Pengaruh Self Regulated Learning dan Self Efficacy terhadap Hasil Belajar Pengolahan dan Penyajian Makanan Siswa Kelas XII SMKN 1 Cerme
DOI:
https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.749Keywords:
Self-Regulated Learning, Self-Efficacy, Hasil Belajar, Pengolahan dan Penyajian Makanan, Siswa SMKAbstract
Penelitian ini mengkaji pengaruh self-regulated learning (SRL) dan self-efficacy terhadap hasil belajar pengolahan dan penyajian makanan pada siswa kelas XII SMKN 1 Cerme. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model ex-post facto korelasional, data dikumpulkan melalui penyebaran angket dan pengumpulan nilai akademik. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XII jurusan kuliner dengan total 67 siswa, yang dipilih menggunakan teknik sampling jenuh. Analisis data meliputi uji asumsi prasyarat dan uji hipotesis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh signifikan dari SRL dan self-efficacy secara parsial maupun simultan terhadap hasil belajar siswa, dengan nilai signifikansi masing-masing sebesar 0.709, 0.176, dan 0.394. Koefisien determinasi (R²) sebesar 4.5% mengindikasikan bahwa hanya sebagian kecil variabilitas dalam hasil belajar yang dapat dijelaskan oleh kedua variabel tersebut, sementara faktor-faktor lain mungkin memiliki pengaruh yang lebih besar.
References
Abror, M. H. (2022). Pengaruh self regulated learning terhadap hasil belajar matematika siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 233-242. DOI: https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1676
Ajiksukmo. (1996). Pengaruh strategi pembelajaran dan self regulated learning terhadap hasil belajar.
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(3), 45-56.
Angraini, W. D. (2016). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(8), 1-11.
Aprilianti, S. W., & Dewi, D. K. (2022). Hubungan antara self efficacy dengan prestasi belajar siswa di SMA X. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan, 13(2), 195-213. DOI: https://doi.org/10.26740/jptt.v13n2.p195-213
Arpizal, & Fahirah. (2022). Pengaruh efikasi diri (self efficacy) dan pemanfaatan fasilitas belajar terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI MAS Nurussa’adah Tebo. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 10(1), 18-28. DOI: https://doi.org/10.24127/pro.v10i1.6595
Arsyad, R. N., Pomalato, S. W. Dj., Abbas, N., & Achmad, N. (2022). Hubungan antara self regulated learning dengan hasil belajar matematika pada materi trigonometri. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 39-53.
Bandura, A. (1997). Self-efficacy: The exercise of control. W.H. Freeman.
Dimyati, & Mudjiono. (2013). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Fadilah, R. N., & Rafsanjani, M. A. (2021). Pengaruh efikasi diri siswa terhadap hasil belajar ekonomi dalam pembelajaran daring. Jurnal Paradigma Ekonomika, 16(3), 102-112. DOI: https://doi.org/10.22437/jpe.v16i3.12978
Fasikhah, S. S., & Fatimah, S. (2013). Self-regulated learning dalam meningkatkan prestasi akademik pada mahasiswa. Jurnal Pendidikan, 1(1), 24-35.
Fazriah, S. (2019). Hubungan self regulated learning dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia. Jurnal Pendidikan Kimia, 12(1), 66-75.
Handayani, S. (2021). Pengaruh antara self efficacy dan self regulated learning terhadap prestasi belajar mahasiswa selama pembelajaran daring. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1373-1382. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.553
Ilham. (2020). Pengaruh self efficacy dan self regulated learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX MTS DDI Tarakan. Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 144-153.
Lubisida. (2024). Hubungan self efficacy terhadap employability skills pada siswa kelas XII culinary di SMKN 8 Surabaya. Jurnal Pendidikan Vokasi, 9(3), 95-104.
Maulidya, N. S., & Nugraheni, E. A. (2021). Analisis hasil belajar matematika peserta didik ditinjau dari self confidence. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2584-2593. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.903
Nana. (2000). Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar siswa. Dalam Azmi.
Qomariah, N., et al. (2022). Pengaruh self-efficacy terhadap hasil belajar siswa kelas VIII dalam mata pelajaran IPS di SMPN 27 Surabaya. Dialektika Pendidikan IPS, 2(3), 44-56. DOI: https://doi.org/10.53299/diksi.v3i2.208
Reni, Y. M., Kuswandi, D., & Sihkabuden. (2017). Pengaruh strategi pembelajaran dan self regulated learning terhadap hasil belajar. JINOTEP, 4(1), 1-10. DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v10i1.8715
Syifa. (2021). Hubungan self efficacy dan self regulated learning dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi. Jurnal Biologi Pendidikan, 10(1), 55-65. DOI: https://doi.org/10.23960/jbt.v10.i3.25576
Taramusely, Y. (2021). Pengaruh self regulated learning dan self efficacy terhadap prestasi akademik mahasiswa. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama), 8(1), 23-33. DOI: https://doi.org/10.30734/jpe.v8i1.1359
Yani, A., & Ma’ruf. (2016). Studi analisis hubungan antara self efficacy dengan hasil belajar fisika siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Takalar. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 224-232.
Zimmerman, B. J., & Gredler, M. E. (2011). Self-regulated learning and academic achievement: An overview. Educational Psychologist, 25(1), 3-17. DOI: https://doi.org/10.1207/s15326985ep2501_2
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fidya Rahmayani, Asrul Bahar, Lucia Tri Pangesthi, Mauren Gita Miranti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.