Pengaruh Lokus Kendali Internal dan Minat Belajar terhadap Prestasi Akademik Siswa di SMK Negeri 1 Surakarta
DOI:
https://doi.org/10.47134/ptk.v2i2.1446Keywords:
Lokus Kendali Internal, Minat Belajar, Prestasi AkademikAbstract
Tujuan penelitian ini untuk memperoleh bukti empiris (1) pengaruh lokus kendali internal terhadap prestasi akademik siswa kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMK Negeri 1 Surakarta, (2) pengaruh minat belajar terhadap prestasi akademik siswa kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMK Negeri 1 Surakarta, (3) pengaruh lokus kendali internal dan minat belajar terhadap prestasi akademik siswa kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMK Negeri 1 Surakarta. Desain penelitian ini menggunakan metode kuantitatif analisis deskriptif. Sampel sejumlah 85 siswa diambil dari populasi dengan teknik simple random sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini adalah (1) terhadap prestasi akademik siswa kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMK Negeri 1 Surakarta; (2) terdapat pengaruh signifikan lokus kendali internal dan minat belajar terhadap prestasi akademik siswa kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMK Negeri 1 Surakarta (3) terdapat pengaruh signifikan lokus kendali internal dan minat belajar terhadap prestasi akademik siswa kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMK Negeri 1 Surakarta. Model persamaan regresi yaitu Ŷ = -10,111 + 0,267X1 + 0,193X2.
References
Anggraini, N., & Marwan. (2020). Influence Internal Locus of Control, School Environment and Discipline on Student Achievement. Advances in Economics, Business and Management Research. 15(2), 328–333. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.201126.036 DOI: https://doi.org/10.2991/aebmr.k.201126.036
Badje, Y.J.L. (2023). Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Susilo Koting. Pelita: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia, 3(2), 29-34. https://doi.org/10.56393/pelita.v2i4.1334 DOI: https://doi.org/10.56393/pelita.v2i4.1334
Chzin, J., Ting, D., & Surat. S. (2021). Sorotan Literatur Bersistematik : Faktor-Faktor Mempengaruhi Pencapaian. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH), 6(12), 149-155. Retrieved from DOI: https://doi.org/10.47405/mjssh.v6i12.1210 DOI: https://doi.org/10.47405/mjssh.v6i12.1210
Dwijayanti, R. (2018). Determinant Factors of Students Entrepreneurship Intention. Jurnal Ilmiah Econosains, 16(1), 1–8. https://doi.org/10.21009/econosains.0161.01 DOI: https://doi.org/10.21009/econosains.0161.01
Herpratiwi & Tohir, A. (2022). Learning interest and discipline on learning motivation. International Journal of Education in Mathematics, Science, and Technology (IJEMST), 10(2), 424-435. https://doi.org/10.46328/ijemst.2290 DOI: https://doi.org/10.46328/ijemst.2290
Lestari, V.D. (2023). Analisis Faktor-Faktor Penurunan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas XI SMK AL-Huda Jati Agung Lampung Selatan Tahun 2020/2021 [Thesis tidak dipublikasikan]. Layanan Perpustakaan UIN Raden Intan Lampung.
Novesar, M. . (2021). Pengaruh Locus of Control Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Yarsi The Effect of Locus of Control on Academic Achievement of Students of. Majalah Sainstekes, 8(2), 80–89. https://doi.org/10.33476/ms.v8i2.2098 DOI: https://doi.org/10.33476/ms.v8i2.2098
Septiani, Y. (2017). Pengaruh Locus of Control Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 02(01), 118–128. http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v2i1. DOI: https://doi.org/10.30998/jkpm.v2i1.1898
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sumarni, S., & Refinaldi, R. (2020). Pengaruh Internal Locus Of Control, Pemberian Punishment Dan Gaya Belajar Visual Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa STKIP Nasional Pariaman. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 10(2), 126. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v10i2.168 DOI: https://doi.org/10.33087/dikdaya.v10i2.168
Supriyadi. (2022). The Influence of Interest in Learning on the Learning Achievement of Social Science Subjects. International Journal of Business, Law, and Education, 3(2), 197-201. https://doi.org/10.56442/ijble.v3i2.440 DOI: https://doi.org/10.56442/ijble.v3i2.440
Tunggal, W.S., Alamsyah, M., & Rochbani, I.T.N. (2023). Teacher's Strategy in Increasing Students' Learning Interest in Madrasah Tsanawiyah. ZIJEd: Zabags International Journal of Education, 1(1), 10-18. https://doi.org/10.61233 DOI: https://doi.org/10.61233/zijed.v1i1.2
Winata, R., & Friantini, R.N. (2019). Analisis Minat Belajar Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4(1), 6-11. https://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v4i1.870 DOI: https://doi.org/10.26737/jpmi.v4i1.870
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Anissa Eka Safitri, Jaryanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.