Pengaruh Lokus Kendali Internal dan Minat Belajar terhadap Prestasi Akademik Siswa di SMK Negeri 1 Surakarta

Authors

  • Anissa Eka Safitri Universitas Sebelas Maret
  • Jaryanto Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.47134/ptk.v2i2.1446

Keywords:

Lokus Kendali Internal, Minat Belajar, Prestasi Akademik

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk memperoleh bukti empiris (1) pengaruh lokus kendali internal terhadap prestasi akademik siswa kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMK Negeri 1 Surakarta, (2) pengaruh minat belajar terhadap prestasi akademik siswa kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMK Negeri 1 Surakarta, (3) pengaruh lokus kendali internal dan minat belajar terhadap prestasi akademik siswa kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga di  SMK Negeri 1 Surakarta. Desain penelitian ini menggunakan metode kuantitatif analisis deskriptif. Sampel sejumlah 85 siswa diambil dari populasi dengan teknik simple random sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini adalah (1) terhadap prestasi akademik siswa kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMK Negeri 1 Surakarta; (2) terdapat pengaruh signifikan lokus kendali internal dan minat belajar terhadap prestasi akademik siswa kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMK Negeri 1 Surakarta (3) terdapat pengaruh signifikan lokus kendali internal dan minat belajar terhadap prestasi akademik siswa kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMK Negeri 1 Surakarta. Model persamaan regresi yaitu Ŷ = -10,111 + 0,267X1 + 0,193X2.

References

Anggraini, N., & Marwan. (2020). Influence Internal Locus of Control, School Environment and Discipline on Student Achievement. Advances in Economics, Business and Management Research. 15(2), 328–333. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.201126.036 DOI: https://doi.org/10.2991/aebmr.k.201126.036

Badje, Y.J.L. (2023). Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Susilo Koting. Pelita: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia, 3(2), 29-34. https://doi.org/10.56393/pelita.v2i4.1334 DOI: https://doi.org/10.56393/pelita.v2i4.1334

Chzin, J., Ting, D., & Surat. S. (2021). Sorotan Literatur Bersistematik : Faktor-Faktor Mempengaruhi Pencapaian. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH), 6(12), 149-155. Retrieved from DOI: https://doi.org/10.47405/mjssh.v6i12.1210 DOI: https://doi.org/10.47405/mjssh.v6i12.1210

Dwijayanti, R. (2018). Determinant Factors of Students Entrepreneurship Intention. Jurnal Ilmiah Econosains, 16(1), 1–8. https://doi.org/10.21009/econosains.0161.01 DOI: https://doi.org/10.21009/econosains.0161.01

Herpratiwi & Tohir, A. (2022). Learning interest and discipline on learning motivation. International Journal of Education in Mathematics, Science, and Technology (IJEMST), 10(2), 424-435. https://doi.org/10.46328/ijemst.2290 DOI: https://doi.org/10.46328/ijemst.2290

Lestari, V.D. (2023). Analisis Faktor-Faktor Penurunan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas XI SMK AL-Huda Jati Agung Lampung Selatan Tahun 2020/2021 [Thesis tidak dipublikasikan]. Layanan Perpustakaan UIN Raden Intan Lampung.

Novesar, M. . (2021). Pengaruh Locus of Control Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Yarsi The Effect of Locus of Control on Academic Achievement of Students of. Majalah Sainstekes, 8(2), 80–89. https://doi.org/10.33476/ms.v8i2.2098 DOI: https://doi.org/10.33476/ms.v8i2.2098

Septiani, Y. (2017). Pengaruh Locus of Control Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 02(01), 118–128. http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v2i1. DOI: https://doi.org/10.30998/jkpm.v2i1.1898

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sumarni, S., & Refinaldi, R. (2020). Pengaruh Internal Locus Of Control, Pemberian Punishment Dan Gaya Belajar Visual Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa STKIP Nasional Pariaman. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 10(2), 126. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v10i2.168 DOI: https://doi.org/10.33087/dikdaya.v10i2.168

Supriyadi. (2022). The Influence of Interest in Learning on the Learning Achievement of Social Science Subjects. International Journal of Business, Law, and Education, 3(2), 197-201. https://doi.org/10.56442/ijble.v3i2.440 DOI: https://doi.org/10.56442/ijble.v3i2.440

Tunggal, W.S., Alamsyah, M., & Rochbani, I.T.N. (2023). Teacher's Strategy in Increasing Students' Learning Interest in Madrasah Tsanawiyah. ZIJEd: Zabags International Journal of Education, 1(1), 10-18. https://doi.org/10.61233 DOI: https://doi.org/10.61233/zijed.v1i1.2

Winata, R., & Friantini, R.N. (2019). Analisis Minat Belajar Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4(1), 6-11. https://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v4i1.870 DOI: https://doi.org/10.26737/jpmi.v4i1.870

Downloads

Published

2025-02-09

How to Cite

Safitri, A. E., & Jaryanto. (2025). Pengaruh Lokus Kendali Internal dan Minat Belajar terhadap Prestasi Akademik Siswa di SMK Negeri 1 Surakarta. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 2(2), 14. https://doi.org/10.47134/ptk.v2i2.1446

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.