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.248
Sari, D. N., Dewi, S. E., Khadijah, S., Berutu, A. F., & Nabillah, S. (2024). Meta Analisis: Analisis Kesulitan Matematis Mahasiswa pada Persamaan Diferensial. 7(1).
Silvia, S., Fernandez, Y. Z., & Limbong, Y. A. C. (2020). Hubungan Hasil Belajar Kalkulus Diferensial dan Kalkulus Integral Terhadap Hasil Belajar Kalkulus Lanjut Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Sanata Dharma. Jurnal Sains dan Edukasi Sains, 3(2), 58–65. https://doi.org/10.24246/juses.v3i2p58-65 DOI: https://doi.org/10.24246/juses.v3i2p58-65
Sopiany, H. N., & Rikayanti, R. (2018). Mensinergikan Kemampuan Geometri dan Analisis pada Mata Kuliah Kalkulus Diferensial Melalui Bahan Ajar Berbasis Geogebra. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(2), 164–173. http://dx.doi.org/10.15294/kreano.v9i2.15965
Suryani, Y. E. (2010). Kesulitan Belajar. Magistra, 22(73), 33.
Susilo, B. E., Darhim, D., & Prabawanto, S. (2019). Kesulitan Belajar Mahasiswa pada Materi Aplikasi Integral untuk Luas Daerah dalam Perspektif Disposisi Matematis. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 86–93. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.19373 DOI: https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.19373
Susilo, B. E., Winarti, E. R., & Soedjoko, E. (2022). BAB VII. Analisis Kesulitan Belajar Kalkulus, Reduksi, dan Strateginya sebagai Upaya Konstruksi Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Calon Guru.
Waskitoningtyas, R. S. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kota Balikpapan pada Materi Satuan Waktu Tahun Ajaran 2015/2016. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 5(1), 24. https://doi.org/10.25273/jipm.v5i1.852 DOI: https://doi.org/10.25273/jipm.v5i1.852
Zhao, C., Pandian, A., & Mehar Singh, M. K. (2016). Instructional Strategies for Developing Critical Thinking in EFL Classrooms. English Language Teaching, 9(10), 14. https://doi.org/10.5539/elt.v9n10p14 DOI: https://doi.org/10.5539/elt.v9n10p14
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Aura Febriana Hakiki, Azzahra Livana, Inggit Selvianti, Siti Musabikha Febrianti, Ul'fah Hernaeny

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.